"Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Rimba Mahardika (3935)    18 tahun yang lalu

  0 

Dear,

Sobat FN

Sudah selesai upload hasil bidikannya? Sekarang saya mau sedikit curhat nih tentang pekerjaan, khususnya soal katagori foto.

Sekarang ini saya bekerja di sebuah media massa cetak (majalah bulanan) di Jakarta, sebagai penulis dan fotografer. Majalah ini menginformasikan perkembangan otomotif nasional dan internasional. Utamanya modifikasi kendaraan roda empat seperti jenis sedan, SUV, MPV, City Car, tren, dan event-eventnya.

Ambil contoh sebuah mobil modifikasi jenis MPV. Biasanya, saya bidik tanpa suasana yang crowded. Cukup mobil didukung dengan background yang baik atau yang pas dengan konsep modifikasinya. Dan, umumnya saya eksekusi di out door. Selain sudah menjadi pakem di majalah saya, juga karena saya sering melihat majalah-majalah import sejenis.

Lalu apa hubungannya dengan forum ini? Disini saya mencoba mengangkatnya ke permukaan. Apakah foto-foto saya di majalah itu bisa disebut Foto Jurnalistik? Mungkin Sobat FN ada yang bisa bantu saya.

Sekian, dan Terima Kasih.

Salam Kenal.

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Muhammad Baja Aksha (6711)    18 tahun yang lalu

 0 

1. saya ga tau majalah apa yg anda maksud. dan kalau tahu, belum tentu bisa lihat/baca majalah itu. mungkin bisa diupload beberapa foto yg anda buat.

2. kalau salah satu contoh fotonya adalah yg di attach di post pertama ini, menurut saya terlalu kecil dan detail mobil tidak terlihat (kalau saya pengennya ngeliat detail mobil itu, dan bukan backgroundnya). background bisa jadi bumbu pengindah, tapi jangan sampai menjadi pengalih perhatian subjek utamanya. imo.

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Akhmad Sutrisno (80477)    18 tahun yang lalu

 0 

Ini Kata Bang Arbain : :DFoto jurnalistik adalah foto yang melaporkan sesuatu. Jadi foto apa pun yang melaporkan sesuatu adalah foto jurnalistik. Foto piknik bisa jadi foto jurnalistik kalau yang piknik itu presiden....Kayaknya aku pernah posting puanjaaaaanggg....cari dulu deh....

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Marcellino Santoso (8521)    18 tahun yang lalu

 0 

kalo foto anda yg di atas itu, IMO nggak pantas buat masuk majalah kalau cuman begitu doang. Foto otomotif kayaknya harus lebih crop, detail ke blingblingnya... atau apa lah.... kalau kaya di atas ;)) ;))

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Vito Mario Liu (8498)    18 tahun yang lalu

 0 

walah... pandangan jurnalistik saya salah deh.

Tadinya saya pikir kalo foto jurnalistik.. --> mengcover suatu event yg gak bisa terulang (objek-nya gak bisa disuruh pose dan mengulangi suatu action).

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Akbar Nugroho (8290)    18 tahun yang lalu

 0 

YA, kata bang Arbain bener banget.jadi selama tujuan anda menginformasikan foto mobil tersebut itu berarti foto jurnalistik.Foto-foto features tentang kerajinan misalnya kejadiannya berulang-ulang kan.... (kecuali kerajinannya bangkryt hehehe) dan masih di sebut foto jurnalistik.

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Rimba Mahardika (3935)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya senang, akhirnya banyak masukan!. Foto di atas adalah salah satu contoh foto yang saya laporkan ke redaksi. Maklum, majalah bulanan..

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Yogi Ardhi (2160)    18 tahun yang lalu

 0 

bisa masup ke kategori foto ilustrasi dari 3 jenis fotojurnalistik yang lazim dikenal (Foto Berita, Ficer (softnews) dan Ilustrasi).

Karena media anda media media otomotif banyak menginformasikan tentang perkembangan otomotif, foto2 seperti di atas digolongkan dalam foto2 ilustrasi.

Salam,-

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    18 tahun yang lalu

 0 

Sorry telat berkomentar. Foto di atas bisa masuk foto jurnalistik kalau misalnya foto itu melaporkan mobil baru yang akan masuk pasaran, atau desain modifikasi baru yang menang lomba tertentu, atau apapun yang berguna bagi pembaca. Definisi berguna ini yang sangat relatif.

Tapi foto yang masuk media cetak, memang foto jurnalistik, apa pun bentuknya. Sebagai pedoman, ada empat kategori dalam foto jurnalistik yaitu hard news (ini yang oleh awam dianggap satu2nya foto jurnalistik), foto features, foto portrait dan foto ilustrasi.

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh: I.Gusti komang kotot (1460)    17 tahun yang lalu

 0 

Bang Arbains......... saya lg kul di Unvrstas Swasta d bandung,skarang lagi Kerja Praktek si salah stu media cetak harian di bandung.Saya lagi butuh buku tentang foto jurnalistik buat isi laporan hasil KP.tapi saya kesulitan mencari bahannya.......
Kira2 buku tntang Foto Jurnalistk yang bagus karangan siapa ya.......
(buku dengan terbitan berbahasa Indonsa)maklum bhs Inggrsnya kurang paham.
Terima kasih sebelumnya semoga cpat dibales..
salam

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Wendra Ajistyatama (8947)    17 tahun yang lalu

 0 

wah,:) bang Arbain dikejar2 tuh ma mas komang.

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Yogi Ardhi (2160)    17 tahun yang lalu

 0 

Kayaknya desk foto PR banyak banget buku2 Jurfo nya. Import pula. Atawa ke perpustakaan Jurusan Jurnalistik Unpad di Jatinangor. 5 taun terakhir ini makin banyak mhs yang bikin skripsi ttg Jurfo.

Salam

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Muhammad Nur Abdurrahman (6107)    17 tahun yang lalu

 0 

foto jurnalistik: - gabungan antara gambar dan kata-kata (teks)
- sebisa-mungkin foto itu berpesan
- konteksnya ditayangkan di media cetak/jurnalistik

portraite, still life atau fine art-kah, menurut saya, kalau konteksnya dipajang di media cetak, foto itu fotojurnalistik,...

Re: "Jurnalistik atau Bukan?"

Oleh:  Benny Hamonangan (13171)    17 tahun yang lalu

 0 

teman...setau aku apabila photo telah melewati "gerbang seleksi " maka itu adalah photo jurnalistik krn majalah tsb utk dipublikasikan kepada masyarakat,bukan??
@ Rimba Mahardika...dulu aku pernah belajar photo jurnalistik kepada seorang Mantan Wartawan Photo LKBN ANTARA Biro Bandung. 1 hal yg aku ingat sampe skrg ttg photo jurnalistik adalah ISU!!!
Sekarang aku balik nanya pada anda, apakah anda motret mobil isuzu tnp ISU? Setoap media memiliki KEBIJAKAN REDAKSIONAL tersendiri,bukan?
@ Pak Arbain Rambey...aku sering denger Hard dan Soft News, apa yg membedakannya?