pertanyaan beginner untuk lighting natural

Oleh: M dedi S (360)    18 tahun yang lalu

  0 

Mas2,

Mau tanya2 nih, gua baru di dunia photo ini, saat ini untuk pembuatan sebuah buku salah satu band gua mau memphoto mereka distudio rekaman dan latihan mereka, karena ini sifatnya lebih ke candid atau snapshot, gua lebih suka lighting yang natural (gak pake flash), untuk sehari2 biasanya gua juga lebih suka gak pake flash, jadi gua hanya perlu lampu yang menyorot ke salah satu angle.... gua harus pake lampu jenis apa ya? atau untuk kebutuhan seperti ini flash tetep diperlukan? atau mungkin ada yang bisa bantu kasih beberapa pencerahan? bisa kasih spec lamp dengan harga termurah tapi kuat (heheheh)

kalau ada yang mau kasih definisi (atau kasih link untuk belajar) tentang beberapa jenis lampu saya sangat bersenang hati....

maaf pertanyaannya banyak (kayak polisi)...

terimakasih...

Re: pertanyaan beginner untuk lighting natural

Oleh:  Valentinus (16765)    18 tahun yang lalu

 0 

Siapa bilang flash gak bisa natural?
Teknik bouncing yg bener, bisa bikin Anda terkaget2 dgn hasilnya..
:)

Re: pertanyaan beginner untuk lighting natural

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya biasa pakai lampu belajar kak. Contohnya adalah foto pertama yang dimuat di FN tahun 2005.

Re: pertanyaan beginner untuk lighting natural

Oleh:  Aleoni Nadia (4043)    18 tahun yang lalu

 0 

gua ??? gua jepang ? gua belanda ? :-?;))
3 Contekan yang saya dapet di FN :D :
1.pake lampu meja klasik yang penyangganya lentur
2.flash ditutup tissue..:-? ( saya lupa nama senior FN yg ngasi tau ini :D )
3.cari di forum
Dan terakhir, patungan aja sewa fotografer buat motretin daripada repot merepot ;)).Salam.

Re: pertanyaan beginner untuk lighting natural

Oleh:  Ucok P. Harahap (40158)    18 tahun yang lalu

 0 

Yang dimaksud natural seperti apa ?

Kalau mau natural seperti yang ada di alam, idenya adalah sumber cahaya yang natural di bumi ini cuma ada 1 yaitu matahari. Jadi kalau motret ada yang namanya main light (seolah-olah itu matahari-nya) yang lainnya pengisi. Arah matahari beneran atau "matahari buatan" kedalam ruangan diatur agar enak dilihat. Agar terlihat natural perhatikan juga bayangan jatuhnya kemana.

Mengenai bayangan, saya ada cerita mengenai pameran lukisan di Bandara Juanda. Waktu itu sambil nunggu pesawat ke Jakarta, saya liat2. Ada 1 lukisan yang menarik, 1 ikan Koi dalam kolam dan bayangannya didasar kolam ada 4. Dalem hati saya bilang, entah ilmu saya yang nggak nyampe atau emang alirannya surealis. He..he......

Kalau yang dimaksud natural seperti keadaan studio rekaman, ya lightingnya disesuaikan dengan keadaan studionya. Untuk interiornya biasanya fotografer interior memotret dulu apa adanya (tanpa tambahan lighting). Setelah itu dipelajari titik2 mana saja yang harus diberikan cahaya tambahan. Sumber cahaya bisa dari berbagai jenis lampu. Mulai dari studio flash, HMI, lampu pijar, neon, dll (sesuai kebutuhan). Beberapa fotografer interior juga suka menggonta-ganti bola lampu yang ada dengan bola lampu yang dibawanya sendiri. Tujuannya untuk memberikan efek gelap-terang pada bagian2 tertentu. Oh iya... orang desain interior biasanya paling anti mencampur lampu pijar (kuning) dengan lampu neon (putih/biru) dalam 1 ruangan. Walaupun sekarang banyak yang "nyleneh".

Setelah urusan interior beres, barulah ditambahkan unsur2 manusia sebagai model fotonya. Lightingnya gimana ? disini banyak banget yang demen motret orang..... silakan ditambahkan.

Kalau mau gampang sih set aja kamera di ISO tinggi (atau pakai tripod), potret dengan cahaya ruangan apa adanya. Pakai flash atau lampu lainnya untuk fill in.

Re: pertanyaan beginner untuk lighting natural

Oleh: M dedi S (360)    18 tahun yang lalu

 0 

Mas valentinus,
Iya nih..beginner banget hehhehe dari dulu sih maen, cuma gak pernah indoor gini.... caranya gimana ya mas?

Mas Ucok,

Berarti sebenernya pake lampu2 biasa gitu bisa ya? tapi kalo misalnya saya pengen lampu yang bener2 menyorot ke salah satu angle untuk dapet kesan dramatisnya, kira2 pake lampu apa ya?