pilihan film BW yang bagus..

Oleh:  S.A. Muluk (4356)    18 tahun yang lalu

  0 

tanya donk...
kira-kira film bw yang bagus merknya apa ya??kelebihannya dimana?
selama ini aku pake ilford(tapi harganya mahal banget :(
pernah pake konica..bacaan asa 100..tapi waktu dipake malah over semua..karena penasaran tak coba2 setelan asa yang lain..ternyata baru pas kalo disetel ke asa 800 (ngaco kan)..

tapi aku tetep nyimpen filmnya kog he he..susah lho dapat film asa 800.

Re: pilihan film BW yang bagus..

Oleh: Nikho P. Aritonang, siniko (2694)    18 tahun yang lalu

 0 

Kodak T-Max. Saya sdh lama banget ga pake film, terakhir thn 2003, harganya Rp 32.000. Gak tau sekarang. Kayaknya Fuji Neopan lebih murah ya...

Re: pilihan film BW yang bagus..

Oleh:  Tri Laksmana (7503)    18 tahun yang lalu

 0 

Soal film BW apa yang bagus itu sudah dibahas puluhan kali di forum ini, cari aja dibawah-bawah.

Film Ilford memang mahal, harga satuannya bisa 30 rebong, solusinya beli saja tripack atau bulk, itu juga kalau masih ada yang jual.

Di Oktagon masih dijual Ilford FP4 ASA 125 yang tripack. Satu pak isi tiga harganyta 35 rebu, jadi satunya kira2 12 ribu lah. Murah kan? Gak terlalu jauh beda film Lucky yang harga satunya 9 rebu. Di beberapa cabang rapico masih dijual Ilford HP5 400 tripack, harganya 72 ribu jadi satunya 24 rebu, masih lumayan ketimbang beli ilford seri delta yang satuannya bisa 33 rebu.

Mengenai bulk, setau saya di jakarta yang jual tinggal di Capa Store Pasar Baru, masih ada bulk film Kodak Tri-X harganya kira2 300 rebu. Kondisinya saya gak tau masih bagus apa enggak soalnya kayaknya nyimpennya gak pake pendingin tuh. Bulk Delta 100 terakhir di Oktagon kayaknya udah saya beli empat bulan lalu tuh :D dan gak tau apakah stock baru akan datang atau enggak. Persoalan dengan bulk film adalah 1) kudu punya loader film dan itu harganya kira2 300 rebuan, dan 2) kudu punya stok selongsong film bekas dan kadang2 mintanya di lab suka ribet.

Solusi lain untuk meringankan beban ongkos film adalah nyuci sendiri. Pakai developer Ilford LC29 dengan konsentrasi 1+29, ongkos cuci satu rol paling mahal 4000 perak. Jauh lebih murah ketimbang nyuci sendiri di lab.

Film apa yang paling bagus? Itu tergantung selera dan kebutuhan masing2, karena (sebagaimana kata Oom David :D) tiap film punya kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Re: pilihan film BW yang bagus..

Oleh:  Dian Rosita (2450)    18 tahun yang lalu

 0 

never leave home without tmax 100 :D kl ukuran 120mm lebih murah lho... ;))

Re: pilihan film BW yang bagus..

Oleh:  david hermandy (3403)    18 tahun yang lalu

 0 

seingat saya ada dua atau tiga diskusi yang mirip di forum ini. Cari lagi dee, udah ada kesimpulannya juga.
Topik ini saya tutup. :)