Bagi2 pengalaman Solarisasi

Oleh:  Tri Laksmana (7503)    18 tahun yang lalu

  0 

Tadi malam saya baru aja "rada2" sukses melakukan solarisasi, biasa lah abis liat2 foto2nya Man Ray jadi ngiler ngeliat fotonya yang rada2 surealis dan ajaib ituh. Kebetulan metodenya rada2 brutal dan gak se-elegan yang ditulis Bung David, hehehehe.... Saya pakai film Ilford Delta 100, developernya Ilfotec LC29 dgn dilusi 1+29. Filmnya kebetulan saya push +30%, jadi waktu developnya jadi 9:45 dari yang seharusnya 7:30. Nah pas sudah 70% didevelop (saat 6:50) saya buka itu tangki dalam keadaan total darkness (di kamar mandi, hehehehe... saya gak punya kamar gelap), dan saya suruh temen saya di luar nyalain lampu kamar mandi selama 1 detik. Percobaan pertama rada sukses, pada klise keluar garis putih pada batas antara tubuh dengan background, dan rambutnya rada2 abu2. Percobaan kedua lampu dinyalakan 2 detik, wah kali ini lebih sukses, tidak hanya keluar garis putih, tapi batas antara badan dengan bg jadi menghilang jadi subjek kelihatan "meleleh" dengan latar belakangnya (tidak terlalu tegas tapi ada, mungkin waktu penyinarannya masih kurang).

Semua proses expose saya lakukan sewaktu film masih berada dalam tangki, dan masih berisi developer. Habis selesai saya tutup lagi dan lanjutkan proses developing. Yaah.. memang tekniknya masih brutal dan rada2 gak rapi, apalagi lampunya datang dari atas jadi penyinarannya pasti gak seragam, udah gitu lampunya dari bohlam jadi pasti jatuhnya pasti gak seragam juga. Saya sih membayangkan pakai lampu enlarger (yang cahayanya lebih seragam) sehingga tidak hanya pencahayaannya seragam tapi juga waktunya lebih konsisten.

Anyway, hari ini akan saya coba pakai stopbath dulu sebelum di-expose (seperti yang disarankan Bung David). Untuk sementara klise dari percobaan tadi malam belum sempat saya upload tuh, baru mau saya bikin contact printnya.

Belum ada komentar