Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  Tri Laksmana (7503)    18 tahun yang lalu

  0 

Saya gak tau juga ini goblok apa pinter, maklum baru belajar nyuci, hehehehe....

Ceritanya gini, saya lagi mo nyoba motret kayak Atget, kota siang bolong dibikin kosong. Caranya ya panjangin aja waktu eksposurnya, lalu kecilin diafragmanya dan pakai film asa rendah.

Maka nongkronglah saya BIP di bandung sekitar jam 5 sorean (biar agak gelap). Pasang tripod, pasang kamera (Nikon FM2), pakai lensa lebar dengan diafragma dikecilin (Nikkor 24mm, f/22), dan pakai ilford delta 100 (kebetulan adanya ini doang, habis beli bulk soalnya). Supaya tambah gelap lagi, saya pakai filter merah (R25A). Kalau gak salah ini bisa turun lagi 2 stop. Harusnya sih pakai aja filter ND, tapi ya itulah saya gak punya.

Begitu saya ngintip, ternyata eksposur 1/30 detik aja udah over. Begitu diatur ke ASA 12, lumayan lah 1 detik over 1 stop.

Berhubung saya gak pernah nge-pull sampai 3 stop begini (dari ISO 100 ke 12), dan di situs ilford juga gak ada informasi tentang waktu pencucian untuk ngepull sampai 3 stop (malahan di tabelnya cuman ada info untuk nge-push delta 100 sampai 1 stop) maka saya putuskan untuk eksperimen saja. Saya ambil 8 objek yang sama dengan variasi waktu eksposur antara 30 detik hingga 3 menit. Setelah itu film saya potong, dan saya lanjutkan motret objek yang sama dengan variasi waktu yang sama. Dari satu roll itu saya punya 3 potongan film.

Setelah itu saya balik ke rumah dan mulai kira-kira. Untuk ngepush 1 stop waktunya ditambah 2 menitan. Ngepull 3 stop ya berarti kurangin aja waktunya 6 menit. Jadi kalau dicuci normal waktunya 7.5 menit ya ini kira-kira 1.5 menitan lah. Berhubung saya punya 3 potong film dengan objek dan variasi waktu yang sama, maka saya bisa kira-kira.

Potongan film pertama saya develop selama 45 detik, yang kedua 60 menit, dan yang ketiga 2 menit. Tiga2nya pakai Ilfotec LC29 (setau saya ini gak recommended buat ngepush atau ngepull, tapi apa boleh buat adanya cuman ini).

Hasilnya? Yang 45 detik hasilnya under semua, 1.5 menit under semua juga (tapi yang eksposurnya 3 menit lumayan bagus), dan sejauh ini hasil terbaik adanya di negatif yang didevelop 2 menit. Saya liat2 klisenya, yang eksposurnya 3 menit cukup lengkap gelap-terangnya. Saya curiga juga nih kalau didevelop selama 3 menit mungkin hasilnya bisa bagusan.

Begonya, saya gak ngetes gimana kalau dicuci normal aja, karena udah keburu yakin kalau hasilnya pasti bakal under. Sejauh ini sih negatifnya belon dicetak, habis di bandung sini saya gak punya enlarger (saya biasa nebeng nyetak di rumah temen di jakarta).

Nah, gimana nih menurut teman-teman yang udah pengalaman? Apa masuk akal ngepull delta 100 sampai sedemikian jauhnya? Berapa lama sebaiknya developing time-nya? Ada saran tidak?

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    18 tahun yang lalu

 0 

Pull atau push punya rentang waktu yang tidak linier dibandingkan dengan waktu normalnya. Biasanya, pabrik memberi tabel push atau pull ini seperti pada kemasan obat TMAX.........Bagusnya saat mencoba dicatat, jadi lain kali bisa lebih baik dan lebih baik lagi.....Pull 3 stop belum pernah dengar, tapi kalau push 3 stop aku pernah melakukannya dengan NEOPAN 800 aku cucui untuk jadi ISO 6400. Grainy tapi masih OK....

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  david hermandy (3403)    18 tahun yang lalu

 0 

Developing time untuk push or pull process tidak bisa di hitung seperti itu.
Untuk perkiraan developing time push 1 stop adalah 30% dari normal developing time.
Untuk developing time push 2 stop adalah 30% dari waktu push 1 stop.
Nah, kalo untuk pull proses agak lupa nih, dikurangi 30% atau 15 % :D
kalau hanya untuk mendapatkan slow speed, saya rasa lebih baik menggunakan filter ND, kalo gak punya filter PL juga bisa. Atau coba pakai Ilford Pan F 50 .

Untuk melakukan test developing time prosedurnya mirip dengan yang saya tulis di topik ini

So kalo memang mau di pull 3 stop, bisa dilakukan prosedur test developing time. Untuk dillution, gunakan seencer mungkin, usahakan waktu developing diatas 5 menit. Ilfotec 1:29 mungkin cocok.

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  Tri Laksmana (7503)    18 tahun yang lalu

 0 

Masalahnya di tabel film delta 100 tidak ada informasi waktu pencucian untuk nge-pull, malahan kalau yang saya liat di leaflet "push process"-nya ilford, film delta 100 hanya direkomendasikan untuk dipush sampai 1 stop, gak boleh lebih. Saya asumsikan berarti dia gak boleh dipull lebih dari 1 stop, mungkin hasilnya gak terlalu bagus kali.

Anyway, thx infonya. Nanti saya eksperimen lagi deh. Trus satu lagi nih, ada yang tau gak ya di bandung toko mana yang njual larutan ilford? Saya cari2 di Kamal Foto, Panorama, Multivera, Seruni, Jonas, Rapico, semuanya gak jual. Adanya Acifix doang. Saya nyari2 Film PanF juga gak ada, masak semuanya harus dibeli di Jakarta? :(

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  Tri Laksmana (7503)    18 tahun yang lalu

 0 

Hmmm... setelah saya buat kontak print-nya, ternyata hasilnya gak jelek2 amat. Kesimpulannya: Developing time 45 detik terlalu singkat, sementara 120 detik juga masih kurang lama kalau menurut saya. Kalau dilihat-lihat lagi, pengurangan waktu 30% untuk setiap penurunan 1 stop berarti menghasilkan waktu...kira-kira 2 menit 40 detik. Jadi developing time 120 detik pun masih kurang 40 detik. Ini contact printnya, sejauh ini saya belum cetak besar soalnya!

Dua baris adalah klise yang didevelop selama 45 detik, dua baris berikutnya adalah klise yang didevelop 60 detik, dan dua baris terakhir adalah yang didevelop 120 detik. Angka2 di atas dan bawah klise adalah waktu eksposur, dalam detik.

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  david hermandy (3403)    18 tahun yang lalu

 0 

Developing time yang kurang dari 5 menit tidak dianjurkan oleh semua produsen film, dengan alasan hasilnya bisa tidak sama. Secara logika waktu yang kurang dari 5 menit mungkin terlalu singkat buat developer untuk mengembangkan silver halida, jika sangat terpaksa usahakan waktu developing 4 menit.

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  Tri Laksmana (7503)    18 tahun yang lalu

 0 

Ooohhh begitu... sekarang saya mengerti kenapa film asa 100 tidak pernah ditampilkan tabel pull sampai 3 stop. Tidak direkomendasikan karena memang hasilnya tidak bisa sama. Memang cara terbaik untuk memotret dengan speed lambat adalah dengan menggunakan ASA 50 ditambah filter ND ya... wah terima kasih atas sarannya, bung david!

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  david hermandy (3403)    18 tahun yang lalu

 0 

Bung Tri, bukan tidak direkomendasikan untuk pull sampai 3 stop, tapi tidak dianjurkan untuk developing dengan waktu kurang dari 5 menit.
Artinya jika kita ingin melakukan pull proses sampai 3 stop kita harus mencari terlebih dahulu formula yang cocok agar developing timenya bisa sama atau lebih dari 5 menit.

Re: Ilford Delta 100 dipull ke ASA 12

Oleh:  Haryanto R (6495)    18 tahun yang lalu

 0 

Memang ampir semua produsen tidak merekomendasikan developing time kurang dari 5 menit, karena hasilnya unpredictable, seperti kata Om David, Untuk Pull yg banyak, dianjurkan yg High dilution, biar bisa memperpanjang waktu developing (sekedar info)

Ilford yg bagus buat pull, pake perceptol