[Mohon pencerahan] beda flash light(speedlight) dan mobile studio lamp

Oleh:  Yano (15849)    19 tahun yang lalu

  0 

Mohon pencerahan dari para senior. saya punya 2 flash light keluaran nikon, sb 600 dan sb 800. dengan beberapa accesories dari lumiquest seperti bouncer dan softbox. sebenernya saya lebih suka lighting dari available light atau natural light. tapi akhir2 ini saya juga mencoba yang namanya artificial light dengan menyewanya.untuk membeli seperangkat artificial light yang bisa mobile dibutuhkan dana yang cukup besar. akhirnya saya memberanikan diri untuk membeli flash light keluaran nikon yang saya pasangkan dengan tripod merk slik sehingga menyerupai studio lighting. yang ingin saya tanyakan, 1.apa perbedaan signifikan dari flash light dan mobile studio lighting?
2. bisakah flash light menggantikan mobile studio lighting? (kalau kita punya lebih dari 4 flash light)
3. kalau tidak berkeberatan tolong dong senior yang pernah memotret dengan flash berbagi saran.
terimakasih

Re: [Mohon pencerahan] beda flash light(speedlight) dan mobile studio lamp

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    19 tahun yang lalu

 0 

Bedanya cuma pada power.....Flash seri SB itu kalau dipasangi sofbox bisa-bisa gak keluar cahayanya.....Tapi jangan sepelekan flash kecil. Kadang-kadang berguna juga (daripada gak ada)....Sekali lagi, bedanya cuma di kekuatan dan ukuran fisik....

Re: [Mohon pencerahan] beda flash light(speedlight) dan mobile studio lamp

Oleh:  Pagar Alam, IPA (29522)    19 tahun yang lalu

 0 

Pak Arbain benar bedanya di kekuatan cahaya. Kalau anda beli SB 800 pasti ada buku petunjuk dan buku demo/teknik motret dg beberapa flash. Tapi yg pasti kekuatan cahaya nya ngak sekuat Studio Lighting.

Re: [Mohon pencerahan] beda flash light(speedlight) dan mobile studio lamp

Oleh:  Deon Cahyo (8606)    19 tahun yang lalu

 0 

Mungkin kalo pakai triger, SB 800 bisa dipasang dekat si model, jadi komposisi tetap bisa kita atur enak,dan ga butuh power besar,masalahnya kalo pakai 1 sb 800 dan reflektor, kuat gak yah mantul ke reflektor?, udah ada yang pernah coba sb800 di kasih cup standar reflektor....?