ketahanan cetakan foto BW

Oleh: Kusno Wurdiatmoko (2576)    19 tahun yang lalu

  0 

saya nggak bisa cuci cetak bw tapi motret mah sering. Sering kali hasil cetak BW dari tukang cetak baru seminggu udah kuning warnanya, tapi tapi kadang2 1-2 baru keluar warna kuning, mungkin temen2 bisa bantu kasih pencerahan, hatur nuhun,TQ

Re: ketahanan cetakan foto BW

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    19 tahun yang lalu

 0 

Warna kuning pada negatif BW atau cetakan BW terjadi karena yang memproses terburu-buru atau pakai obat yang buruk. Mereka merendam di larutan fixernya terlalu sebentar, atau pakai fixer yang sudah lemah. Foto BW yang diproses dengan benar tahan ratusan tahun...

Re: ketahanan cetakan foto BW

Oleh:  david hermandy (3403)    19 tahun yang lalu

 0 

Bang Arbain, apa gak kebalik tuh? setahu saya karena proses di fixer kelamaan dan washingnya kurang bersih..... coba saya cek lagi di data sheet, rada sulit juga jawabnya soalnya belom pernah ngalami kayak beginian... :)

Re: ketahanan cetakan foto BW

Oleh:  david hermandy (3403)    19 tahun yang lalu

 0 

Setelah nyari akhirnya gak nemu jawaban yang pasti, so kemungkinan yang dikatakan bang Arbain dan saya bisa menjadi penyebabnya.

Kesimpulan sementara bercak kuning itu karena :
1. Fixer yang digunakan sudah lemah sehingga masih ada developer yang bereaksi dengan udara, dengan perkiraan proses cetak tidak menggunakan stop bath.
2. Waktu fixing terlalu lama (ini mitos lama dalam darkroom yang menyatakan semakin lama di fixer semakin baik) padahal faktanya waktu fixing untuk RC paper hanya membutuhkan waktu paling lama 2 menit bahkan dengan rapid fixer cukup 30 detik. Waktu fixing yang lama jika disertai dengan poor washing berakibat fixer masih tertinggal di emulsi , hal ini juga dapat menyebabkan stain/bercak pada foto dikemudian hari.

Solusi :
1. Beritahu Lab langganan Anda agar mereka memperhatikan kualitas chemical yang digunakan.
2. Cuci lagi foto yang baru Anda ambil dari Lab, dengan cara di masukan dalam baki (ember kecil) dengan air mengalir selama 5-10 menit.
3. Cari Lab lain :)

Re: ketahanan cetakan foto BW

Oleh: Kusno Wurdiatmoko (2576)    19 tahun yang lalu

 0 

TQ, atas masukan2nya. Nanti saya cobakan.....