tanya? ceklis membeli enlarger bekas

Oleh: gunawan widjaja (413)    19 tahun yang lalu

  0 

hi, saya ditawarkan teman enlarger lpl 6700c, plus timer (lensa lpl 50mm kondisinya kurang bagus) dengan harga 3,5jt. apakah harga ini termasuk reasonable ? apa saja yang perlu di perhatikan dalam membeli enlarger bekas ? bila ingin mengganti lensanya, ada rekomendasi lensa & harga barunya ? terima kasih buat pendapatnya..

Re: tanya? ceklis membeli enlarger bekas

Oleh:  david hermandy (3403)    19 tahun yang lalu

 0 

Harga 3,5 juta umumnya dengan lensa yang bagus (bisa dipakai)
Panduan untuk memeriksa enlarger bekas:
1. Periksa bellow, apakah ada yang bocor, jika ada apakah masih bisa diperbaiki, karena bellow pada enlarger paling gampang rusak dan susah nyari gantinya.
2. Jika boleh dibongkar (atau minta pemiliknya yang membuka) buka tutup head anlarger, kemudian putar knob filter dan amati kondisi fisik filter dichroicnya, apakah masih utuh atau pecah atau retak. Satu set filter dichroic cukup mahal, berkisar diatas 2 jutaan tergantung type enlarger.
3. Periksa timer dengan stopwatch, timer yang baik tidak perlu harus tepat tapi yang penting adalah konsisten, jika sebuah timer diset pada 20 detik dan hasil hitungan stopwatch 23 detik dan hasil ini sama terus setelah diuji 10 kali maka timer tersebut layak dipakai karena cukup konsisten walaupun tidak tepat.

Untuk memilih lensa enlarger tergantung format film dan proses yang dikerjakan (BW atau color print)
Untuk format 135 sebaiknya menggunakan lensa 50mm atau lebih, semakin panjang focal lensa enlarger semakin kecil hasil proyeksi, jadinya jika kita menggunakan lensa 80mm pada format 135, kita harus menaikan head enlarger setinggi mungkin untuk memperoleh pembesaran yang diinginkan.
Untuk format 6x4.5 atau 6x6 dianjurkan lensa 65mm atau lebih.
Untuk format 6x7 lensanya 80mm atau lebih.
Penggunaan lensa yang terlalu pendek focalnya (mis format 6x7 menggunakan lensa 50mm) akan mengakibatkan viggnet pada ujung foto

Kalo akan digunakan untuk mencetak foto warna, lensa dengan element APO cukup berpengaruh pada warna hasil cetakan, sebaliknya jika hanya mencetak BW, element APO bisa diabaikan.
Rodenstock Rodagon, Scheneider Componon-S dan Nikkor sudah bagus banget buat BW ukuran 50mm harganya sekitar 1 jutaan. itu dulu yach :)

Re: tanya? ceklis membeli enlarger bekas

Oleh: gunawan widjaja (413)    19 tahun yang lalu

 0 

wah lengkap skali jawabannya mas david.. :)
Terima kasih banget, dah lama ngidam mo bikin kamar gelap tapi budget terbatas dan takut kecele kalo beli bekas.