Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh: Yanuar Gajaksahda (801)    19 tahun yang lalu

  0 

Suatu ketika saya dapat tawaran motret wedding di gedung, saya nyewa lampu soft box uk 60x60. Kamera saya Canon EOS888 lensa 35-76. Diafragma menyesuaikan. Tapi hasilnya sangat mengecewakan karena agak soft dan ada yang over dan under. Kemudian croping tidak sesuai. Untuk itu saya ingin tanyakan : 1. Bagaimana cara mengatur tata letak lampu ketika foto bersama 2. Perlu gak flash di kamera ketika memakai lampu softbox 3. Cahaya yang kuat harusnya dari lampu mana ( softbox atau flash ) 4. Apakah angel harus selalu sejajar dengan pengantin. atas sarannya saya ucapkan banyak terima kasih. Untuk contoh fotonya, sudah diminta oleh pengantinnya.

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Damon Rizki (9249)    19 tahun yang lalu

 0 

Wah repot juga yah mas kalo engga ada contohnya...Kalo pake sofbox yah pasti soft mas..sebelum motret udah diukur belom kekuatan lampunya? Ngomong2 pake lampunya apa mas? Sebenarnya lampu di letakkan di kiri dan kanan udah cukup oke koq..nah waktu motret bukaannya pake berapa?

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Tony Steven (4172)    19 tahun yang lalu

 0 

kynya seh mr. yanuar kgk di test dulu pake lightmeter buat diafragma.... jd keadaan mase lom jelas... better mah sy bilang kencengin lampu softbox dan angle jg better sejajar dgn pengantin... toh kan kalo di jepret fotonya lampu softbox jg ikutan kan ? kalo kgk ya susahhh...... semoga berkenan....

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Eka Alam Sari (9096)    19 tahun yang lalu

 0 

Iya saya pernah lihat orang pakai soft box di pelaminan. Tapi mas, biar gak repot saya sih pakai payung saja kanan kiri. Tentu sebelum penganten ada di pelaminan sudah diukur-ukur dulu dan dites. Untuk bego-begoannya, diterangin pakai lampu video juga bisa. Habis orang kebanyakan cuma pengen fotonya yang penting 'terang'.

Sekedar saran, dDaripada sewa soft box mahal2 mending beli aja lampu video di aneka pasar baru. Paling 300-400 ribuan (Yg murahan sih, merk Unomat). Yang mahalnya beli di PCI bisa sekitar 2-4 juta. Tapi itu dah cukup deh untuk awal. Nanti nabung dari hasil order yang ini untuk pelan2 punya alat yang lebih bagus. Lampu Yin Yan lengkap dengan payung juga paling Rp 800 ribuan (Dulu, maaf kalo harga sdh berubah). Ayo, buruan ke pasar baru. Semoga sukses ya!

Soal croping, gimana? Lha waktu motret kan kita lihat di view finder? Kalo sesuai tinggal jepret. Kayaknya kalo foto bareng gampang deh. Yang agak repot ngatur orangnya itu sih. Biasanya ada MC atau seseorang asisten yg membantu 'menata kedudukan' tetamu dan mempelai.

Soal soft itu tinggal kita fokusnya gimana? Pelan-pelan saja, santai. Penganten pasti mau nunggu kok. Biar semuaa rata tajamnya diafgrama minimal 5,6, syukur bisa 8 atau 11. Apalagi ya? Soal flash? Kalau saya, yg di kamera buat mancing lampu di payung-payung itu aja, atau pakai trigger. Maaf nih ya kalau sok tahu. Ya, sekedar berbagi penghalaman saja. Saya juga baru beberapa kali motret wedding. Senengan sih moto anak-anak :p

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Mira TJ (4738)    19 tahun yang lalu

 0 

Sori, mungkin aku salah, tapi kok ngga disebut-sebut light meter? Bukannya kalau kerja dengan lampu harus pakai light meter? Soalnya lampu kan bisa kuat sekali cahayanya, apalagi pakainya ngga cuma satu. Kecuali kalau kerja dengan kamera digital yang bisa lihat hasilnya sehingga bisa nentuin cukup atau kurang atau lebih lightingnya.

Mungkin juga aku salah. Mungkin ada rekan FN yang instink-nya tajam karena pengalaman sudah segudang sehingga bisa nebak situasi lighting tanpa perlu peralatan-peralatan yang mberat-mberatin tas saja.

Mungkin juga aku salah. Mungkin sudah bawa light meter, tapi cara mengukurnya salah. Mustinya sih, sebelum rombongan penganten datang, fotografer mentes dulu lightingnya. Kira-kira rombongan penganten akan berpose dari sudut mana sampai sudut mana. Lalu dites lighting di tengah, di pojok-pojok, di deret depan, di deret belakang. Dilihat interval aperture yang didapat. Bracketing. Ngukur nya, meterannya didekatkan ke hidung atau jidat, itu kan yang pasti keliatan kalau foto bersama. Oh iya...jangan lupa...make meterannya jangan terbalik yah...hihihihi...bukan bolanya yang menghadap kulit, bola menghadap arah cahaya datang (pengalaman pribadi nehhh, hihihihihi)

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Yoni Tan (13785)    19 tahun yang lalu

 0 

Diarahkan ke lensa-nya kalau utk ngukurnya. Kalau letaknya lampu dan lensa tidak berjauhan sih tidak beda2 amat hasil pengukurannya, cuman kalau angle-nya lebih dari 45 derajat (dan itu rasanya kagak mungkin krn pasti bikin bayangan pada muka orang, padahal sulit seimbangkan lampu kiri dan kanan) maka bisa under donk meteringnya kalau diarahin ke lampu. IMHO lho ini krn juga baru ngintip2 temen yang persiapan shooting dokumentasi.

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Kelik Broto (15537)    19 tahun yang lalu

 0 

kalau saya biasanya payung ma softbox mas, berhubung saya makai digital dari kantor jadi bisa tau pas pa ngga, emang enaknya kalau analog di ukur dulu aja, kalau dah pas baru tinggal pasang 3pod di depan pelaminan dah tinggal cepret2 aja :) jangan sampai pas keluarga sendiri yg foto2 ngga jadi bagus, wah bisa gak dibayar kita :(

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Pinky Mirror (6382)    19 tahun yang lalu

 0 

Dan kalau pakai medium format, boleh dipolaroid dulu. Biar yakin :)

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh: Martin Tjatur Uli Basa (2467)    19 tahun yang lalu

 0 

Saya pernah pake standard reflector 2 biji kiri kanan,warna serta detilnya lebih keluar dibanding pake payung...kalo pake softbox dijamin soft namanya juga softbox...

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh:  Wisnu Pati (3481)    19 tahun yang lalu

 0 

kalo pake payung penyebaran cahayanya lebih lebar / merata dibanding kalo pake softbox ato standar reflektor, cocok untuk foto grup. pake diameter payungnya yg 105 cm dan tata letaknya di depan grup kanan kiri sebaiknya lensanya pakai lens hood untuk menghindari cahaya yg bocor/ flare dari pantulan payung, kalo sdh pake payung ato softbox mau pake flash juga bisa no problem ( GN-nya yg kecil saja sekedar tuk memancing ) , lensa sejajar dgn muka orang yg mao di foto, kalo hasil foto anda ada yg OE / UE mungkin anda memakai Program pada kamera anda , sebaiknya makai manual saja tentukan untuk speednya 1/60 dan diafragmanya 8. ada lagi.... oh ya daripada pake polaraid mending makai kamera digital saja hanya untuk sekedar preview.

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh: Devi rujito (584)    19 tahun yang lalu

 0 

saya pemula, ikut nimbrung. Di wedding gedung sperti patra jasa, depsos, bidakara, dll gak usah repot repot pake sofbox, payung....malah ketendang anak anak ntar..hehehe misal pake 2 monoblok Versalight(JTL) 200w....hehe yg murah aja neh, cukup stel full power, taruh jarak 8-10 meter depan pelaminan tinggi 3-4 m, jangan sejajar. diagfragma f5,6-8....speed 60 asa 200, pasang metz 60CT dibody arah lurus setingan sesuai digf....., exposure pukul rata aja sampe film abis, jadi koq cahaya merata, kalo pas shot tamu lagi makan , monoblok tinggal diputer2 tiyangnya kearah POI oleh kru, apalagi pake broncolor/visatec...wow keren. kalo ngukur2 didepan pelaminan ...hemm refot. jadi pake "metode safe". maap sok tau.... salam

Re: Penggunaan lampu pada wedding di gedung

Oleh: muhamad syariuf (95)    19 tahun yang lalu

 0 

saya rasa dari pada sepikulasi,apa lagi soal jasa foto!yg diabadikan untuk seumur hidup,lebih baik anda pakai payung(bisa 2 umbrela)kanan dan kiri!ato 3 umbrela(kanan-kiri dan depan),tentukan main lightnya! berjalannya waktu anda bisa belajar degan mnggunakan fasilitas studio lainnya spt softbox,tentunya di tes dulu hasinya(coba aja tes foto keluarga)!liat hasilnya!