Murah mana, printer inkjet 4 warna atau 6 warna?

Oleh: JOHAN CHANDRA (640)    19 tahun yang lalu

  0 

Sesuai ama judul topik, mana yang murah antara inkjet 4, atau 6 warna? menurut brochure canon, sistem 4 warna membuat gradasi warna dengan menggunakan warna cyan dan magenta yang di cetak secara tipis (kalo diperbesar terdiri dari kumpulan titik2 kecil, jadi gak solid warnanya, sedangkan pada 6 warna ada warna tambahan photo cyan dan photo magenta jadi gradasinya lebih solid. Mengenai kualitas gradasi tentunya 6 warna lebih unggul, tapi apa sama hematnya dengan 4 warna? Mungkin teman2 bisa kasih masukan. Thx

Re: Murah mana, printer inkjet 4 warna atau 6 warna?

Oleh:  Yoni Tan (13785)    19 tahun yang lalu

 0 

Printer Canon yang 4 warna itu sulit menyamai kualitas foto dan memang lebih difokuskan pada printer multifungsi yaitu utk text,graphic image dan juga termasuk foto. Sedangkan kalau lebih sering pakai utk cetak foto sih mending beli yang 6 warna karena kualitas cetak fotonya memang jauh beda selain juga kecepatannya, tetapi kecepatan mencetak text itu jauh menurun juga. Untuk masalah hematnya yang 6 warna itu memang sedikit lebih boros sih, tetapi kalau diliat perbedaan kualitasnya, rasanya sih setimpal.

Re: Murah mana, printer inkjet 4 warna atau 6 warna?

Oleh:  Heru Tjandranata (11140)    19 tahun yang lalu

 0 

Murah mana ini pengertiannya apa bos? Harga cartridgenya atau ongkos cetaknya?

Umumnya kalo printernya ada opsi cartridge foto, terdiri dari 2 macam cartridge, yang satu tangki warna hitam, dan yang lain tangki warna. Nah, harga tank warna antara yang biasa (3 warna-CMY) sama yang foto sih rasanya nggak beda2 jauh koq. Tapi secara logika, masalah kepincangan warna akan lebih terjadi. Maksudnya kalo CMY aja, bisa terjadi Cyan sudah drain abis tapi Yellow sama Magenta nya masih sisa banyak. Nah apalagi kalo lebih dari 3 warna dalam satu tanks. Masalah pincang pemakaian tinta nya akan lebih terasa.

Tapi kalo yang dimaksud murah/mahal dilihat dari ongkos cetak mah klo menurut saya daripada cetak foto pake printer, mending dibawa ke lab digital aja bos. Hasil lebih presentatif, kualitas gambar lebih baik, kualitas kertas lebih baik dan rasanya harganya lebih murah. Cetak 4R ada yg bisa 1250/lembar, bahkan lebih murah lagi kali ya? Udah ampir mirip2 cetak dari film bos. Bebas pusing, kita cuma perlu konversi ke ukuran kertasnya aja. Kalo untuk tujuan sekedar bikin halaman untuk buku atau layout sesuatu atau tugas sih menurut saya nggak perlu2 amat tuh pake 6 warna.