Flicker Free Digital lighting

Oleh: Bambang Sutopo (21)    19 tahun yang lalu

  0 

Seperti yg banyak kita baca, camera digital membutuhkan pencahayaan dgn karakter berbeda, sehingga penggunaan lampu konvensional akan menimbulkan flicker. HMI lights dikatakan flicker-free karena mempergunakan tegangan high frequency. Apakah rekan2 ada yang tahu apa yg dimaksud dgn FLICKER? Apakah itu HMI lighting?

Re: Flicker Free Digital lighting

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    19 tahun yang lalu

 0 

pendar?

Re: Flicker Free Digital lighting

Oleh:  Heru Tjandranata (11140)    19 tahun yang lalu

 0 

Mudah2an benar. Saya nggak banyak ngerti ttg lampu studio, tapi ngerti listrik rumahan :D Flicker terjadi karena listrik yang digunakan AC=Alternating Current=Arus yang saling bertukar tempat.

Seperti listrik yang kita gunakan di rumah, adalah 220v dan 50Hz. 50Hz, artinya dalam satu detik masing2 kutub bertukar tempat sebanyak 50x. ini yang membuat flicker pada lampu. Flicker/kedip2 biasanya sangat mudah diamati waktu tegangan tidak stabil/turun, lampu rumah yang menggunakan bulb biasanya berkedip2 sendiri. Atau lampu TL yang panjang itu juga biasa berkedip2 sendiri. Itu karena frekuensi tadi.

Secara teoritis, dalam 1 detik terjadi 50 kedipan. Ini yang disebut flicker. Mungkin saja lighting yang anda maksud flicker free itu menggunakan listrik yang frekuensinya lebih tinggi, sehingga kedipannya lebih tidak terasa oleh mata.

Nggak usah susah2 cari lampu flicker free, lampu senter atau lain2 yang bersumber dari batre semuanya flicker free, karena listrik yang digunakan DC=Dirrect Current. DC ini masing2 kutubnya tetap, nggak saling bertukar tempat seperti AC. Secara teoritis tidak menyebabkan flicker.

Re: Flicker Free Digital lighting

Oleh: Eddy Jacob (93)    19 tahun yang lalu

 0 

Bung Heru, penjelasannya sangat bagus, dan membuat saya mengerti sekarang, karena dulu sempet bingung juga.. :) pertanyaannya, kan lampu DC tidak ada yang putih kaya lampu neon, jadi gimana ? Atau ada ya lampu putih yg pake batere? apakah lampu2 darurat yg memakai lampu neon itu sebenarnya tenaga DC batere itu dikonversi ke AC? makasih...