foto interior.....gimana sih ?

Oleh: Donald Pratama (3320)    20 tahun yang lalu

  0 

kakak2 sekalian, mau nanya nih.... kategori/apa aja yang perlu ada dalam sebuah foto interior?

apakah harus ada POI-nya (karena setahuku foto interior itu menampilkan interior sebuah ruangan secara keseluruhan tanpa ada sebuah objek yang menjadi POI - kalau aku salah tolong dibenarkan yah ^^)

mohon saran dan ilmu2nya kakak2 sekalian, hehehe, thanks...

Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh:  Adi Ganda Wijaya (5025)    20 tahun yang lalu

 0 

pertama tama film nya apa dulu. kalao mau foto interior pake fuji provia sangat cocok sekali. tetapi hati hati dengan colling effect dari film tsb. jadi penggunaan warm filter boleh di pertimbangkan.
pemilihan lensa juga critical. karena saya adalah tele person, maka saya akan selalu memaksakan penggunaan lensa di atas 50mm (pada 35mm) untuk mempersempit perpective. tapi kalo kepepet apa boleh buat untuk menggunakan lensa di bawah 50mm juga ok.
semoga membantu.

Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh:  iing Gunawan, sidoel (27236)    20 tahun yang lalu

 0 

kalo interior pake lensa wide aja jadi keliatan lebih gede ruangannya.

Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh:  Suryo Priyantoro, UYO (149423)    20 tahun yang lalu

 0 

utk interior .... selain pencahayan yang baik dan tepat ... perspektif adalah hal mutlak diperhatikan ..... coba pake lensa2 PC (perpektif control) utk memperbaiki angle2 perspektif

Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh:  Dono Retardi (2667)    20 tahun yang lalu

 0 

untuk yg simpel coba lihat doityourself.com/decor/photographinteriors.htm Saya juga punya beberapa tips: -gunakan lensa terpanjang(bukan terlebar) yg memungkinkan untuk suatu ruangan, hal ini untuk meminimalkan distorsi perspektif -gunakan lampu kilat hanya untuk fill-in (1-3 stop di bawah cahaya ruangan), hal ini tentunya untuk kondisi lighting sebuah interior yg sudah sempurna -gunakan selalu tripod -gunakan flash/light meter genggam -POI-nya ya tatanan interior tersebut, baik tatanan furniture, lighting, maupun props(lukisan, bunga, lilin, gelas dsb) -Harus Sabar, motret interior yg bagus memerlukan ketelitian detail yg cukup tinggi... semoga dapat membantu ya...salam..

Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh:  Sandjaja Kosasih, SanKo (29705)    20 tahun yang lalu

 0 

Untuk Foto Interior (Arsitektur) menurut saya adalah sbb:

  • POI adalah keseluruhan foto atau suasana ruang, obyek manusia tidak terlalu penting, mungkin perlu ada jika sebagai skala pembanding besaran ruang
  • Gunakan lensa sudut lebar, misalnya 14mm s/d 35mm untuk mendapatkan cakupan ruang yang lebih luas karena memotret interior kita mengalami batasan lokasi memotret
  • Gunakan pencahayaan asli ruang, nyalakan semua lampu, dan atau buka jendela jika di siang hari/terang hari
  • Gunakan tripod karena bukaan rana yang lambat untuk mendapatkan f/stop yang sempit (f/8 s/d f/tinggi yang dimungkinkan lensa) agar Depth of Field sangat luas.
  • Ambil dari segala sudut ruang yang memungkinkan. Misalnya ruang tidur hotel, ambil dari pintu masuk, dari jendela, dari sudut-sudut dinding, ambil kamar mandinya juga dari pintu kamar mandi, dari bathtub/shower, dari sink, pokoknya dari semua sudut ke semua sudut (untuk penyajian nanti dipilih).
Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh:  david hermandy (3403)    20 tahun yang lalu

 0 

Baca literature tentang color temperature, sangat berguna buat koreksi warna, saya punya buku karangan Norman McGrath, judulnya Photographing Building Inside and Out, buku ini bagus banget untuk pegangan fotografi arsitektur.

Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh: Donald Pratama (3320)    20 tahun yang lalu

 0 

wah terima kasih semuanya ! pelajaran2 berharga nih !!

Re: foto interior.....gimana sih ?

Oleh:  M. Afdhal (6582)    18 tahun yang lalu

 0 

saya nebeng tenkyu juga buat om2 smua yang baik mauberbagi ilmu
sukses selalu
:)