Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Rini Saputra (2661)    20 tahun yang lalu

  0 

Saya attach 3 macam hasil foto relief. Foto 1 ada sinar matahari tapi sinar tidak langsung menyorot ke relief. Foto 2 kena sinar langsung, terlihat lebih 3D karena ada shadow. Kalo foto 3, enggak kena efek sinar matahari, hasil foto tidak ada shadow sama sekali dan warna asli batu juga agak hilang. Pertanyaannya adalah apakah ada trik khusus untuk foto relief supaya keliatan lekuk-lekukannya? Kalo ada yg pengalaman foto-foto relief candi, bisa cerita sedikit pengalamannya?

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Adi Ganda Wijaya (5025)    20 tahun yang lalu

 0 

wah yang jelas camera di letakan di atas tripod yang sturdy abis. lalu pasang F/11 (no more than that). ketiga pasang reflector dah buat mengurangi shadow relief. kompensasi di kurangi 1/2-1/2 untuk menambah detail.
semoga membantu.

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Barry Kusuma (61780)    20 tahun yang lalu

 0 

motret foto candi tergantung kebutuhan Mbak Rini, memotret ketiga2nya yang anda sebutkan benar semua. sekarang tinggal untuk kebutuhan apa, kalau yang artistik dan menyeni saya lebih suka yang kena cahaya matahari langsung dan sejajar dengan relief. tetapi cahaya sinar matahari lebih baik jangan siang, tapi dipagi hari atau sore menjelang senja. sehingga warnanya lebih warm, tapi kalau untuk kebutuhan komersil lebih baik anda memakai fiil in flash dengan cahaya yang datar saja. karena saya pernah dapet pesanan memotret relief candi, klien tidak mau yang terkena sinar matahari langsung dan ada shadownya. pdahal itu lebih bagus dan menyeni, tetapi mereka mintanya yang datar2 saja. dan sekarang tinggal lihat kebutuhannya memotret untuk apa, kalau untuk ketajaman, tidak distorsi terlihat lekuk2nya lebih baik memakai lensa fix antara range 50mm sd 105mm, sehingga kualitas ketajaman dan lekuknya jadi lebih bagus dan enak dilihat.. mungkin cuma ini dalam trik memotret Relief, semoga membantu..

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  pramana sudiro (30467)    20 tahun yang lalu

 0 

kalo sy lebih suka relief dapat sinar pantulan yg arahnya dari samping relief agar tekstur dan lekukannya jelas atau setidaknya sinar langsung dari samping tapi jangan terlalu kuat.

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    20 tahun yang lalu

 0 

Motret malam2 gelap pakai tripod aja, lalu pakai Bulb dan lampu senter. Light painting :D

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Dono Retardi (2667)    20 tahun yang lalu

 0 

cahaya samping (side lighting) sangat dianjurkan, supaya detail relief2-nya menonjol. Tapi perhatikan shadow/bayangan jangan sampai menutupi detail relief. Saya pernah mendokumentasikan relief2 di jawa dan bali, dengan tehnik ini hasilnya sangat memuaskan..selamat memotret relief ya..

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Rini Saputra (2661)    20 tahun yang lalu

 0 

TERIMA KASIH BUANYAAKKK !!! Nanti saya akan praktekan... alamat nokrong di candi seharian nih, biar belajar sinar samping kiri kanan atas bawah :=) Terima kasih sekali lagi.

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Dedy P Putra (5942)    20 tahun yang lalu

 0 

gimana kalau di bikin bw.´kemudian retouch pkai PS :D

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  Agustinus Wibowo (23311)    20 tahun yang lalu

 0 

wah, ini yang di deketnya terrace of elephant, deket bayon itu kan. cakep mbak gambarnya. aku pas itu kepanasan, jadi nggak foto foto, hehehe. maklum 40 derajad tapi tetep aja pake celana jeans.

Re: Tips Foto Relief Candi

Oleh:  F.X.Dwi Putranto,frans (8454)    19 tahun yang lalu

 0 

thanks sharingnya