Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  david hermandy (3403)    20 tahun yang lalu

  0 

Selama ini saya menggunakan teknik fixing Kodak, teknik Ilford sepertinya lumayan praktis (singkat) tapi saya masih agak ragu tentang archievalnya. Ada yang punya pengalaman masalah archieval setelah fixing paper dengan teknik Ilford ??

Re: Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  Fajar Widharta (7360)    20 tahun yang lalu

 0 

Pak david, bisa tolong diperjelas maksud teknik fixing kodak dan ilford itu apa ya? yang saya tahu, fixing bisa dengan bermacam macam cairan, bisa pake kodak ataupun ilford, untuk archival biasanya dengan toning. salam

Re: Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  david hermandy (3403)    20 tahun yang lalu

 0 

Kodak ngajarin dengan sistem dua bath dillution normal waktu ditiap bath
identik, tergantung jenis paper dan fixer (rapid atau regular)
Ilford dengan Rapid fixer, dillution pekat (1:4) waktu sangat singkat (1 menit untuk FB, 30 detik untuk RC)
Kodak dengan Rapid fixer biasanya dianjurkan 3-5 menit di tiap bath dengan dillution normal untuk paper. Selama ini saya pake cara kodak karena percaya dengan teori yang sudah 100 tahun.
Keduanya mempunyai teori yang sama-sama kuat, suporter yang sama fanatic dan tidak saling menyalahkan dan juga membenarkan.
Saya agak males sekarang kalo harus menyiapkan 2 tray fixer, kalo untuk RC saya masih berani karena tidak terlalu care dengan archival RC, tapi apa teori Ilford bisa dipertanggung jawabkan pada FB?
Untuk archieval saya pake selenium toner, tapi jika proses fixing salah apa tidak mubazir toningnya?

Re: Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  Fajar Widharta (7360)    20 tahun yang lalu

 0 

Pak David, mohon maaf jika salah..teori kodak mungkin teori yang disebut two bath dillution (yang mana saya belum pernah mencoba, dan ingin sekali suatu waktu)..tentang teori ilford yang menggunakan rapid fixer adalah satu dari cara permanen yang saya pake sampe saat ini. saya selalu pake RC karena ngga pernah ada intent buat pameran foto (jadi lebih hemat daripada FB ), tapi setahu saya, rapid fixer dari ilford ini diciptakan bukan hanya buat RC saja tapi buat FB juga, cuma dengan fixing time yang lebih lama...jadi semustinya ok juga kalo dipakai di fiber base.... Untuk selenium toner, pak david pake dilution berapa ya? apakah varying juga sperti waktunya?! saya berharap bisa belajar banyak dari anda...=)...salam dari Iowa....

Re: Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  david hermandy (3403)    20 tahun yang lalu

 0 

Teori kodak biasanya disebut two bath method, seperti yang dipakai Ansel Adams, two bath method bisa menggunakan rapid fixer maupun regular fixer, teori Ilford (single bath) dianjurkan menggunakan rapid fixer, buat FB rapid fixer memang bisa, yang meragukan adalah teknik Ilford yang single bath karena banyak yang tidak percaya dengan teknik ini. Tentang Selenium toner, saya pake 1:20, yang perlu diperhatikan temperaturnya harus diatas 24 celcius, karena selenium cenderung tidak aktif dibawah 24 celcius. Saya pake FB karena senang dengan hitamnya yang lebih pekat, ditambah selenium DMaxnya bisa bertambah, bahkan bagian yang paling hitam bisa lebih hitam lagi, and warm tone akibat developer bisa menjadi neutral.
Kontroversi tentang kedua teknik ini dibahas dalam buku Ansel Adams: The Print dan Stephen G Anchell: Darkroom Cook Book. Sampai sekarang masih terjadi pro kontra dari masing-masing suporter, makanya saya tanyakan di forum, mungkin ada yang sudah mengetahui akhir dari perang dua raksasa BW ini. salam juga :)

Re: Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  Gladia B. (7718)    20 tahun yang lalu

 0 

mas David,
sedikit di luar topik, kalau anda tertarik dengan BW digital print, bisa melihat cara-caranya disini

Re: Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  Fajar Widharta (7360)    20 tahun yang lalu

 0 

pak David, terima kasih infonya....saya sebenarnya sudah pernah baca buku ansel yang the negative and the print tapi saya belum ada kesempatan untuk praktek two bath dilution. saya sendiri sekarang selalu memakai teknik ilford (yang hanya satu dilution) dan always RC paper, karena saya pikir FB hanya untuk keperluan pameran saja , mungkin anda masih old school dan saya hanyalah orang baru di darkroom (baru sekitar satu tahun =)..dan sayapun sibuk kuliah ), saya berharap bisa belajar banyak dari anda, jikalau ada waktu, bolehkah saya bertanya banyak kepada anda =)?....terima kasih banyak, anda yang bertanya, tetapi saya yang meminta, maaf =)....semoga saya bisa membantu jika saya mengetahui sesuatu yang lain akan saya post disini segera =). salam pak.. p.s. about anchell's book, saya pernah dengar cuma belum pernah baca...saya coba cari nanti.....untuk kak gladia, terima kasih infonya =)

Re: Teknik fixing paper hitam putih

Oleh:  Haryanto R (6495)    17 tahun yang lalu

 0 

ngangkat topik lama,

two bath fixing berguna buat mantepin process archivality kertas2 FIber Base
prosesnya gini (yg saya pake buat kertas FB )
1. developer
2. Stopbath
3. Fixer I (+washing 3 menit)
4. Fixer II(Sodium thiosulfat hypo 240gr in 1 liter distilled water ----> lansung ke Selenium Toning
5. HCA
6. Wash

guna nya fixer kedua untuk membersihan dan mengeliminasi absorb dr sisa2 silver halida ke kertas Fiber yg di reduce di fix I dan masih gentayangan di cairan fix I, karena sifat kertas2 FB yg ada celah2 ga kaya kertas RC (real crap, eh Resin Coated)
adanya sisa2 silver yg masuk ke kertas FB tersebut sangat mengurangi sifat archival print
begitu de kira2