Mengenali lensa yang cocok dudukannya dengan EOS

Oleh: Fransiskus Sasongko, Koko (378)    20 tahun yang lalu

  0 

Misalnya nih... saya mau beli SLR tapi body-nya aja (contoh EOS) Nah yang mau saya tanyakan, gimana mengenali lensa yang cocok dudukannya dengan EOS, kan tidak semua lensa buatan Canon cocok di EOS? Trus, lensa buat kamera digital beda gak sama buat yang non digital? Klo di lensanya ada AF-nya tp di kameranya gak ada AF-nya (dan sebaliknya) bisa dipasang gak? Terima Kasih

Re: Nanya lensa dan dudukannya

Oleh:  Andrian Purnama T.S. (10973)    20 tahun yang lalu

 0 

Dari serinya bisa dikenali mas, buatan Canon untuk EOS itu lensanya seri EF. Manufacturer lain seperti sigma dan tamron selalu menyertakan kode bahwa lensa ini untuk kamera apa. Digital SLR selama ini sama dengan non digital, pengecualian mungkin untuk EFS 18-55 dari Canon yang khusus untuk EOS 300D.

  • Lensa ada AF kamera ga ada AF tergantung, ini biasanya buat Nikon. Kalo eos jelas ga bisa, dudukannya beda. Nikon ada yang beberapa yang bisa ada juga yang "bisa". Maksudnya "bisa" itu, dudukannya sesuai tapi lensa2 tertentu ga ada ring aperturenya, jadi ga ada gunanya.
  • Lensa ga ada AF, kamera ada AF, biasanya ada adapter nya


Gila gue ga ada kerjaan banget nih di kantor hehehehe

Regards
Re: Nanya lensa dan dudukannya

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    20 tahun yang lalu

 0 

Lensa untuk Canon EOS adalah tipe EF
Sedangkan lensa untuk Canon non-EOS (versi sebelum EOS) adalah tipe FD

Re: Nanya lensa dan dudukannya

Oleh: Valentinus Sujono, Gaban (462)    20 tahun yang lalu

 0 

cuman nambah"in aja.. info dari mas adrian maupun mas kristupa, info nya diatas benar semua.. saya juga pakai body eos.. dan sepengetahuan saya.. semua lensa EF bikinan canon bisa dipakai.. mau yg murah kayak kelas consumer sampe yg muaaahaaalllll kayak seri L juga bisa dipakai oleh semua body eos, kecuali yg lensa seri EFS kalo gak salah.. ini seri baru sejak eos 300D keluar.. dan hanya untuk digunakan di eos digital katanya.. tolong di cross-check ya teman".. :D untuk yg seri EF.. entah itu lensa EF yg baru atau lensa EF yg lama.. yg udah discontinue.. selama lensanya EF.. tidak akan ada masalah di semua body EOS.. baik body yg baru maupun body yg lama.. tapi.. jangan main" dengan lensa merek lain selain canon yg katanya dudukannya khusus buat eos.. terutama yg keluaran lama.. tidak semua lensa tersebut kompatibel dengan body eos baru ... katanya bisa bikin mirror nya eos jadi nge-lock ya.. atau ada pesen error gitu..