Aman-kah menggunakan flash light lama ?

Oleh: Hargo Wibowo, HWP (3089)    20 tahun yang lalu

  0 

Hi all,

Baru aja daku dapat pinjeman satu flash light merk Metz type 30B3i (model lama sich, biasanya temenku gunakan di Canon AV-1, isi batre 4 buah), selama ini kalo' motret dengan Canon 88-ku biasanya hanya mempergunakan internal flash light. Pas mau daku coba, teringat bahwa untuk Canon memiliki kaki-kaki lebih dari satu (untuk contact yang besar satu, sisanya ada empat kecil-kecil), nha untuk yang 4 kecil-kecil bisa ditutupin, tetapi apakah voltage-nya aman untuk Canon EOS ? Iseng-iseng daku ukur perbedaan tegangan pada flash light, ternyata menunjukkan 15,6 sampai 16 V DC. Didalam buku panduannya sich ditulis menggunakan Trysistor low voltage. Pertanyaan-ku adalah, apakah aman mempergunakan flash light tersebut ? Ato mungkin rekan-rekan pernah make' model seperti ini di EOS dan gimana cara ngakalinnya ? Thank's untuk sharing-nya.

salam,
Hargo W P

Re: Aman-kah menggunakan flash light lama ?

Oleh:  Andrian Purnama T.S. (10973)    20 tahun yang lalu

 0 

Ada alat untuk safe voltagenya. Setahu saya sih tegangan canon itu 6v jadi jangan pake flash canon di tempat lain. Sebaliknya sih ga apa apa. Saya pake vivitar 283 dengan hasil yang sangat memuaskan di EOS Elan 7 saya

Re: Aman-kah menggunakan flash light lama ?

Oleh: Hargo Wibowo, HWP (3089)    20 tahun yang lalu

 0 

Mas Andrian,

Memang sich so far yang saya tahu Canon memang cuman toleran dengan 6 V, cuman seandainya kita nggak punya safe voltage-nya, apakah ada efek yang langsung terlihat apabila dipaksakan untuk menggunakan flash tsb. ? Karena katanya untuk compliance ISO apa gitu (lupa namanya) seharusnya bisa toleransi sampe' 24 V. Anyway, apakah ada yang udah nyobain tanpa safe voltage dan apa hasilnya ? Ato .. boleh tahu berapa harga safe voltage tersebut ? Thank's u/ sharingnya.

salam,

Hargo W P