Gimana ngembangin "penglihatan" dan "pre-visualisasi"

Oleh: M Riza Hidayat (424)    20 tahun yang lalu

  0 

rekan2...dari sekian banyak pertanyaan di forum ini, koq saya belom liat ada pertanyaan di luar soal2 teknis ya ?? atau saya terlewat ? :D Selama ini saya merasa masih belum mampu untuk "membuat" imaji,hanya "merekam".Kurang kreatif? Bisa jadi.....Maka dari itu saya "ngelmu" di FN :D Saya butuh masukan nih,dan saya yakin juga banyak rekan2 yang memerlukan "ilmu melihat" ini... dan saya juga yakin banyak rekan2 FN yang bisa membantu kami2 yg masih junior ini :D... Makasih sebelumnya......

Re: Gimana ngembangin "penglihatan" dan "pre-visualisasi"

Oleh: Ronny DM (74)    20 tahun yang lalu

 0 

sebelumnya saya mau ngelurusin sebenarnya dalam fotografi itu yang penting adalah MERASAKAN melalui indra penglihatan. Semua orang yang indra penglihatannya normal pastiii bisa melihat. Tapi hanya otak kanan yg bisa merasakan keindahan. dan itu bisa dilatih, yg paling gampang "see and learn" apa yg telah dibuat oleh fotografer2 handal.Gampangnya,coba perhatiin majalah national geographic. Liat2 fotonya jgn sekedar dilihat tapi dianalisa mengapa itu bisa menarik, mengapa warnanya bisa vivid,mengapa komposisinya bisa bagus. Dan yg paling penting mulai upload foto di FN..................... Ntar biar dikritik fotonya........................upload ya:)

Re: Gimana ngembangin "penglihatan" dan "pre-visualisasi"

Oleh:  Andrian Purnama T.S. (10973)    20 tahun yang lalu

 0 

Klao menurut majalah ..... cari bentuk ... cari pola ... cari cahaya ... jangan lihat objek ... cari pengulangan ...

Re: Gimana ngembangin "penglihatan" dan "pre-visualisasi"

Oleh:  Mira TJ (4738)    20 tahun yang lalu

 0 

Aku sebenarnya ngga berani nulis ini...foto-fotoku cuma sedikit dan nilainya juga biasa-biasa aja di sini. Tapi bakal penasaran terus kalo ngga nulis ini, topiknya bagus sekali sih.

Think outside the box!

Mulai dengan memperhatikan segala bentuk-bentuk di sekeliling kita. Saat menulis ini aku lagi melototin bulu kucing angora yang tersangkut di dedaunan tanaman pot, melambai ditiup angin. Aku juga melihat daun di tanaman gantung yang berjuntai-juntai ke bawah seakan-akan memanggil....heiiii pemandangan dari atas sini asik looooo. Aku melihat tanaman pot di depan cermin besar....lucu juga pengulangan pot-pot itu di kaca. Apalagi ya? Ada graphic art kerang di dinding, lalu ada refleksi kerai jendela pada kaca yang menutupi bingkai gambar kerang tersebut, membentuk pola yang menarik.

Mulai memperhatikan bagaimana cahaya melukis barang2 di sekitar kita. Coba taruh diffuser (selembar kertas putih) diantara sumber cahaya (matahari) dan benda yang kita lihat, lalu lihat perubahan cahaya yang jatuh pada benda tersebut. Coba perhatikan wajah manusia sewaktu matahari bersinar jam 10, jam 12, jam 2, jam 4, pas mendung, atau pas matahari kuning di sore hari. Bagaimanakah warna cahaya yang menarik?

Banyak-banyak melihat foto. Foto iklan di majalah. Fotografi pada film-film TV dan bioskop. Foto-foto di FN. Foto-foto di puluhan (mungkin ratusan atau ribuan) website serupa FN di dunia virtual. Majalah-majalah yang mendewakan foto seperti National Geographic, Fotomedia, Asian Diver dan masih banyak lagi. Buka-buka buku masakan....mengapa foto-foto di sana begitu menggiurkan? Perhatikan foto-foto yang telah dibuat orang-orang, pasti ada suatu pengulangan di sana. Perhatikan apa yang sama, apa yang berbeda, dan kira2 bagaimana membuat foto-foto tersebut.

Bacalah warna pada desain-desain. Desain apa saja. Mau lukisan, mau interior design, handicraft, bungkus permen....frankly, just about anything in the world. Paduan warna yang bagaimana yang menarik hati. Paduan warna yang bagaimana yang membuat hati marah. Jangan menghakimi itu jelek atau itu bagus. Pelajari saja efeknya pada diri kita.

Aku suka ilmu-ilmu Cina seperti ilmu membaca wajah dan ilmu Feng Shui. Apa hubungannya dengan fotografi? Ngga tau juga, hihihi. Tapi dengan mempelajari wajah-wajah manusia, kita dengan sendirinya mempelajari portraiture. Aku salut dengan portraitist yang bisa menangkap sisi keindahan dari seseorang meskipun sebenarnya orang tersebut biasa-biasa saja.

Owwww...kalau dihitung-hitung...rasanya tak terhitung hal yang bisa kita pelajari untuk menambah kreatifitas kita dalam fotografi. Tinggal kitanya saja...bisa mengarahkan pikiran kita ke situ, atau terbelenggu dalam aturan-aturan semu yang dibisik-bisikkan orang lain.

Re: Gimana ngembangin "penglihatan" dan "pre-visualisasi"

Oleh:  rahadea bhaswara (3590)    20 tahun yang lalu

 0 

:D sebuah pencerahan dari kak mira!

Re: Gimana ngembangin "penglihatan" dan "pre-visualisasi"

Oleh:  Bambang Suroyo (3167)    20 tahun yang lalu

 0 

Kantor saya kebetulan mengadakan leadership training/workshop selama seminggu di Bangkok sekitar 2 bulan lalu, dan salahsatu materi yang dibahas disana adalah bagaimana seseorang bisa menjadi kreatif. Contoh yang diambil adalah seorang fotografer (Dewitt Jones, terkenal karena foto2 outdoor/landscapenya). Berikut ini saya kutipkan ringkasan materi mengenai kreativitas dari Dewitt Jones tersebut:

1. Creativity is the ability to look at the ordinary and see the extraordinary
2. Every act can be a creative one
3. Creativity is a matter of perspective
4. There's always more than one right answer
5. Re-frame problems into opportunities
6. Do NOT be afraid of mistakes
7. Break the pattern
8. Train (and perfect) your technique
9. You've got to really care (even better, to love doing it)

salam,,, Bambang.