Manipulasi DX Code Film

Oleh:  Adrian A. (8991)    20 tahun yang lalu

  0 

Untuk kamera-kamera dengan kode DX otomatis, tentunya sulit untuk mem-push film karena tidak ada pengatur ASA manual.

Saya sering diberitahu untuk mengakalinya dengan cara memanipulasi kode DX pada film yang akan kita pasang. Yakni dengan mengubah bentuk bar-bar kode yang ada di tabung film, dengan cara mengerik atau menutupi kode-kode tersebut menjadi sesuai keinginan kita.

1. Mungkin teman-teman ada yang punya referensi kode-kode film (bentuk-bentuk bar kode film) untuk ASA-ASA yang umum ada di pasaran. (atau link internet yang memuat informasi tentang ini).

2. Kira-kira untuk menutupinya menggunakan apa? Apakah spidol bisa?

Mudah-mudahan pertanyaan saya cukup jelas.

Terima kasih.

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh:  Heri C., Winale (5653)    20 tahun yang lalu

 0 

Kupas bar code ISO 200, 400, 800 dlsb dan tempelkan ke catridge film ISO 100, bisa nggak? Maap, ini cuma saran yg kepikir sekilas saja.

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh: kenny wijaya (337)    20 tahun yang lalu

 0 

di kerik yg ingin di sentuhkan dg konektor terus yg bagian yg harus di tutup, pake solatip tipis aja kali

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh:  Adrian A. (8991)    20 tahun yang lalu

 0 

Thanks friends. Thanks anyway.

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh: gunawan widjaja (413)    20 tahun yang lalu

 0 

untuk dx code bisa dilihat di url ini http://www.bef.com/dxcodes.htm untuk manipulasinya bisa dengan menggunakan stiker lalu gunakan spidol hitam untuk gambar kodenya..

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh: Fathur H. (628)    20 tahun yang lalu

 0 

gue pernah nyoba caranya : kebetulan pernah beli isolasi aluminium yg biasanya suka dijual buat tambal panci bolong, waktu itu beli di toko material atau di kerfur juga ada, lumayan tipis dan sangat kuat daya rekatnya. kemudian dgn bantuan penggaris saya ukur dimensi kode DX dari kode DX yg lain, saya gambar dan kemudian saya tempel. keunggulan dari menggunakan isolasi aluminium ini daya rekatnya, ketipisannya dan mudah digambar pakai spidol artline-70 dan mirip dengan warna dasar canister (silver). kalau mau pakai lagi tinggal copot dan pasang lagi....sampai daya rekatnya berkurang.

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh:  Adrian A. (8991)    20 tahun yang lalu

 0 

Excellent! Nice to have you guys around!
Masih belum ngerti sih bacanya. Tapi akan saya pelajari.
Thanks banget yah...

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh: Hendra Soebali Warsono (553)    20 tahun yang lalu

 0 

rasanya saya pernah liat ada yg jual stiker khusus utk barcode ISO deh, jadi tinggal ditempel (ditiban) aja di cartridge filmnya. tapi sayangnya saya lupa dimana dan apanya. nanti kalau ketemu saya kasih tau lagi deh.

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh: M Riza Hidayat (424)    20 tahun yang lalu

 0 

kalo tujuannya cuma untuk ngerubah ASA di kamera SLR, kenapa gak coba pake fasilitas kompensasi ? mis. film ASA 100 mau dipush ke 400.pake aja kompensasi -2...sama aja kan ? hehe

Re: Manipulasi DX Code Film

Oleh: Valentinus Sujono, Gaban (462)    20 tahun yang lalu

 0 

kalau ada yg punya barcode scanner (pinjem di supermarket.. :D) coba DX code nya di scan dulu, trus kita lihat nilai nya berapa ? kita catat nilai ASA 100, 200 dan sebagainya. trus cari program di internet yg namanya Bartender, gunanya buat mencetak barcode, diprogram ini kita masukkan saja nilai ASA yg sudah kita catat tadi dan di print dgn laser printer, jadi deh code DX nya.. tinggal di tempel ke canister film.. selamat mencoba.. :D