Bagaimana cara cuci film color?

Oleh: nency wulandari (176)    20 tahun yang lalu

  0 

Dear anggota FN Saya berencana bikin studio sangat sederhana di kampung saya, tetapi saya buta sama sekali tentang cuci cetak (biasaya semua foto diserahkan ke lab). Kalau CC BW sudah banyak masukan dari pakar-pakar di Forum kayak Dominukus BW dll. Yang ingin saya tanyakan:
1. Bagaimanakah mencuci negatif warna (kalo cetak jelas memerlukan biaya yang amat besar) dan lebih menguntungkan mana di Cuci Sendiri kemudian di cetakkan di Lab atau diserahkan di lab semua, seandainya satu hari hanya dapat order 3-5 frame ukuran 4R.
2. Alat untuk mencetak film BW (pas foto) katanya bisa dibikin sendiri dengan biaya yang relatif murah (seperti afdruk foto kaki lima dipinggir jalan). Sementara ini dulu, mohon bantuan.

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh:  Goenadi Haryanto (69924)    20 tahun yang lalu

 0 

Mencuci film warna sama saja denga mencuci BW, cuma larutan kimianya berbeda. Selain itu kontrol temperatur harus teliti sekali, dan larutan kimianya cepat kadaluwarsa. Dengan jumlah order yang Anda sampaikan, saya kita tidak akan feasible. Lebih baik Anda mengageni lab saja, biasanya mereka punya sales yang mengambil dan mengirimkan order.
Alat cetak BW, bisa dibuat sendiri, tetapi ribet pengerjaannya, apalagi kalau negatifnya kecil dan mau dibesarkan. Sebaiknya beli enlarger bekas yang sederhana.

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh: Beawiharta (2161)    20 tahun yang lalu

 0 

Kalo yg biasa saya lakukan di kantor, cuci film warna sama dg hitam putih, obatnya saja yg beda. Tapi mungkin ada cara lain... aku gak tahu... Di kantor ada obatnya (masih banyak) kalo tertarik kirim saja alamat ke emailku, nanti aku kirim. Kalo mau....

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh:  Raiyani Muharramah (67293)    20 tahun yang lalu

 0 

pengen belajar cuci cetak warna nih, siapa ya yang mau ajarin aku?

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh:  Feri Latief (10508)    20 tahun yang lalu

 0 

Saya sendiri nggak bisa tapi kalau mau saya ajarin ya nggak apa-apa. Tapi rada ngaco mau?

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh:  M. Akbar Nurpatria (11621)    20 tahun yang lalu

 0 

Mbak Raiyani, Kebetulan saya proses dan cetak photo2 sendiri. Terutama BW (proses dan cetak) dan proses E-6.
Utk Color, saya juga kebetulan bisa tapi saya belum ketemu chemical yg KIT. Kalo ada member FN yg tau dimana saya bisa beli chemical warna KIT (C-41 dan RA-4), saya mau dong infonya (biar sekalian bisa ajarin mbak Raiyani :P). Inter Delta jual tapi buka kit tapi jumlah besar. Prima Color ada juga.
Kalo tertarik, silahkan mbak main2 ke tempat saya. Alamat saya sekretariat IndoNikon, jl. Pulo Asem Utara Raya No. 1. Jati. Jakarta-Timur. Telp: 021-489-3930.

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh:  Hasbi Azhar (1832)    20 tahun yang lalu

 0 

wah... aku juga mau belajar :)

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh:  Rakhmat eRBe Budi (11754)    20 tahun yang lalu

 0 

cuci film color sih gue gak tau. tapi kalau cuci color, nah gue tau, direndem aja di ember pake rinso :D

Re: Bagaimana cara cuci film color?

Oleh: Agus M. Isnaini (255)    20 tahun yang lalu

 0 

mas gun bilang alat cetak bw bisa sendiri di buat sendiri, klo boleh tau gimana donk cara bikinnya..mas? saya pemula dan tertarik pada bw dan cc sendiri cuman sekarang lagi binggung buat alatnya. makasih