Scanning slide..biar tajam

Oleh:  Raiyani Muharramah (67293)    20 tahun yang lalu

  0 

gimana yah...scanning slide biar hasilnya setajam gambar aslinya??, bisakah di bantu dengan pake filter sharp???..mohon masukan scanner saya umax astra FS180, maakasih

Re: Scanning slide..biar tajam

Oleh:  Hasbi Azhar (1832)    20 tahun yang lalu

 0 

Kebiasaanku kalau scan slide/negatif dengan memperbesar 300-500% dari ukuran asli. Resolusi juga kunaikkan hingga 500 dpi (kalau 300 dpi terkadang tdk maksimal) tergantung scanner... Satu hal yang hrs diperhatikan, scanner hrs bersih dari debu atau kotoran lain, demikian juga dgn slide/negatif hrs benar2 bersih. Karena pembesaran debu akan terlihat jelas dan lebih besar (terutama serat). kalau slide/negatifnya kotor dan tdk ckp dgn menyeka pakai jari, biasanya saya akan mencucinya dengan air lalu dikeringkan (tdk dijemur/dgn suhu panas). sebaiknya tdk mencucinya dgn air pam krn sering meninggalkan bercak2 putih spt kapur. Sayang, saya tdk pernah menggunakan filter sharp dan juga scanner seperti mbak punya... :)

Re: Scanning slide..biar tajam

Oleh:  Dammer Hermawan Saragih (17797)    20 tahun yang lalu

 0 

Saya gak pernah pake scanner spt yg mbak punya. Tapi kalo misalkan softwarenya ada fasilitas unsharp mask mungkin bisa dipakai ato gak bisa dilakukan di photoshop karena salah satu filter standard PS ada. Tapi prosedur standar yang biasa saya pake sih diperbesar sekian persen dr ukuran aslinya kemudian save as tiff dengan resolusi minimal 300 dpi. baru kemudian bahan mentah berbentuk tiff tersebut di touch up. Ketajaman hasil scan slide/negatif/reflective itu banyak ditentukan dari focus scanner yang anda pakai. banyak scanner yg focusnya "lari" setelah sekian kali dipakai. utk itu penyimpanan scanner harus hati2 karena sensitif sekali dengan debu.

Re: Scanning slide..biar tajam

Oleh:  Edgar Manik (625)    20 tahun yang lalu

 0 

Cuma nambah2in komentar berguna yang udah diberikan rekan di atas.

Hasil scanning pastilah tak terlalu tajam, walaupun detil keluar semua (hasil pengalaman dengan nikon scanner). Tahap berikut setelah scan adalah USM (UnSharp Mask), jangan pake Sharpen, karena grain2 ntar akan ikut tajam juga.

Re: Scanning slide..biar tajam

Oleh:  Johntefon (2703)    20 tahun yang lalu

 0 

Kualitas hasil scanning dari cetakan, negative maupun slide sangat tergantung mutu scanner. Scanner film yang cukup baik saat ini ialah Kodak HR500. harganyapun cukup OK. (sekitar setengah em) Masalah ketajaman yang menurun juga karena andil dari mutu scanner itu sendiri. Tidak ada software yang dapat menajamkan foto yang memang dari sononya gak tajam. Filter Unsharp Mask pada Adobe Photoshop menajamkan gambar dengan mengontraskan pada tone tertentu sehingga memberi kesan tajam. Jalan satu-satunya untuk mendapatkan hasil scan yang bagus tanpa harus membeli scanner yang mahal ialah memakai jasa dari pemilik scanner yang biasanya dimiliki oleh lab besar seperti Ekta, Standard Foto, Gembira Foto bandung atau Agatha Jogja.

Re: Scanning slide..biar tajam

Oleh:  Raiyani Muharramah (67293)    20 tahun yang lalu

 0 

makasih bung tefon..nanti saya cobain di standart foto:)