Gimana caranya supaya warna hijau daun tidak terlalu hijau

Oleh:  Willy Sutrisno (1031)    20 tahun yang lalu

  0 

Saya punya pertanyaan (lihat subject), dari dulu saya selalu penasaran kenapa kalau ambil tanaman sebagai object akan selalu kelihatan terlalu hijau. Adakah caranya supaya object itu tidak terlalu hijau, mungkin memakai filter atau setting kamera yang perlu diubah gitu? Dengan catatan, objek diambil sewaktu sinar matahari terang benderang. Karena hijaunya daun selalu membuat object yang lebih penting kalah fokus. Sebagai contoh gambar yang saya attach di thread ini, disana terlihat kupu-kupu kalah dibanding sama hijaunya daun. Dan setelah diedit memakai PS, hasilnya jauh lebih enak dipandang mata. Di PS saya edit warna daun, dan sedikit di blur kan. terima kasih atas tanggapannya

Re: Gimana caranya supaya warna hijau daun tidak terlalu hijau

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    20 tahun yang lalu

 0 

Bisa minta data teknisnya, Bung?

Menurut saya, yang menjadi masalah Anda sebenarnya adalah point-of-interest. Karena, Anda katakan, bagaimana supaya obyek utama tidak "kalah" oleh hijaunya dedaunan.

Saran saya, pakailah lensa macro atau tele panjang dengan bukaan diafragma lebar supaya bisa membuat depth of field sempit. Dengan begini, Anda bisa secara fotografis meng-"isolasi" obyek utama Anda agar tidak "kalah" dengan dedaunan. Atau, bisa juga mengambil beberapa angle alternatif, misalnya dari samping, tidak dari atas seperti pada contoh foto yang Anda lampirkan.

Semoga membantu...

Re: Gimana caranya supaya warna hijau daun tidak terlalu hijau

Oleh:  Dandy Zulkarnain, Penjahat (29816)    20 tahun yang lalu

 0 

Selain point Mas Kris, mungkin saya bisa sharing juga. Film itu karakternya beda beda. Misalnya utk negatif color, Kodak akan lebih warm dibandingkan yg lain, Fuji akan lebih bernuansa hijau dibanding yg lain. Mungkin anda pakai Fuji Negatif color. Kedua jatuhnya sinar matahari. Bila daun langsung kena matahari dan daun tersebut lebih bersifat 'hot color' dibanding subject, ditambah subject tdk tertimpa sinar secara langsung juga bisa membuat daun dominant dr subject. Akhirnya timing, angle, dan sudut datangnya sinar sangat menentukan hasil.

Re: Gimana caranya supaya warna hijau daun tidak terlalu hijau

Oleh:  Goenadi Haryanto (69924)    20 tahun yang lalu

 0 

Setuju dengan mas Kristupa. Pada tahap capture, Anda perlu mengatur komposisi supaya kupu2 nya tampil lebih menonjol dibandingkan daunnya. Pada tahap post capture, solusinya banyak sekali. Bisa di "color balance, bisa di hue dan saturation, bisa menggunakan seleksi. Tinggal pilih.

Re: Gimana caranya supaya warna hijau daun tidak terlalu hijau

Oleh:  Willy Sutrisno (1031)    20 tahun yang lalu

 0 

Kesimpulan yang bisa saya tarik, saya harus mengambil angle yang tepat buat mengisolasi kupu-kupu ini. Tetapi kalau angle yang saya bisa dapati hanya angle seperti ini, berarti yang harus saya utak atik adalah DOF-nya gitu?

Maaf data teknis tidak dimasukin sebab saya upload photonya dari kantor, dan photo asli ada di komp rumah. Nanti pas saya pulang saya update lagi yah. Buat bung Dandi, saya menggunakan kamera digital. Jadi masalah film saya rasa tidak ada hubungannya. Thanks for the info anyway.

Pertanyaan saya persempit deh, kalau seandainya saya ingin warna daunnya tidak terlalu hijau, kira-kira apa yang harus saya lakukan? cheers....