Sebenernya foto BW yang bagus itu kayak apa sih?

Oleh:  Antonius Wahyu S (4423)    20 tahun yang lalu

  0 

Saya sering menggunakan film bw dari yang ilford sampai kodak tapi hasilnya datar-datar aja apa karena prosesnya atau karena kurang komunikasi sama orang lab, jadi tergantung permintaan. Tolong dong pak Goen!

Re: Sebenernya foto BW yang bagus itu kayak apa sih?

Oleh:  Dandy Zulkarnain, Penjahat (29816)    20 tahun yang lalu

 0 

Beda color dan BW apa... Proses creatifitas BW berlanjut sejak konsep, proses pemotretan, cuci dan lanjut ke cetak. Namun Color hanya terbatas di konsep, proses pemotretan dan cuci. Apalagi slide. Sehingga bila kita mau main BW dgn kepuasan prima, kita harus menguasai a - z prosesnya. Tdk bisa kita serahkan ke orang lain

Re: Sebenernya foto BW yang bagus itu kayak apa sih?

Oleh:  Mira TJ (4738)    20 tahun yang lalu

 0 

Coba pakai filter merah untuk mempertinggi kontras. Agak bikin gemes memang kalau mempergunakan service dari lab, kita ngga punya kontrol sama sekali dengan hasilnya. Paling2, dicetak contact print, trus berbekal contact print itu kita minta exposure-nya diperlama (lebih gelap) atau dipersingkat (lebih terang).

Re: Sebenernya foto BW yang bagus itu kayak apa sih?

Oleh:  Goenadi Haryanto (69924)    20 tahun yang lalu

 0 

Fotografi B&W sangat asyik untuk dimainkan. Karena itu sebaiknya dilakukan proses sendiri, minimal sampai menghasilkan negarifnya. Meskipun saya sudah belajar memprosesnya sejak tahun 1959, tetapi kalau mengganti film atau larutan pengembang (developer), saya selalu membuat "test process", untuk mengetahui dan mendapatkan rentang kontrasnya. Kalau Anda tinggal di Jakarta, saya bersedia memberikan bimbingan secara tatap muka,.... gratis !!!. Soalnya agak repot untuk dituliskan. Sebagai panduan, silakan baca artikel rekan Iswanto, di majalah FOTOmedia, terbitan April dan Mei 2003. Maaf baru dibahas, karena baru kembali dari Jogya kemarin malam, lalu mengejar hal2 yang tertunda, pagi dan sore ini. Lihat juga penjelasan saya di: http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.asp?id=4455

Re: Sebenernya foto BW yang bagus itu kayak apa sih?

Oleh:  Antonius Wahyu S (4423)    20 tahun yang lalu

 0 

Trima kasih pak Goen... sebenernya saya sering lihat pak Goen di redaksi foto media, pada kesempatan itu saya ingin bertanya tapi kayaknya kok kurang tepat situasinya... sekali lagi trima kasih, juga buat mas Dandi dan mbak apa mas nih Mira pokoknya trima kasih.