mencuci & mencetak film B&W

Oleh: Hecktor setiabudi (133)    20 tahun yang lalu

  0 

Hallo semuanya, saya pecinta B&W tapi ironisnya tidak bisa mencetak foto item putih, tapi pernah develop film cuman dasarnya saja, ada tidak yang bisa memberikan web site tentang develop filem item putih kalau ada yang ada gambarnya jadi dapat dimengerti, juga dapat belajar bagi para anggota di forgrafer.net ini

Re: mencuci & mencetak film B&W

Oleh:  Azwar Hadi Kusuma, AHK (18573)    20 tahun yang lalu

 0 

Coba deh ke website ini:
Guide to Black and White Photography
http://www.ubmail.ubalt.edu/~dhaynes/photo/bwhite.htm#Composition
Mudah2an berguna...
Salam.

Re: mencuci & mencetak film B&W

Oleh:  Dominikus BW (37242)    20 tahun yang lalu

 0 

kalo untuk film B&W memang lebih baik anda memproses sendiri, sehingga anda tahu kekurangan atau kesalahan anda yang nantinya anda pasti bisa memperbaikinya, yang paling penting adalah anda harus mejaga "ritme" anda pribadi dlm memproses film B&W dari cara agitasi, developing time maupun proces finishing, jika anda sudah dapat menghasilkan negative yang baik, pertahankan "ritme" itu. Sering2 melakukan latihan dan percobaan dalam memproses film B&W serta telusuri dan pelajari satu2 urutan latihan dan percobaan yang anda telah lakukan itu... "practise make better..." saya ada file Ilford, kalo mau saya kirimin?

Re: mencuci & mencetak film B&W

Oleh:  Goenadi Haryanto (69924)    20 tahun yang lalu

 0 

Rekan Dominikus betul sekali, foto hitam putih pada tahapan tertentu (foto indah, seni, fine art), sebaiknya diproses sendiri, karena outputnya akan merupakan "sidik jari Anda". Perhatikan saja foto2 H/P yang diproses di Jakarta, akan sangat kentara, lab mana yang memprosesnya. Kalau yang diproses pribadi, biasanya punya nuansa yang khas.