Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh: Andy Prasetio (1229)    21 tahun yang lalu

  0 

Halo semua, kan Nikon udah mengeluarkan Lensa baru yang khusus untuk camera D class. karena di buat sesuai dengan spesifikasi baru ( view angle yang hanya buat ukuran sensor CCDnya ). apa ada yang udah pernah pakai lensa ini ? bisa di pakai di kamera biasa ?

Re: Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh:  Goenadi Haryanto (69924)    21 tahun yang lalu

 0 

informasi ada di: http://www.nikon-image.com/eng/news/index.html

Re: Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh:  Edgar Manik (625)    21 tahun yang lalu

 0 

Jawabannya, lensa itu belum ada disini, dan tidak bisa dipake di kamera biasa, karena image circle-nya memang disesuaikan dengan ukuran sensor digital seri D. Kalau dipake di kamera film, pasti vignette bo' :)

Re: Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    21 tahun yang lalu

 0 

Maksudnya lensa 12-14 mm ? Kalau dipakai di kamera biasa, jelas vigneting......Dan dengan keluarnya lensa itu, berarti Nikon belum akan merilis kamera D yang CCDnya (atau CMOSnya) seukuran 24 x 36 mm seperti yang sudah dilakukan Canon. Jelas dia akan menghabiskan dulu lensa 12-14 ini kan ?

Lensa tipe DX

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    21 tahun yang lalu

 0 

Lebih tepatnya, lensa Nikon khusus untuk kamera digital adalah lensa DX.

Nanti rancu sama lensa tipe D, yang dipakai untuk mengoptimalkan sistem 3D Matrix Metering milik Nikon.

Flash Nikon yang khusus untuk kamera digital juga pakai embel-embel DX.

Re: Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh:  Rendra Kartadinata (19382)    21 tahun yang lalu

 0 

Saya mengamati, Nikon mengalami kesulitan dalam mengembangkan produk kamera digital SLR karena mereka tidak memiliki pabrik sensor CCD/CMOS sendiri. Dengan ukuran sensor yang membesar, otomatis noise semakin besar. Ini yang jadi tantangan untuk engineer Nikon memproduksi full frame D-SLR (perhatikan ISO range dari setiap kamera Nikon)
Jadi, dengan dirilisnya 12-24 mm yang khusus untuk kamera D-SLR Nikon yg memiliki FOV 1.5x (D100, D1), saya kira Nikon masih belum merilis full frame D-SLR dalam waktu dekat seperti halnya Canon EOS-1Ds atau Kodak 14N. Memang ini mengorbankan kompatibilitas antara body film dan digital seperti yang sudah diulas oleh rekan-rekan sebelumnya
Saya sendiri tidak tahu bagaimana hasilnya memakai lensa 12-24 mm itu kepada Kodak 14N (full frame) yang memiliki dudukan lensa Nikon. (Totally vignet ? ) :((
Saran saya, selama masih memiliki body Nikon AF film, investasikan dana mas Andy untuk lensa yang kompatibel dengan body film (G series). Jangan yang khusus spesifik seperti 12-24 mm.

Re: Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh: Andy Prasetio (1229)    21 tahun yang lalu

 0 

yupe....itu sih yang saya baca, jadi pengertian saya bahwa Nikon bakalan menggunakan ukuran sensor CCDnya di beberapa tahun yang akan datang. padahal saya sih mengharapkan kalau nikon mau memperbesar ukuran CCDnya. mereka bilang sih lensa type ini bisa mengoptimalkan kemampuannya. lebih ringan juga. padahal kalau dipikir2, mendingan mengoptimalkan CCDnya dulu.

Re: Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh:  Rendra Kartadinata (19382)    21 tahun yang lalu

 0 

Setuju ! Jadi investasi lensa kita nggak sia-sia.. Kebanyakan fotografer kan mempertimbangkan juga berapa besar investasi kita di peralatan moto kan? Makanya mengapa Nikon banyak dipilih para fotografer.
Cuma untuk investasi di Nikon digital, kita kudu sedikit hati-hati karena adanya ketidak kompatibelan dengan body Nikon film. Menurut saya, lensa 12-24 ini hanya salah satu contoh 'blunder' Nikon yang menghancurkan mitos 'kompatibilitas sepanjang masanya' Nikon SLR.

Re: Lensa buat kamera digital Nikon

Oleh: Andy Prasetio (1229)    21 tahun yang lalu

 0 

mm... memang sayang sih, kalau dipikir2 mungkin ini langkah Nikon untuk menjangkau semua konsumen. Image Circle yang lebih kecil tentu saja harganya lebih murah. mmmmmm coba kalau Nikon memperbesar CCD seukuran Film 135, dengan resolusi 25Mp. wah wah...dah gak ada matinya..hehe...