Modelling Flash

Oleh: Ihsan Nurdin (765)    21 tahun yang lalu

  0 

Salam, Rekan sekalian saya pendatang baru adn pemula sekali:). Saya ingin iformasi mengenai modelling flash, salah satu feature flash pada flash kelas pro barangkali(Minolta5400HS). Saya ingin tahu bagai mana cara menggunakannya terus nanti hasilnya seperti apa, kalau ada gambar contoh hasilnya juga boleh... Terimakasih bagi yang mau sharing.

Re: Modelling Flash

Oleh:  Bambang Indrayoto (2642)    21 tahun yang lalu

 0 

Saya tahu modelling lightnya Metz 70MZ5. Mungkin sama dengan modelling flashnya Minolta 5400HS.

  • Cara menggunakannya : ada tombol yang harus ditekan supaya modelling lightnya - nyala. Bisa dilihat di manualnya. Masing-masing brand tentunya berbeda.
  • Hasilnya : flash akan nyala secara terus menerus selama selang waktu tertentu secara intermiten (ini bahasa indo-nya opo yo ?). Seperti strobo dengan frekuensi tertentu.
  • Gunanya kalau nggak salah salah satunya adalah untuk melihat bayangan shadow yang terbentuk di subject atau di belakang subject seperti apa. Semacam simulasi flash sebelum pengambilan foto yang sebenarnya dilakukan. Jadi bukan untuk pengambilan foto.
Kalau mau ambil gambarnya, harus pakai fasilitas strobo. Di strobo ini biasanya bisa diset berapa kali nyala dan frekuensinya berapa kali nyala per detik. Sama sekali nggak berguna kalau subject yang difoto diam. Berguna untuk foto kreatif untuk subject yang bergerak, biasanya latar belakangnya dipilih yang rada gelap supaya tidak overexposed, karena pengambilan strobo perlu shutter speed yang agak lama.
Semoga membantu. Salam,