focus

Oleh:  Kusuma Adi Ningrat (13289)    21 tahun yang lalu

  0 

Saya baru punya kamera pertama, canon photoshot s45 (digital). Sebagai pemula, saya punya pertanyaan tentang teknis dalam hal potret memotret. Sering saya melihat, foto yang menampakkan objek utama sangat jelas, tapi backgroundnya sangat blur. Kemudian saya berusaha membuat foto semacam itu dengan kamera saya yang tadi. Tapi, backgroundnya masih keliatan jelas, walaupun sudah blur. Nah, mungkin para fotografer yang berpengalaman bisa membantu saya dengan teknisnya. Atau memang kemampuan kamera saya yang terbatas. Makasih

Re: focus

Oleh: Budi Darmawan (127)    21 tahun yang lalu

 0 

Coba set kamera anda ke AP (aperture priority), pilih aperture yang paling lebar (semakin kecil semakin lebar), coba cari lokasi dengan latar belakang yang agak jauh dari penempatan obyek, kemudian dekatkan kamera anda ke objek sedekat mungkin (sesuai dengan batas lensa kamera anda) kemudian shoot. Kalau masih tidak bisa juga mungkin aperture anda tidak cukup lebar atau mungkin ada trik lain yang saya tidak ketahui.

Re: focus

Oleh:  F.N Terryan, TERRY (6211)    21 tahun yang lalu

 0 

Halo bung Adi, Kelihatannya kita (Saya sendiri pake G2..) masalah yg sama dengan kamera digital (consumer/prosumer level, not dSLR): too MUCH DOF! Saya pernah baca kalau kamera2 digital kelas prosumer itu punya DOF(ruang tajam) 5x lebih luas/dalam dari SLR/dSLR.. Jadi memang sulit sekali mencapai background blur sempurna.. Barangkali bung Adi sudah tahu, tapi hal2 berikut bisa membantu: 1. Atur bukaan sebesar2nya (kalo gak salah di s45 itu f/2.0) 2. Maksimalkan zoom telephoto 3. Minimalkan jarak fotografer dengan obyek 4. Maksimalkan jarak obyek dengan background 5. Setelah 1-4, gunakan Manual Focussing, kamera digital prosumer terkenal kurang oke AF-nya, apalagi kalo cahaya atau kontras-nya kurang.. bisa2 semuanya blur! :) 6. Gunakan tambahan lensa Teleconverter atau CloseUp filter, nah ini baru berasa! :) Cuma buat nambah filter/lensa di s45 musti pake lensa adaptor tuch.. Hope that helps..

Re: focus

Oleh: Boy Avianto (369)    21 tahun yang lalu

 0 

S45 punya bukaan rana maksimal f/2.8 untuk maksimum W dan f/4.9 untuk maksimum T. Jadi kalau memang mau backgroundnya blur coba aja di set Macro Mode-nya ON dengan maksimum W (jarak minimumnya 10 cm dari objek). Intinya sih seperti kata bung Terryan, maksimumkan bukaan rananya.
Cara lain? Use Photoshop... =)

Re: focus

Oleh: Ary Tri Prasetyo (940)    20 tahun yang lalu

 0 

kamera s45 ada aperture priority settings... kecepatannya otomatis sudah diatur kamera utk hasil terbaik ... bukaannya maksimal f/2.8 dan kalau full manual settings jangan lupa speed nya jg disesuaikan dgn bukaannya.... nanti gelap loh... :)

Re: focus

Oleh:  Ruzi Kosasih (46018)    20 tahun yang lalu

 0 

Secara teori umum bila kita pake bukaan terbesar mis : 1.8 atau 2.8 maka otomatis objek depan tajam sedang di belakang blurr. Tapi teori ini keliatannya hanya berlaku untuk fotografi dengan kamera konvensional bukan digital camera karena kenyataannya sekalipun di digital camera kita pake bukaan terbesar mis 2.0 ( Canon G2) atau 1.8 ( Olympus C5050) ternyata hasilnya tetapi latar belakang kurang blurr. Mungkin ada cara lain yaitu gunakan seting camera yang berbentuk simbul mis mau motret depan tajem belakang blur bisa di coaba dengan simbol buat motret itu ( coba baca lagi simbol di buku manualnya) karena masing-masing kamera lain simbolnya.