Teknik Panning ...

Oleh:  Nusantara Widyandaru, DaruDoanK (5949)    21 tahun yang lalu

  0 

Teknik dasarnya gimana sih ? makasih

Re: Teknik Panning ...

Oleh:  Mira TJ (4738)    21 tahun yang lalu

 0 

Sebenarnya saya cuma pernah nyoba panning sekali. Itupun, meskipun subyeknya tajam, komposisi gambarnya ngga sedap dipandang. Cuma, kok ini post ngga ada yg kasih komen. Gue jadi gatel. Hehehe.
Anyway, subyeknya waktu itu mobil yang lewat di jalan tol, so kita menyerbu jalan tol, dan supir2 truk melambai2kan tangan bak selebritis.
Enough with BS. Speednya bagusnya 1/30. Bukaan kecil/sempit supaya depth of field-nya luas, memperkecil kemungkinan subyek foto fuzzy. Waktu itu film ASA 100 di-push jadi 400. Gue ngga tau kenapa musti begitu, kenapa ngga pake ASA 400 aja, begonya gue ngga nanya tu sama instructor. Berhubung kamera gue sok canggih dan segala automatic...gue ngga bisa push film gue...akibatnya speed gue harus 1/60 untuk bisa dapat bukaan kecil. Oh ya waktunya siang bolong dan silau luar biasa, saya harus cari tempat adem supaya bisa dapet bukaan kecil.
Terus ya, setiap ada mobil lewat, saya jepret, tapi kameranya saya gerakkan dengan cepat mengikuti arah mobil berjalan, supaya hasilnya si mobil kelihatan fokus tapi background-nya blur.
So, good luck deh sama panning.

Re: Teknik Panning ...

Oleh: Ananto HR (522)    21 tahun yang lalu

 0 

teorinya gampang : ikutin bendanya sambil jepret...pasti jadi (meskipun hasilnya enggak memeuaskan :)) bukaannya diset disesuaikan dengan kecepatan objek bergerak. Makin cepet dan makin deket dengan kita makin cepet juga bukaannya, misalkan 1/90 - 1/125 bahkan sampai 1/250 (kalau ini mah kita cuma 2 meter dari mobil balapnya ...hehehe) kalau yang saya coba di Mikrolet itu cukup pake 1/30, karena objeknya emang enggak kenceng. supaya fokus, sebelum mikroletnya di posisi, saya ambil mobil yang dititik yang sama dulu (1/2 pencet) ...baru pas mikroletnya di posisi , bejek abis.... again, teori nya emang gampang... sorry kalau malah bikin ruwet