Kritik dan komentar adalah salah satu unsur utama dalam komunitas kita di Fotografer.net ini. Melalui kritik, pemilik foto bisa mengetahui sejauh mana hasil karyanya ditanggapi dan diapresiasi, dan sejauh mana pula keberhasilan menyampaikan isi benaknya kepada pemirsa karya-karyanya. Melalui kritik pula, pemberi kritik dan komentar bisa belajar menghargai hasil karya orang lain dan, yang terpenting, adalah membantu rekan sesama anggota komunitas Fotografer.net untuk membangun diri dan mengasah kemampuan.

Urutan Langkah

Kritik dan komentar yang diberikan tidak hanya dibaca oleh si empunya foto melainkan juga oleh member lain. Jadi, jangan mempertaruhkan nama baik Anda untuk membantai dan mencela sebuah foto, apalagi melakukan "balas dendam" pribadi melalui kritik yang ditulis. Alangkah baik dan bergunanya sebuah kritik jika ditulis dengan obyektif, jelas, dan tidak "menyerang" pribadi seseorang.

Berikut ini panduan yang disarankan untuk menulis kritik yang membangun, sehat, dan berguna:

  1. Tunjukkan bahwa Anda tertarik pada foto yang dikritik
    Fotografer.net merupakan komunitas yang berbasis pada semangat kebersamaan untuk saling membantu dan bekerjasama. Jika Anda tidak tertarik kepada sebuah foto, baik foto yang bagus maupun tidak bagus menurut Anda, besar kemungkinan kritik yang Anda tulis pun tak akan berguna kepada fotografer si empunya foto dan kepada anggota lain yang membacanya.
     
  2. Pahami dan ketahui maksud yang hendak disampaikan fotografer
    Tanpa mengetahui maksud yang hendak disampaikan fotografer melalui fotonya, secara logis, Anda belum bisa menulis kritik.
     
  3. Bahas dan ulas foto segi teknis secara singkat
    Bahasan dan ulasan meliputi:
    • Komposisi
    • Fokus
    • Teknik pengambilan gambar, pemilihan lensa, pemilihan film, framing
    • Komposisi
    • Koreksi warna dan saturasi warna
    • Pencahayaan (depth of field)
    • Proses di kamar gelap atau di "kamar terang" (alias Photoshop)
    • Teknik cetak, seperti dodging, burning, cropping, pemilihan kontras

     
  4. Lihat dan komentari foto secara utuh
    Foto-foto yang terlalu "nyeni" terkadang memilih untuk berkonsentrasi pada obyek dan tak menghiraukan keunggulan segi teknis. Demikian juga dengan foto jurnalistik, yang lebih menomorsatukan momen yang bisa direkam ketimbang segi teknis. Fotografer amatir yang sudah mahir dan fotografer profesional biasanya "suntuk" dengan teknik-teknik konvensional dan mencoba teknik-teknik baru. Akan sangat berguna juga jika keterangan tambahan yang diberikan fotografer juga dicermati.
     
  5. Memotivasi tanpa membuat kecil hati
    Buatlah fotografer yang dikritik untuk tidak berhenti berkarya melainkan terus mengembangkan diri. Jika Anda melihat hal yang salah atau kurang bagus di mata Anda, sampaikanlah kritik dengan gaya mengusulkan sebuah jalan keluar. Terutama untuk fotografer pemula atau fotografer yang baru saja bergabung dengan Fotografer.net, tentu terasa penting untuk merasa diterima dalam komunitas baru dan merasa nyaman berinteraksi di sini.
     
  6. Menulis kritik seolah-olah ditujukan untuk diri sendiri
    Tempatkan diri Anda sebagai fotografer yang sedang dikritik. Setiap fotografer punya "jam terbang" dan pengalaman sendiri-sendiri. Artinya, fotografer pemula hendaknya tidak jumawa dan "sok tahu". Demikian pula fotografer mahir atau profesional sebaiknya tidak arogan. Sebagai umpama saja, jika Anda adalah seorang juru masak rumah makan Padang jangan mengkomplain nasi gudeg yang dibawa teman Anda sesama juru masak, tapi juru masak warung gudeg Yogya, hanya karena terlalu manis dan tidak pedas.

Karma

Percaya tidak percaya, tapi bolehlah kita menyebut istilah karma di sini. Fotografer yang tidak pernah memberi kritik positif, tidak pernah akan pernah menuai kritik yang positif pula. Ada juga fotografer yang mendapat banyak jempol satu dan sedikit jempol dua, dan membalasnya dengan hal yang sama kepada fotografer lain. Artinya, ia hanya mencari-cari kesalahan dan hanya mengomentari foto-foto yang menurutnya tidak bagus. Karmanya, fotografer tersebut tak pernah memanen jempol tiga. Percayalah, dengan memberi kritik membangun dan menuliskannya dengan nada positif, cepat atau lambat Anda akan menuai keuntungan dari komunitas Fotografer.net.