((share) bagaimana menciptakan tone seperti ini?

Oleh:  Robertus Purwocarito (35091)    11 tahun yang lalu

  0 

sekiranya ijinkan saya untuk menulis beberapa kalimat (yang mungkin panjang).

semenjak awal saya mendaftar keanggotaan di situs yang kita cintai ini sudah sekian banyak teman-teman yang menanyakan bagaimana menciptakan warna foto yang ada pada galeri saya. rata-rata semua bertanya bagaimana cara me-retouchnya...dan yang saya bingung kenapa sampai sekarang belum ada yang menanyakan bagaimana proses foto tersebut terjadi?

karena menurut saya itu hal yang terpenting dalam menciptakan sebuah image yang utuh.

oleh sebab itu ijinkan saya untuk menuliskan (mungkin sekedar unek-unek) dan semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

untuk hal pertama yang saya ingin bahas adalah, dalam membuat sebuah image atau gambar yang utuh :

1. Apa yang anda inginkan dari gambar yang akan anda ciptakan.

sangat penting seorang pengkarya mengetahui secara jelas dan kuat keinginannya yang akan divisualisasikan kedalam karya nya, itu akan menjadi sebuat 'rute", "pedoman" serta "pegangan" dalam menentukan proses pembuatan foto itu sendiri, yang terdiri dari pre-production, production dan pengolahannya.

ketika seorang pengkarya tau apa yang diinginkannya, dia akan tau apa yang harus dipersiapkan, apa yang akan dilakukan ketika mengcapture dan tau mau diapakan hasil foto yang terlah tercapture dari kameranya.

seperti contohnya adalah : ketika saya ingin membuat sebuah foto model dengan gaya retro, saya membayangkan semua aspek yang akan terjadi ketika pembuatan fotonya. saya akan tau apa yang akan dikenakan sang model, ekspresi apa yang ingin saya harapkan, pose yang sesuai dengan  apa yang ingin saya tonjolkan, sampai pemilihan warna ketika saya melakukan pengolahan image atau gambar yang telah dihasilkan.

mungkin secara gamblang ketika saya ingin melakukan pengambilan gambar pertanyaan yg keluar saat itu adalah

a. okay..kali ini gw pengen buat apa yaa?

b. kira-kira apa aja yg perlu gw siapin?

c. sesuai gk ya?

d. gw tau mau gw olah seperti apa ntarnya...

(sementara smp disini dulu, dilanjut next time, kiranya jika ada masukan boleh teman-teman :)  )

she is the one

(bagian ke dua)

2. detil

ada banyak kesalahan minor yang sering menurut saya mengganggu dalam sebuah foto, yaitu ketidak jelian dalam detil elemen-elemen yang dimasukkan kedalam foto ( ini juga saya masih belajar). dalam pengalaman saya ketidak sabaran adalah faktor utama yang menyebabkan kesalahan minor tersebut. sebagai contoh adalah :

salahkaprah

foto ini saya ambil beberapa tahun lalu ( mungkin sekitar 3 tahun lalu) dan buat saya foto ini terlalu banyak kesalahan, terutama detil aksesoris dan kostum yang dikenakan serta pose dan ekspresi yang semuanya menurut saya tidak satu kesinambungan dengan lokasi pengambilan gambar.

didalam foto yang saya ambil diatas, jika menurut selera saya, maka pengenaan kacamata tidak selaras dengan baju yg dikenakan. kacamata bergaya retro mungkin lebih cocok ketika mengenakan baju bergaya "BOYS" atau lebih retro, dan paduan apa yg dikenakan didalam foto tersebut menurut saya sangat tidak cocok dengan lokasi pengambilan foto yang menurut saya lebih cocok jika digunakan untuk pengambilan foto yang berkonsep ttg maskulin atau anggun.atau semacam itu.

contoh yang lain adalah : ketika mengambil foto yang menggunakan gown atau dress yang seharusnya pose nya anggun dan feminim tetapi dipaksakan berpose maskulin (sprt cara duduknya yg maaf ngangkang atau lebih cowok). atau contoh lainnya adalah mengenakan setelan yang maskulin 9sprt celana pendek, kaos  atau kemeja) tetapi dipadukan dengan heels mungkin akan lebih cocok jika diganti dengan sepatu kets atau converse. dan banyak lagi contoh-contoh yang detil tidak tergarap sempurna.

 

(bagian ketiga)

3. Komposisi

saya tidak akan berbicara tentang teknis komposisi karena hal tersebut adalah salah satu dasar dari sebuah foto dan masalah selera. akan tetapi yang ingin saya bahas adalah kecermatan dalam memasukkan unsur BG dan FG.

 salahbg

dalam foto yg saya capture beberapa thn lalu, ada beberapa kesalahan minor yg saya sadari yaitu ketidak cermatan dalam memasukan BG kedalam frame, difoto sebelah kiri perpotongan garis yg ditimbulkan oleh tralis sangat mengganggu kerna memotong dibagian kepala dengan tidak proporsional, sedangkan difoto sebelah kanan ada penumpukan antara obyek dengan area gelap yang bertumpuk dengan BG (batang Pohon) yang mengganggu dalam penglihatan saya dan hal tersebut terkadang tidak disadari karena secara otomatis mata saya tertuju hanya pada model tidak pada hal-hal yg simpel tetapi ternyata mengganggu.

4. olah digital dan pewarnaan

menurut saya olah digital adalah proses terakhir dimana dimana itu untuk menaikkan cita rasa dalam penyajian sebuah foto. dalam istilah saya garbage in garbage out. menurut saya disini seperti seorang koki yang mengolah bahan makanan menambahkan  citarasa, mungkin bahannya sama, bumbunya sama tetapi cara memasaknya dan racikannya berbeda dan akhirnya menghasilkan rasa yang berbeda, tetapi dasarnya yang terpenting adalah BAHAN MENTAHNYA apakah itu bahan dengan kualitas yang bagus atau bahan makanan yang busuk .

jujur jika ditanya bagaimana mengolah foto yang baik, saya akan menjawab itu masalah selera. tetapi menurut saya seorang "koki" akan tau bumbu apa saja yang akan digunakan seperti contohnya ketika dia akan membuat sayu asam tidak mungkin dia akan menggunakan kecap manis. sama halnya dalam olahdigital, pemilihan warna juga menjadi salah satu langkah terakhir dalam penguatan "rasa" dari gambar tersebut. seperti contoh : ketika saya menggambil gambar dengan kosep sedih, maka saya tidak mungkin menggunakan pilihan warna-warna ceria, atau dengan konsep yang menonjolkan unsur-unsur keras maka saya tidak akan menggunakan soft tone dalam pengolahannya, dan semacamnya.

 

ada beberapa cara dalam pewarnaan dalam digital imaging salah satunya adalah menggunakan curving, disini saya akan membagikan file tone secara cuma, silahkan didownload di

http://www.facebook.com/groups/486829781341618/

cara menggunakan cukup mudah tinggal didownload save, dan diload dari menu curve photoshop

demikian sedikit uraian dan tulisan saya, jika ada pertanyaan kiranya atau hal lainnya silahkan add pin 27230908

semoga berguna dan jika da kesalahan penulisan dan kekurangan mohon dimaafkan

salam jepret :)

 

 

Belum ada komentar