Sistem High Speed Photography (HSP) Digital + Intervalometer

Oleh:  Salahudin Damar Jaya, Jaya (45223)    13 tahun yang lalu

  0 

Akhirnya selesai juga setelah 2 bulan (diantara selang selang waktu luang) mencoba membuat Rangkaian Sensor HSP Digital bersama dengan teman saya Bayu Aji (beliau ahli dalam bidang microcontrollerr dan pemrograman), Berawal dari beberapa permintaan teman yang ingin mempunyai system sensor HSP yang lebih mudah digunakan, selama ini sudah hampir 5 tahun saya menjual system sensor HSP analog yang dalam pemakaiannya memang lebih dituntut harus lebih sabar dan teliti.

Dasar dari Sistem sensor HSP ini terdiri dari 3 modul yaitu :
1. Sensor Gerak yang probenya adalah optocopler yaitu berupa phototransistor(penerima sinyal/receiver) dan LED infra merah atau pointer Laser (sebagai pemancar sinyal/transmitter) .
2. Sensor Suara yang probenya berupa Mic condensor atau biasa juga Buzer
3. Penunda waktu/Delay Timer untuk mengatur waktu trigger flash/ shutter kamera dalam satuan mili detik/ms (bisa juga di tingkatkan menjadi micro detik untuk pemotretan objek super cepat seperti peluru yang ditembakkan).

(edit)
- untuk harga sekitar 750-850rb tergantung feature dan kabel kamera, yang dibutuhkan (kabel untuk canon 350d-400d-450d-500d yang paling murah), harga resminya nanti saya umumkan di Bursa.
- Berhubung sistem rangkain dasarnya ini sudah umum digunakan, saya kira tidak bisa dipatenkan (atau mungkin dengan beberapa modifikasi bisa juga sih...)
- Rencana Road Show/workshop dimulai awal mei ke Jakarta, Surabaya, Medan (tempat masih belum pasti), Malaysia (masih tentative) dan terakhir Thailand (24 juli), untuk kota lain belum punya chanel (ada yang mau kerja sama menyediakan tempat dan publikasi?).
-mengenai teori dasar HSP dan contoh bisa buka Artikel lama saya Artikel HSP , beradu atau.Piala FN - jika ada pertanyaan bisa kirim email saya ke [email protected] atau telpon ke 0856 215 1025

Belum ada komentar