efek moving star

Oleh:  Anton Gunadi (5279)    19 tahun yang lalu

  0 

dear FNers
Sering di internet ada foto yang memperlihatkan trail cahaya dari moving star. Disana secara sekilas disebutkan bahwa shutter speednya di set selama 5-6 jam.
Saya sudah berusaha mencari di internet bgm caranya membuat camera mempunyai kemampuan shutter speed yang berjam-jam ini tapi tanpa hasil.
Apakah kiranya ada rekan FNers yang tahu caranya? Ataukah ternyata harus menggunakan kamera khusus untuk memfoto moving star?
Thanks a lot.

Re: efek moving star

Oleh:  Anton Gunadi (5279)    19 tahun yang lalu

 0 

dear FNers
Setelah mencari2 di internet, ada juga web site yang membahas hal ini.
Bagi yang sudah berusaha mencari di search engine FN dan belum berhasil, mungkin link ini bisa membantu http://www.danheller.com/.
Salam

Re: efek moving star

Oleh:  D. Setiadi (81319)    19 tahun yang lalu

 0 

Sebetulnya 1 jam aja udah cukup untuk membuat dan menangkap putaran atau rotasi bintang. Hasilnya memang asik, karena keliatan seperti lingkaran bundar cahaya di langit.
Sayang saya enggak bisa upload contoh fotonya, karena musti scan dulu dari majalah saya....:D
Saya sendiri belum pernah mencoba. Tapi rata-rata foto-foto yang saya lihat di majalah atau buku fotografi, umumnya mereka menggunakan Bulb sekitar 1-2 jam. Yang pasti boros baterai tentunya.

Re: efek moving star

Oleh: Wicak Soegijoko (1560)    19 tahun yang lalu

 0 

disinilah letak advantage kamera analog dan manual ketimbang kamera2 'moderen'. gua sih kalau motret bintang (bikin star trail) pake cable release yg bisa di lock... 1-2 jam sih cukup, tergantung mau berapa panjang trailnya... makin lama makin panjang...
-salam, wicak
link ini bagus tepatnya seluruh sitenya keren ... membahas astrophotography....

Re: efek moving star

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    19 tahun yang lalu

 0 

pake digital SLR yang ada mode Bulb nya juga bisa kok, tinggal pakai electronic cable release yang disambungkan ke jam beker :D

Re: efek moving star

Oleh:  Anton Gunadi (5279)    19 tahun yang lalu

 0 

all FNers yang sudah share tipsnya
Thanks for the advice.
Kemarin malam sewaktu search di forum ini kebetulan saya juga menemukan artikel pak Judhi mengenai pembuatan remote untuk eos canon yang bisa diapplikasikan untuk membuka shutter sesuai dengan yang dikehendaki.
Thanks juga untuk pak Wicak dengan link-nya.
Salam

Re: efek moving star

Oleh: P. Theodor Sudarja, THEO (2831)    19 tahun yang lalu

 0 

gampang...
tinggal pake kamera full manual

terus pake bulb mode. beli tambahan cable release, untuk nahan shuter selama mungkin. kalo mo murah selulotape aja tuh shuter. terus di sela2 masang selotip dan melepaskan selotip, lensa ditutup pake topi supaya gambar ngak goyang (nga ada cahaya yang masuk).

kalo mo enak kayak yak kak wicak bilang: "analog"
soalnya kamera slr jaman sekarang mekanisme shuternya pake bantuan batere. nah batere itu paling lama untuk bulb paling sekitar 6jam (kalo engak salah di manual eos). di manual kamera kamu berapa? baca aja sendiri di manual kamera slr kamu.

kalo batere sampe abis kayaknya bakalan ribet. soalnya roll film nga mau gulung dan kayaknya shutter bakalan kebuka terus. yah solusinya kamu bakalan harus pake trik "topi" di atas terus ganti tuh batere dengan set yang baru.

sedangkan kalo analog kamu mau buka tuh shuter dari menjelang malam sampe subuh juga ngak masalah. soalnya nga pake batere. benar2 full mekanis.

Re: efek moving star

Oleh: Agus Fitriandi (andieChiba) (2410)    19 tahun yang lalu

 0 

ooooooooooo moving star daku pikir efek star :"> maaf kan diriku ya :">jadi malu diriku yg sok tau..:"> thx infonya

Re: efek moving star

Oleh: Tody Maulifa (2043)    19 tahun yang lalu

 0 

pake cable release buatan versi pak Yudhi, ganti sakelarnya dari yang model 2 kaki jadi 3 kaki..batere baru (kamera otomatik emang aga boros ni..).trus tinggal aja, besok pagi baru di matiin.. tp jgn d tinggal d tempat umum nti di embat orang :))

Re: efek moving star

Oleh:  Reza Riantono Sukarno (5717)    19 tahun yang lalu

 0 

Pake kamera digital bisa ? Setahu saya digital terbatas dengan memori "RAM"nya. Z2 saya dipencet terus juga cuma mau 30 detik

Re: efek moving star

Oleh:  Fritz Primadya (15086)    19 tahun yang lalu

 0 

kalo ke arah selatan kalo gal salah efek yang didapat setengah lingkaran :-).. ini kelebihan anallog.. bener !!!

Re: efek moving star

Oleh:  Petrus Suryadi (85030)    19 tahun yang lalu

 0 

Kalo full manual pasti bisa...
saya sudah coba pakai Nikon EM dengan mode Bulb lalu shutter button ditambah tissue dan diikat karet gelang... :D
Tinggal arah yg cocok dimana dan kondisi langit yg masih ada lembayung atau sudah gelap total..
Terus buka tutup lensa dan tinggal tidur 2~4 jam lalu tutup lagi lensa dan lepas karet gelangnya... jadi deh...
Di gallery saya ada tuh.. :)

Re: efek moving star

Oleh:  Fritz Primadya (15086)    18 tahun yang lalu

 0 

dengan kamera manual....


Buka selama 5-6 jam. Kalo menghadap selatan efeknya bisa setengah lingkaran. Pakai asa 100, dengan lensa wide 28 mm dengan f 5.6

Re: efek moving star

Oleh: Anton William (2402)    18 tahun yang lalu

 0 

wah, menarik... istilahnya star trail. prinsipnya merekam pergerakan benda langit dalam selang waktu tertentu. kalo pake kamera analog cukup pakai film dengan iso yang cukup besar, trus pake shutter release, tahan sesuai kebutuhan. jangan lupa untuk mempersiapkan tripod yang kokoh dan kopi untuk menemani pemotretan malam :)

untuk kamera digital setahu saya pada umumnya memiliki kemamp[uan eksposure hingga 4 - 16 detik, namun eksposure selama 4 - 16 detik belum mampu memberikan efek startrail yang cukup baik. untuk kamera digital yang pro sudah mendukung fasilitas bulb. jadi, cukup pasang ditripod yang kokoh, arahkan ke langit malam yang cerah, lalu ekspose sesuai kebutuhan. hanya saja perlu diketahui bahwa ccd akan mengalami ganguan thermal sehingga akan tercipta hot piksel pada gambar yang kita dapatkan. karena itu sebaiknya setelah pengambilan gambar langit malam, ambil pula citra dark yaitu citra yang didapatkan dengan mengekspose kamera dengan waktu yang sama dengan waktu eksposur star trail tetapi dengan menutup lensa. selanjutnya citra asli dikurangi dengan citra dark ini. informasi lebih lanjut dapat dicari di internet.

salam