Kenapa ISO400 Digital Camera harus grainy ?

Oleh:  Yoni Tan (13785)    20 tahun yang lalu

  0 

Iseng aja bertanya karena sesudah hunting baru saja mengerti betapa bergunanya ISO 50 dari Powershot G2 yang menghasilkan gambar – gambar yang sangat bersih (nyaris bebas grainy).

Secara kimia dikatakan bahwa film ISO400 itu mempunyai butiran2 yang sangat besar tetapi sifatnya lebih peka terhadap cahaya dan dalam hal ini dibandingkan dengan ISO100/50/25 yang butirannya jauh lebih kecil/halus tetapi tidak peka terhadap cahaya.

Dalam hal ini mengapa digital camera juga mengikuti rule yang bersangkutan dimana jikalau ISO yang bersangkutan tinggi, misalnya ISO 400 maka hasil foto itu juga akan menampilkan grainy. Apakah tidak memungkinkan dari segi pengolahan digital /sensor CCD/CMOS itu dengan memakai ISO yang sangat tinggi (ISO400 – 3200) tetapi tidak memunculkan grainy yang ada ?

Mohon pencerahannya, Teman – teman…

Re: Kenapa ISO400 Digital Camera harus grainy ?

Oleh:  Willy Sutrisno (1031)    20 tahun yang lalu

 0 

Karena kamera anda menggunakan CCD, dan CCD itu kalau mau anda bikin makin sensitif terhadap cahaya otomatis CCD-nya juga bakal sensitif terhadap noise. Ini berhubungan dengan elektronik, kalau anda punya speaker makin dikeraskan suaranya pasti suaranya ngak bakal sejernih kalau suaranya kecil. Jadi sama saja dengn CCD anda atau CMOS kamera. Bisa saja anda memakai ISO tinggi tetapi tidak terlalu grainy, contoh keadaan siang hari. Biasanya grainy ini lebih jelas kalau suasana kurang cahaya. Dan dengar-dengan kamera DSLR tidak terlalu parah dibanding prosumer kamera seperti G2 anda. Saya pernah tanya mengenai ini di dalam usenet, silahkan check link ini

Re: Kenapa ISO400 Digital Camera harus grainy ?

Oleh: Kartono Kho (1438)    20 tahun yang lalu

 0 

Saya setuju dengan apa yang Bung Willy katakan, tapi dari pengalaman saya memakai DSLR (D60) even di ISO 1000 grainnya masih relatif halus. Saya malah sering pakai ISO 400 (terutama buat indoor) dan hasilnya ngak grainy.

Ukuran sensor

Oleh:  Rendra Kartadinata (19382)    20 tahun yang lalu

 0 

Saya menduga, grainy ini disebabkan oleh ukuran sensor yang relatif kecil dibandingkan D-SLR. Sebagai contoh : Sensor Canon G2/G3 yang 4 mpix ini sangat kecil sekali dibandingkan sensor Canon EOS D30 yang cuma 3 mpix.
Dengan ditingkatkannya sensitifitas sensor, secara otomatis Noise ratio CCD akan meningkat secara signifikan. Hal ini yang mengakibatkan grainy pada gambar yang dihasilkan.

Ukuran sensor

Oleh:  Rendra Kartadinata (19382)    20 tahun yang lalu

 0 

Saya menduga, grainy ini disebabkan oleh ukuran sensor yang relatif kecil dibandingkan D-SLR. Sebagai contoh : Sensor Canon G2/G3 yang 4 mpix ini sangat kecil dibandingkan sensor Canon EOS D30 yang cuma 3 mpix.
Dengan ditingkatkannya sensitifitas sensor, secara otomatis Noise ratio CCD akan meningkat secara signifikan. Hal ini yang mengakibatkan grainy pada gambar yang dihasilkan.

Re: Kenapa ISO400 Digital Camera harus grainy ?

Oleh:  Edgar Manik (625)    20 tahun yang lalu

 0 

Mas Yoni, semua apa yang dikatakan oleh rekan2 di atas benar sekali. Mungkin yang perlu anda mengerti, grainy ala digital itu dikenal dengan noise, dan noise ini meningkat seiring dengan ditingkatkannya sensitifitas sensor ccd sesuai dengan level iso-nya. Untuk kamera2 digital kelas consumer, ccd yang digunakan berukuran kecil (itu berarti photosite atau sensor2 cahaya di ccd ukurannya sangat kecil) dan setiap peningkatan sensitifitas akan menurunkan S/N-nya (signal-to-noise ratio). Lain halnya dengan sensor CCD kamera DSLR, yang rata2 berukuran besar (untuk D100 hampir sama dengan ukuran film APS), ukuran photosite-nya gede2 dibanding kamera consumer, dan penaikan sensitifitas sensor hanya sedikit sekali menimbulkan noise. Pengalaman saya membandingkan noise pada kamera coolpix 5700 dengan D100, maka noise di D100 pada iso 1600 masih relatif lebih halus dibanding noise pada CP5700 di iso200. Bedanya kayak langit dan bumi :D :D Apalagi di ISO400 untuk kamera consumer, mendingan gak usah dibahas deh :D

Re: Kenapa ISO400 Digital Camera harus grainy ?

Oleh:  Yoni Tan (13785)    20 tahun yang lalu

 0 

Makasih benar Mas Edgar atas infonya... Rasanya lebih mudah diterima deh perbandingannya dalam hal ini. Emang saya merasa juga aneh begitu meningkatkan ISO ke 200-400 maka hasilnya itu sangat grainy sehingga akhirnya saya selalu mengeset pada ISO50 dan perubahan ISO merupakan alternatif terakhir jikalau cahaya yang ada tidak mencukupi untuk pemotretan.

Re: Kenapa ISO400 Digital Camera harus grainy ?

Oleh:  F.N Terryan, TERRY (6211)    20 tahun yang lalu

 0 

BTW dengan utilitas kayak NeatImage (www.neatimage.com), iso400 bahkan 800 di kamera konsumer bisa tetep dipakai. Soalnya ada pola noise yang terjadi untuk masing2 merk CCD dan nilai iso yang bisa dianalisa program ini, sehingga noise bisa di-eliminir tanpa banyak mempengaruhi ketajaman gambar. Untuk contohnya salah satu foto di galeri saya, "Ayo, suaranya mannna..?" diambil dengan iso400 (maksimum di G2) dan noise dihilangkan dengan NeatImage. Di layar aja udah ngga masalah, apalagi kalo dicetak..