FOTO JURNALISTIK

Oleh:  eddy hasby (143)    21 tahun yang lalu

  0 

Ada sedikit kerancuan di situs ini tentang foto jurnalistik dan bagaimana menilai foto jurnalistik yang baik, mungkin bahan ini bisa menjadi acuan, bagaimana foto jurnalistik itu bisa dinilai baik:

Foto jurnalistik yang baik tidak hanya sekedar focus secara teknis, namun juga fokus secara cerita. Fokus dengan teknis adalah gambar mengandung tajam dan kekaburan yang beralasan. Ini dalam artian memenuhi syarat secara teknis fotografi. Fokus secara cerita, kesan, pesan dan misi yang akan disampaikan kepada pembaca mudah dimengerti dan dipahami.

Suatu rumusan untuk menilai sebuah foto jurnalistik yang dilihat dari kuat lemahnya sosok penampilan foto berita, rumusan ini sudah cukup baik untuk menilai sebuah fotojurnalistik.

1. Kehangatan/aktual
Sesuai dengan prasyarat umumnya sebuah berita, subyeknya bukan merupakan hal basi, sehingga betapapun suksesnya pengambilan sebuah foto bila tidak secepatnya dipublikasikan, sebuah foto belumlah memiliki nilai berita.

2. Faktual
Subyek foto tidak dibuat-buat atau dalam pengertian diatur sedemikian rupa. Rekaman peristiwa terjadi spontan sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya, karena ini berkaitan dengan suatu kejujuran.

3. Informatif
Foto mampu tampil dan dalam kelebatan yang dapat ditangkap apa yang ingin diceritakan di situ, tanpa harus dibebani oleh sekeranjang kata. Pengertian informatif bagi tiap foto perlu ukuran khas. Sedikit berbeda dengan sebuah penulisan yang menuntut unsur 5W + 1H dalam suatu paket yang kompak, maka dalam sebuah foto jurnalistik minimal unsur who (siapa), why (mengapa) jika itu menyangkut tokoh dalam sebuah peristiwa. Dan keterangan selanjutnya untuk melengkapi unsur 5W + 1H (sebagai pelengkap informasi) ditulis pada keterangan foto (caption).

4. Misi
Sasaran esensial yang ingin dicapai oleh penyajian foto berita dalam penerbitan, mengandung misi kemanusian – merangsang publik untuk menghargai apa yang patut dihargai atau sebaliknya menggugah kesedaraan mereka untuk memperbaiki apa yang dianggap brengsek.

5. Gema
Gema adalah sejauh mana topik berita berita menjadi pengetahuan umum, dan punya pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari dalam skala tertentu. Apakah satu peristiwa atau kejadian Cuma bersifat lokal, nasional. regional atau international.

6. Aktraktif
Menyangkut sosok grafis foto itu sendiri yang mampu tampil secara mengigit atau mencekam, baik karena komposisi garis atau warna yang begitu terampil maupun ekspresif dari subyek utamanya yang amat dramatis.

moga-moga nggak rancu lagi
eddy hasby


Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh:  Mira TJ (4738)    21 tahun yang lalu

 0 

Usul buat mas-mas Moderator:

Tulisan ini dipindah ke "Artikel" saja. Keren soalnya.

Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh: erika sianturi (39)    21 tahun yang lalu

 0 

Thank you Bang, wah... padahal saya baru beli beberapa buku mengenai cara menulis berita photo, ternyata hanya dengan satu lembar Bang Eddy bisa ngejawab pertanyaan saya. Hebat!

Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh:  Suparlan (10334)    21 tahun yang lalu

 0 

Selama ini saya baru mereka-reka, foto jurnalistik itu kayak apa persisnya. Eh.... ternyata ada guru yang ngasih ilmu gratis. Terima kasih Bang Eddy.

Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh:  Andi Lubis (14072)    21 tahun yang lalu

 0 

Emang Eddy... tob !

Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh:  Valens Riyadi (22589)    21 tahun yang lalu

 0 

Mas Eddy, boleh dipindahkan ke artikel?

Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh: yuyunwardhana (120)    21 tahun yang lalu

 0 

Boss,kayanya perlu sering-sering nulis ngene ben kita-kita bisa belajar dari mas Eddy. Semarang piye?

Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh:  Agus Dwianto (20415)    21 tahun yang lalu

 0 

...oke deh

Re: FOTO JURNALISTIK

Oleh:  Michael Gomulya (29309)    20 tahun yang lalu

 0 

di buat seminar aja gimana ? jadi mau tau lebih banyak nih...