Bagaimana cara mencetak dari format digital?

Oleh: Eddie Valentino (19)    21 tahun yang lalu

  0 

Belum lama ini saya baru saja mencoba menggunakan kamera digital ( Olympus 4Mp ). Terus terang saya sama sekali tidak tahu tentang dunia fotografie digital. Pertanyaan saya adalah : bagaimana cara mencetak dari format digital ke ukuran 4R misalnya? apakah saya harus mencetaknya dari ukuran format aslinya ? dan apakah saya harus mengubahnya terlebih dahulu format atau ukurannya ( kompresi )Dan bagaimana semisalnya sebelum dicetak, saya ingin melakukan cropping atau mengatur warna, kontras dll terlebih dahulu? Apakah hasil cetaknya sama dgn yang tampak di monitor komputer?.Terima kasih atas informasinya.

Re: Bagaimana cara mencetak dari format digital?

Oleh: Pupung Budi Purnama (112)    21 tahun yang lalu

 0 

Biasanya, Anda harus mencari studio cetak yang melayani cetak digital, bila Anda tidak tahu menahu mengenai kompresi, file, etc. bawa saja kamera anda ke studio foto tersebut, oh iya jangan lupa bawa driver/software dari kamera anda. Operator studio, biasanya akan mencetakkan foto yang anda ingin cetak. Mungkin dapat membantu..... :)

Re: Bagaimana cara mencetak dari format digital?

Oleh:  Hasbi Azhar (1832)    21 tahun yang lalu

 0 

mas Eddie... sekarang ini studio digital sudah banyak sekali lho mas... atau bawa ke Fuji Image Plaza juga ok. Tapi kalau mas Eddie mau mencetak sendiri juga bisa dengan catatan mas Eddie punya komputer dan printer yang punya kwalitas cetak lumayan. Tinggal beli tinta dan kertas print khusus untuk foto, bagaimana??? mau yang instant atau yang gampang?

Re: Bagaimana cara mencetak dari format digital?

Oleh:  Junaidi Gandy (3345)    21 tahun yang lalu

 0 

mahal gak ya kalo bawa ke fuji image plaza cetak digital? bisa kasi tau harganya gak secara kasar deh!

Re: Bagaimana cara mencetak dari format digital?

Oleh: Murjito (338)    21 tahun yang lalu

 0 

Saya biasanya cetak foto digital di fuji yang bertanda FDI, biasanya saya cetak 4R @ Rp. 2.000,-(dapet album gratis). Waktu mencetak mas Eddi cukup bawa memory card kamera digital, biasanya di FDI sudah ada card reader untuk semua jenis card(MMC,SD,Memory Stick,dll), kemudian disana mas Eddi akan ditanya foto mana aja yang akan dicetak(ditunjukkan lewat komputer disana). Untuk pengaturan contrast dan sharpen, menurut pengalaman saya biasanya sudah diatur oleh operator waktu cetak untuk menghasilkan komposisi terbaik. Kalau mau croping mas Eddi harus lakukan sendiri sebelum memory diserahkan ke FDI. Untuk ukuran, tidak perlu diubah2 sesuai ukuran pencetakan, cukup set pada kemampuan maksimal camera.