Salah satu cara untuk menciptakan kesan klasik pada visualisasi foto, selain mengubah image menjadi BW (black and white) atau monochrome, yaitu memberi tampilan frame atau border pada foto. Border atau frame bisa dibuat secara manual dengan menggunakan berbagai macam tools di photoshop. Tapi kadang hasil yang didapat kurang alami untuk menjadi pendukung foto berkonsep klasik.

      Dibawah ini ada beberapa langkah membuat border foto sederhana dengan memanfaatkan bekas lapisan polaroid. 

 

1.      Keringkan lapisan film polaroid yang biasanya dibuang. Setelah kering, lapisan polaroid discan dengan resolusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pembesaran pada proses cetak. 
 
        

 

2.      Setelah menjadi bentuk image, kemudian dilakukan proses pengolahan image lewat photoshop. Cropping image polaroid sesuai bentuk border atau frame yang diinginkan.
 
        

 

3.      Setelah border atau frame terbentuk, lakukan pengaturan efek warna dan bagian tepi border. Salah satu cara dengan mengatur kontras pada border. Semakin kontras bagian border,maka efek klasik atau efek frame yang tak beraturan makin terlihat. Selain itu juga bisa dilakukan dengan mengatur gelap terang border dengan menggunakan fasilitas level.
     
       

 

4.      Langkah dilanjutkan dengan membuat bentuk efek frame. Pada tahap ini layer frame dijadikan layer yang berbeda (2 layer). Hilangkan bagian-bagian pada border atau frame yang tidak diinginkan. Termasuk bagian tengah frame untuk tempat foto utama. Tahap ini bisa dilakukan dengan memakai tools eraser atau lasso.
     
       

 

5.      Setelah bentuk border atau frame terbentuk, masukan foto utama yang akan diberi efek border atau frame yang telah dibuat. Posisi layer foto utama dibawah layer border atau berada di antara layer border dan layer background.
     
       

 

6.      Ubah warna border sesuai dengan konsep foto yang ingin anda ciptakan. 
      SELAMAT MENCOBA…..
     
       

 

      Dhodi Syailendra