Fasilitas Penjaminan Transaksi Jual Beli.

Selamat datang di FN Kliring.

Bagaimana cara dan prosedur menggunakan FN Kliring :

  1. Penjual dan pembeli sepakat menggunakan FN Kliring
  2. Pembeli mentransfer uang dengan menggunakan kode unik transfer contoh Rp. 1.530.123,00 ke rekening FN Kliring Bank Central Asia a/n PT. Fotografer Net Global, KCU Yogyakarta nomor rekening 0373.230.003 berupa harga ditambah biaya jasa dan biaya admintrasi bank jika menggunakan selain BCA.
  3. Setelah uang dari pembeli masuk, FN Kliring akan mengkonfirmasi ke penjual untuk mengirim barang kepada pembeli.
  4. Penjual mengirim barang ke pembeli, usahakan pengiriman barang yang bisa di tracking. Contoh : TIKI, Pandusiwi, JNE, Pos Indonesia.
  5. Barang tiba di tujuan, pembeli mengkonfirmasi ke FN Kliring bahwa barang sudah diterima dan uang boleh diteruskan ke penjual.
  6. FN Kliing akan meneruskan uang ke penjual maksimal 24 jam setelah konfirmasi dari pembeli.
  7. Uang diterima oleh penjual, transaksi selesai.
  8. Apabila ternyata barang yang diterima oelh pembeli tidak sesuai dengan yang dijelaskan oleh penjual. Pembeli bisa melaporkan ke FN Kliring agar uang di hold hingga ada kesepakatan dengan penjual, dalam proses negosiasi FN Kliring tidak akan turut campur. Setelah ada kesepakatan, uang akan diteruskan sesuai dengan instruksi kedua belah pihak.
  9. Apabila transaksi BATAL atas kesepakatan antara pembeli dan penjual, uang akan dikembalikan ke pembeli. Uang yang dikembalikan setelah dipotong biaya jasa.
  10. Menggunakan FN Kliring pembeli dan penjual dianggap sudah mematuhi dan mengerti prosedur ketentuan peraturan FN Kliring.

 

FAQ (Frequently Asked Question)

  1. Definisi
    1. FN Kliring
    2. FN-Kliring dikenal sebagai Rekber di website lain, adalah sebuah bentuk escrow account (penengah) antara penjual dan pembeli.
      Pembeli mengirimkan uang kepada FN-Kliring, barang dikirim oleh penjual dan uang dikirim kepada penjual setelah barang diterima oleh pembeli.

    3. FNK
    4. FNK adalah FN-Kliring. FNK mempunyai staff khusus dan prosedur baku yang disusun demi keamanan transaksi.
      FNK melayani transaksi di Bursa FN dan transaksi di luar Bursa FN.
      FNK bisa digunakan oleh member atau non-member FN. Non-member akan diwajibkan mengisi data pribadi selengkapnya sebelum bisa melakukan transaksi.

    5. Apakah FNK adalah “Rekber Resmi FN”?
    6. Ya. FN Kliring sebagaimana Fotografer.net dan Bursa FN dikelola oleh PT. Fotografer Net Global.

    7. Apakah keuntungan penggunaan FNK?
    8. FNK memformalkan mekanisme cek dan ricek serta merekamnya dalam bentuk tertulis sehingga memudahkan pelacakan permasalahan transaksi (fraud) dan mencegah permasalahan transaksi terjadi.
      FNK akan memberikan masukan apabila dicurigai ada kecurangan yang sedang terjadi, baik kepada Penjual maupun kepada Pembeli.

    9. Berapa Maksimum Transaksi yang bisa dilakukan di FNK?
    10. Pada saat ini transaksi sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) bisa dilakukan di FNK. Angka ini akan berubah sewaktu-waktu.

    11. Biaya Transaksi dan Biaya Transfer
    12. Untuk setiap transaksi dikenakan biaya minimal Rp. 5.000,- atau 1% dari total nilai transaksi (mana yang lebih tinggi) sampai dengan maximal Rp. 500.000,-.

      Untuk setiap transfer ke Bank selain BCA akan dikenakan biaya transfer sebesar biaya transfer RTGS dari BCA ke Bank lain.

      Biaya transaksi dan biaya transfer akan dipotong langsung dari nilai transaksi yang ditransfer oleh pembeli, sebelum uang ditransfer ke Bank penjual.

      Biaya Transaksi adalah sebagai berikut:

      Harga Barang Fee
      Rp 0 - Rp 500.000,- Rp. 5.000,00
      Rp 500.001 - Rp 1.000.000,- Rp. 10.000,00
      Rp 1.000.001 - Rp 3.000.000,- Rp. 30.000,00
      Rp 3.000.001 - Rp 5.000.000,- Rp. 50.000,00
      Rp 5.000.001 - Rp 10.000.000,- Rp. 100.000,00
      Rp 10.000.001 - Rp 20.000.000,- Rp. 200.000,00
      Rp 20.000.001 - Rp 30.000.000,- Rp. 300.000,00
      Rp 30.000.001 - Rp 40.000.000,- Rp. 400.000,00
      Rp 40.000.001 - Rp 50.000.000,- Rp. 500.000,00

      Biaya transfer RTGS antar Bank pada saat ini adalah: Rp. 25.000,-

    13. Tiket Transaksi
    14. Untuk tiap-tiap transaksi akan ada kode unik untuk menandai transaksi tersebut. Kode ini disebut sebagai Tiket Transaksi.

      Tiket Transaksi terdiri dari 5 karakter berupa huruf dan angka.

      Tiket Transaksi diberikan kepada penjual di awal transaksi. Tiket Transaksi juga akan diberitahukan kepada pembeli sebelum konfirmasi dilakukan.

      Tiket Transaksi digunakan untuk melacak status transaksi saat ini dan memudahkan proses pelacakan permasalahan dikemudian hari.

    15. Kode Unik Transfer
    16. Setiap transfer akan dibekali dengan kode unik berupa 3 angka yang harus ditambahkan pada jumlah total transaksi.

      3 angka ini perlu untuk menandai transfer dari pembeli.

      Penggunaan 3 angka ini menghindari penggunaan kolom berita pada transfer dana karena penggunaan kolom ini sering menyebabkan adanya biaya tambahan dari Bank.

  2. Proses Transaksi
    1. Pembukaan Transaksi
      1. Dilakukan setelah terjadi kesepakatan harga dan barang antara Pembeli dan Penjual
      2. Penjual mengkontak FNK dengan informasi sebagai berikut:
        1. nama penjual/ID FN Penjual
        2. nama pembeli/ID FN Pembeli
        3. ID Item/nama Item yang dijual di FN Bursa
        4. nomor HP Penjual
        5. nomor HP Pembeli
        6. Harga jual
        7. Nama Bank Penjual, Nomor Rekening, dan nama pemegang rekening
        8. FNK akan mengirimkan via SMS/e-mail nomor Tiket Transaksi kepada Penjual
    2. Perintah Bayar ke Pembeli
      1. FNK akan mengkontak Pembeli dan mengkonfirmasikan pembelian, via SMS/E-mail. Bila konfirmasi diterima Tiket Transaksi akan diberitahukan kepada Pembeli.
      2. FNK akan memberikan kode unik untuk transfer dan permintaan untuk transfer.
    3. Konfirmasi Penerimaan Transfer
      1. Setelah transfer diterima di FNK, FNK akan memberitahukan kepada Pembeli bahwa uang sudah diterima
      2. Apabila uang diterima tidak dalam jumlah yang disebutkan di point a.ii.6 maka Pembeli akan diberitahu untuk melakukan transfer tambahan atau pengembalian sisa uang.
      3. Apabila lebih dari 3 hari tidak ada transfer dari Pembeli maka Penjual akan diberitahu untuk meminta Pembeli melakukan transfer.
      4. Apabila dalam jangka waktu 7 hari tidak ada transfer maka transaksi dibatalkan dan pemberitahuan pembatalan diberitahukan kepada Penjual dan Pembeli.
    4. Perintah Pengiriman Barang
      1. FNK memberitahukan bahwa uang sudah diterima dari Pembeli sejumlah yang ditentukan
      2. FNK akan meminta barang dikirimkan langsung kepada Pembeli
      3. Penjual mengirimkan barang dan memberitahukan nomor resi pengiriman kepada FNK.
      4. Setelah perintah pengiriman barang dikirimkan, maka transaksi tidak bisa dibatalkan.
      5. Apabila sampai dengan 3 hari setelah perintah pengiriman barang diberikan, Penjual tidak memberikan nomor resi pengiriman, maka dianggap barang belum dikirimkan. Penjual akan dihubungi oleh FNK untuk menanyakan status pengiriman.
      6. Apabila nomor resi pengiriman tidak bisa diverifikasi di perusahaan expedisi yang bersangkutan, maka dianggap nomor resi tersebut adalah palsu. Penjual diberitahukan mengenai hal ini dan diberi waktu 24 jam untuk memperbaiki masalah ini.
      7. Apabila dalam 24 jam tidak ada usaha dari penjual untuk memperbaiki masalah, maka dianggap transaksi gagal dan uang dikembalikan kepada Pembeli. Pembeli akan diberitahu mengenai masalah ini.
    5. Konfirmasi Penerimaan Barang
      1. Setelah barang diterima maka Pembeli memberikan pemberitahuan kepada FNK
      2. Apabila setelah 2 minggu atau waktu yang dianggap cukup untuk pengiriman ke daerah pelosok terlampaui dan barang belum diterima, maka Pembeli memberitahukan kepada FNK. FNK akan mengkontak Penjual dan menanyakan status pengiriman.
      3. Apabila setelah 2 minggu atau waktu yang dianggap cukup untuk pengiriman ke daerah pelosok terlampaui dan barang belum diterima, Pembeli belum menghubungi FNK maka, FNK akan menghubungi Pembeli dan menanyakan status barang.
      4. Apabila Pembeli tidak bisa dihubungi dalam jangka waktu 24 jam, maka uang akan ditransfer ke Penjual dan transaksi dianggap selesai.
    6. Konfirmasi Penerimaan Uang
      1. Setelah barang dinyatakan diterima, uang ditransfer ke rekening Penjual setelah dikurangi dengan biaya transaksi dan biaya transfer.
      2. Dalam 1x24 jam FNK akan mengkonfirmasi apakah uang setelah diterima oleh Penjual
    7. Penutupan Transaksi
      1. Hanya setelah uang diterima oleh penjual maka transaksi dinyatakan ditutup
  3. Pembatalan dan Permasalahan yang Muncul
    1. Pembatalan Transaksi hanya bisa dilakukan pada keadaan:
      1. Perintah pengiriman bayar belum dikirimkan oleh FNK kepada Penjual (sebelum 2.d.i)
      2. Penjual tidak mengirimkan barang (2.d.vii)
    2. Barang Tidak Sesuai
      1. Apabila Pembeli menganggap bahwa barang tidak sesuai dengan spesifikasi pada deskripsi barang, maka Pembeli memberitahukan kepada FNK selambat-lambatnya 1x24 jam setelah barang diterima.
      2. Penjual akan diberitahu oleh FNK apabila ada keluhan Pembeli. Penjual akan diminta untuk melakukan diskusi dengan Pembeli secara langsung.
      3. Apabila dalam waktu 2x24 jam setelah keluhan diterima belum ada pemecahan masalah, maka FNK akan meminta barang dikirim kembali dan uang akan ditransfer kembali ke Pembeli setelah dikurangi dengan biaya transfer.
      4. Apabila dalam waktu 2x24 jam setelah keluhan diterima, kesepakatan tercapai, maka FNK akan melakukan satu dari dua hal berikut:
        1. Mengirimkan uang kembali kepada Pembeli setelah barang dikirimkan kepada Penjual dengan bukti resi Penjualan. Uang akan ditransfer hanya setelah Penjual menerima barang tersebut.
        2. Mengirimkan sebagian uang kembali kepada Pembeli dan mentransfer sisanya kepada Penjual setelah dikurangi biaya-biaya yang muncul, apabila terjadi kesepakatan di mana harga diturunkan.