[AP]Aerial Photography dengan QuadroKopter

Oleh: Subagio Rasidi Kusrini, etoy (574)    14 tahun yang lalu

  0 

Kata pengantar

Mayoritas photographer yang mengenal Aerial Photography biasanya selalu menghubungkan istilah ini dengan pemotretan dari udara yang menggunakan helikopter, pesawat ringan, balon udara atau KAP (Kite Aerial Photography).

Penggunaan helikopter maupun pesawat ringan sangat mahal biaya jam terbangnya (di Eropa antara 1000-2000,- Euro /jam terhitung begitu mesin pesawat dihidupkan), belum lagi perijinan yang rumit untuk dapat terbang rendah, apalagi untuk helikopter yang ingin hovering disekitar tempat permuk- minan penduduk dsb, demikian pula dengan gas Helium untuk Balon Udara.

Tulisan ini sama sekali tidak membahas pembuatan Aerial Photography, melainkan membahas perlengkapan alat pembantu untuk membuat Aerial Photography dengan menggunakan sebuah Microdrone, pesawat tidak berawak yang dikendalikan secara elektronik dengan remote control.

Microdrone dapat berupa Fixed Wings seperti pesawat tidak berawak Predator yang dikendalikan melalui Satelit dari 3 Air Base kecil di Amerika untuk menghadang kaum militan Muslim di Afganistan dan Pakistan utara.

Bagi para hobbiest Aerial Photography salah satu type Microdrone yang cocok untuk digunakan adalah pesawat QuadroKopter, HexaKopter atau OctoKopter karena type pesawat ini dapat Hovering „bagaikan di paku di langit“ dan terbang sangat rendah diatas objek yang akan di foto.

Tulisan ini membahas component utama sebuah QuadroKopter yang saya rakit sendiri dengan menggunakan bermacam macam komponent elektronik dari manca negara dan dapat digunakan untuk keperluan Aerial Photography.

Gambar 1

Sebuah QuadroKopter Alumunium dengan panjang diagonal 37,2 cm sedang Hovering kira kira 1,5 meter dari permukaan tanah

Belum ada komentar