(sharing) IR or not IR : the Choice is Yours

Oleh:  Ina Herliana Koswara (91781)    14 tahun yang lalu

  0 

Dear all FNers,

Berawal dari beberapa pertanyaan yg ingin melihat bedanya tonal foto IR dan non IR -untuk landscape khususnya di satu lokasi, saya mohon ijinnya untuk coba sharing foto IR dan non IR di 1 lokasi, dengan komposisi dan angle yang kurang lebih sama/mirip.

(Memang tentunya tidak mirip 100% karena adanya perbedaan focal length lensa yang saya gunakan, dan juga pergeseran kiri-kanan, maju-mundur, berdiri-jongkok yang saya lakukan :D).
Foto diambil dalam waktu yang berdekatan, jadi dalam kondisi cuaca yang kurang lebih sama.

Sengaja foto saya satukan dalam 1 lembar supaya langsung terlihat bedanya.. konsekuensinya memang ukuran mengecil dan resize utk memenuhi syarat upload di forum sehingga mungkin agak mengurangi kualitas foto.

Foto saya coba pilih untuk berbagai kondisi (laut, pantai, gunung, sungai, danau, kawah, perkotaan, bangunan, indoor dll) di berbagai lokasi.

Sekaligus saya juga ingin mengundang rekan2 yang lain yang memiliki foto IR dan non IR (dari berbagai versi dan berbagai kamera) untuk sharing di thread ini sehingga bisa menjadi perbandingan bagi rekan2 yang membutuhkan, termasuk non landscape (model, makro dll), tentunya untuk objek dan jepretan yang kurang lebih sama/bersamaan.

Memang bukan untuk memilih mana lebih baik dari yang mana… because IR or not IR: the choice is yours..

Thanks to Heru C. Rishardana yang telah membantu menggabungkan sebagian foto-fotonya.
Thanks to moderator untuk spacenya.

Sementara ini dulu yang bisa saya upload, masih jauh dari sempurna, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Salam,


1. Pura di Nusa Lembongan, Bali......

Belum ada komentar