KITE AERIAL PHOTOGRAPHY

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    15 tahun yang lalu

  0 

Mungkin banyak teman2 di FN yang sudah pernah dengar, melihat atau bahkan punya pengalaman di bidang fotografi udara. Tapi berhubung di FN belum pernah ada artikel atau topik yang membahas Kite Aerial Photography - KAP (fotografi udara dengan menggunakan layang-layang) maka saya tuliskan pengalaman saya melalui forum ini. Harapan saya agar semakin banyak teman2 yang tertarik mencoba dan membuat KAP yang lebih bagus daripada yang saya buat ini.

Berbeda dengan fotografi udara dengan menggunakan pesawat terbang atau helikopter (baik yang dinaiki manusia maupun yang dikendalikan dengan remote control), KAP ini menurut saya lebih menyenangkan karena peralatannya sederhana, murah, dan mudah membuatnya.

Bahan-bahan yang saya gunakan dalam proyek KAP sederhana ini:

  • Layang-layang dengan ukuran rentang 1.5m
  • Senar pancing ukuran 1mm
  • Wadah kamera yang dibuat dari kantong plastik transparan tempat gula/makanan. Pinggir2nya dikuatkan dengan 'masking tape' dan staples.
Sekarang yang jadi tantangan adalah kameranya. Kalau saya pakai kamera biasa, masalahnya adalah bagaimana memicu tombol 'shutter' nya? Sebetulnya bisa saja membuat pemicu tombol secara elektronik maupun mekanik, tapi ini malah bikin repot.

Akhirnya karena sudah kebelet maka saya putuskan untuk menggunakan handphone PDA HTC Touch Cruise dengan sistem operasi Windows Mobile 6. Kualitas kameranya memang kurang bagus, tapi setidaknya bisa cepat menghilangkan rasa penasaran membuat KAP. Untuk pemicunya saya gunakan software Time Lapse dari www.pocketkai.net , yaitu sebuah aplikasi untuk Windows Mobile yang bisa secara otomatis mengaktifkan kamera dan mengambil gambar setiap beberapa detik (bisa diatur).

Berikut adalah contoh hasilnya.
Belum ada komentar