Olah BW di PS

Oleh: Agus Fitriandi (andieChiba) (2410)    20 tahun yang lalu

  0 

Langsung aja ya!! saya Mau tanya nie ke rekan2 FNer gi mana seh mengubah/mengelolah poto berwarna menjadi BW poto di PS?..thanks ya..

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Andrian Purnama T.S. (10973)    20 tahun yang lalu

 0 

Ada beberapa cara mas :)
1. Pake image-mode-grayscale, cara paling gampang, setelah ini kita tidak bisa edit lagi pake warna. Setelah itu recommended untuk pindahin lagi ke warna.
2. Pake color channel, ini di tab chanel (liat disebelah layer). Pilih channel yang menarik, merah, hijau atau biru. TIps : channel biru biasanya yang paling grainy, hijau paling natural, merah paling dramatis.
3. Pake image-adjustment-desaturate hampir sama dengan no 1 cuma masih tetap dalam modus warna.
4. Pake channel mixer, modus monochrome... ini saya rasa converter ke BW yang paling powerful di PS. Rada mirip dengna color channel tapi kita mencampur intensitas ketiga channel.

Selamat mencoba... Cheers !

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Wilson Hidayat (5565)    20 tahun yang lalu

 0 

Hi pak Agus,
Ada bbrp cara. Dan demi menjaga hasil karya anda utk bisa ditune lagi dikemudian hari saya highly recommend pakai adjustment layer (ada artikel ttg ini di kolom artikel). Kalau anda pakai photoshop 5.5 adjustment layer bisa diaccess dari: click Control+new layer (di layer window). Utk photoshop 6 keatas sudah ada tombol sendiri di layer window utk adjustment layer. (read your help file).

Cara2:
1. Diatas image yg akan dibuat BW buka new adjustment layer dg pilihan HUE/Saturation. Slide saturation ke minus 100. Lalu set mode color layer tsb ke COLOR.

Kalau anda mau buat warna2 spt sephia, buka lagi adjustment layer diatasnya. Pilih HUE/Saturation, tapi kali ini dg pilihan colorize on. Adjust slidernya sesuai keinginan anda.

2. Dg channel mixer layer adjustment. Cara2 sama dg diatas, tapi kali ini pada window channel adjustment tick monochome dibagian bawah. Adjust deh spt anda memakai filter merah atau hijau utk kontras warna. Ini yang paling bagus saya kira.

3. Cara lain adalah dg merubah ke modenya ke grayscale. Yaitu (di bagian atas photoshop) Image-Mode-Grayscale. Disini anda bisa ada pilihan utk Duotone, Tritone etc dg warna2 yang bisa dipilih (Pantone).

Semua adjustment diatas bisa di improve dg memberikan Curve/Level adjustment layer diatasnya.

Intinya ... terserah anda gimana hasilnya!

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Felix Kuntoro (6616)    20 tahun yang lalu

 0 

Mas Andrian, mas Wilson...makasih banyak. Saya jadi ikut belajar nih. Soalnya sampe saat ini saya juga cuma tahu satu cara....thanks. Salam.

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Gerry Soetanto (1352)    20 tahun yang lalu

 0 

mirip dengan point 3 Andrian Purnama T.S. dan point 1 Wilson Hidayat, lebih mudah hapalkan:
<ctrl> + <shift> + <U>
sekali lagi saya ingatkan, cara ini belum merubah system warna dari rgb ke grayscale. minimal anda rugi karena filesize 3x lebih besar dari seharusnya.

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Donny Verdian (18985)    20 tahun yang lalu

 0 

Biasanya setelah saya lakukan desaturate (Ctrl + Shift + U) saya menghaluskan BW dengan cara:
Duplicate layer gambar yang di BW kan
Gaussian Blur kan layer baru itu. Mode layer diubah sesuai keinginan (biasanya saya pake Overlay/Hard Light/Darken) Trus diatur opacitynya. IMHO

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Andrian Purnama T.S. (10973)    20 tahun yang lalu

 0 

Kalo mo menghaluskan coba di gaussian blur channel biru aja. FYI channel biru itu menyimpan paling banyak grain

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Wilson Hidayat (5565)    20 tahun yang lalu

 0 

Cara yg dilakukan bung Donny memang baik utk menghaluskan. Tapi sayangnya tdk jadi menghasilkan gambar yg tajam. Biasanya cara tsb utk membuat FX soft focus.

Channel biru memang bergrain (baca: Noise) paling banyak. Makanya utk shooting film sekarang orang lebih banyak shoot dg greenscreen dibanding blue screen, selain complementary dari warna kulit kita.

Re: Olah BW di PS

Oleh: Agus Fitriandi (andieChiba) (2410)    20 tahun yang lalu

 0 

wahh.makasih banyak Om Andrian dan Om Wilson dah ngasih Ilmunya :)IMHO dah saya soba om trik nya cobah liat dech Om di galeri truss sarannya lage ya Om:) tuh liat om hasilnya :D

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Dita Primanti (9556)    20 tahun yang lalu

 0 

Seandainya kita pake channel mixer, yg red channel misalnya. Yang mana yang setara dengan pakai filter merah ya, kalau merahnya dikurangi atau ditambah? Terima kasih buat yang mau menjawab :)

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Andrian Purnama T.S. (10973)    20 tahun yang lalu

 0 

Kalo mo simulasi filter merah, merah perlu ditambahin dan biru diturunin. Secara rule of thumb, (menurut saya) jumlah dari persentase di seluruh channel jangan melebihi 120 % dan jangan kurang dari 90 %

Re: Olah BW di PS

Oleh: Fadliansyah (591)    18 tahun yang lalu

 0 

emang paling TOP BGT bikin foto bw ya pake channel mixer, klo mo halus di bagian kulit, c.red 100% lainnya nol. saran saya mending utamakan c. green dan red saja, usahakan jumlah keseluruhan akumulasinya tetap 100%. Selain itu, ada juga yg lumayan cuanggih, menggunakan gradient map, tinggal pilih foregoround dan background item putih, jadi deh. masih kurang bagus? coba dua cara ini dulu deh!

Re: Olah BW di PS

Oleh:  Teddy Dany (5727)    18 tahun yang lalu

 0 

sebenarnya semua cara hampir sama, kalu cara saya tinggal tambahin layer kosong di paling atas fill warna putih trus mode layer pilih color.jadi deh. tinggal main kontrasnya lewat curves.