Forum

Hangga Hari K. | 09 Oktober 2006 23:05:49 |

Warung Kopi Fotografer.net > Usulan (Wish List)

0
0
24
Dilihat : 2391

Rekan's FN yg baek dan yg saya hormati pertama2 saya MINTA MAAF SEBESAR-BESARNYA kalo mngkin topik ini pernah di balas sebelumnya, setelah saya membaca beberapa topik yg terdahulu sekali mngkin sktr tahun 2004an. Ada beberapa anggota FN yg menanyakan "Bagaimana kalo anggota FN mempunyai kartu tanda pengenal, dsbnya" untuk menanggapi hal seperti itu saya mempunyai saran yg mungkin menurut rekan FNers ( senior ato pemula ) ada baeknya jg...Tetapi masih ada rasa keraguan dalam diri saya apabila saya membuatnya / melangkahi aturan yg ada.

Sebagai berikut :

1. Untuk pembuatan KARTU TANDA PENGENAL FN bias membuat sendiri dengan selera masing2 anggota dan menggunakan logo asli dari FN itu sendiri.

2. Membuat KARTU TANDA PENGENAL FN sendiri sesuai selera masing tetapi tidak menggunakan logo asli FN. ( tetapi tetap menuliskan kata fotografer.net di bagian atas kartu menggunakan FONT selera kita )

Mengapa saya membuat post ini...? Mungkin ada beberapa anggota FN di luar kota/pulau ingin sekali dengan sangat memiliki kartu tanda pengenal FN klo dirinya jg sebagai anggota ( Member ) FN ini, tetapi tdk dapat mengerti dimana membuatnya klo resmi FN.

Mungkin sekiranya dari kakak2 SENIOR di FN ini dapat memberikan ijin kepada anggota / member yg ingin sekali membuat kartu tanda pengenal sendiri dan menggunakan logo tersebut. Mngkin ada pula perjanjian2 tertentu antara kakak2 SENIOR FN dan anggota yg ingin membuat kartu FN tersebut, seperti pertanggung jawaban, tidak semena-mena saat hunting dll...

Bagaimana menurut rekan's FN ?? Apabila dari kakak2 SENIOR FN rata2 tidak memberikan dukungan terhadap pembuatan kartu tanda pengenal FN sendiri, mau bagaimana lagi ? Kita ikuti saja peraturan yg ada di sini...Kan demi kenyamanan kita semua sesama fotografer di Indonesia.

Terima Kasih sebelumnya...

09 Oktober 2006 23:11:47

0
0

Coba judulnya di-edit dulu agar lebih informatif

Bisa dimengerti keinginan untuk membuat identitas diri yang menunjukkan seorang anggota resmi Fotografer.net. Mungkin ini didasari sulitnya mendapat akses memotret di Indonesia & kartu identitas tersebut diharapakan dapat "melicinkan" akses. Betul nggak ?

Yang perlu diingat FN adalah komunitas maya. Kalaupun ada kopi darat dan terbentuk komunitas di milis2 yang bersifat regional, itu hanya sarana untuk memudahkan komunikasi yang sifatnya lokal. Suatu komunitas maya hendaknya tetaplah bersifat maya. Kartu identitas akan membuat seolah-olah FN adalah sebuah organisasi yang mempunyai badan hukum & berkedudukan tetap. Kalau sudah begini banyak aturan & kewajiban2 yang harus dipenuhi FN. Intinya sesuatu yang semula sederhana menjadi ruwet.

Yang kedua adalah tanggung jawab penggunaan kartu tersebut (bila ada). Apakah pernah dipikirkan penyalahgunaan kartu untuk kepentingan pribadi atau merugikan pihak lain. Lalu jika ada tuntutan siapa yang mau menghadapi ?

Menurut saya usul sih boleh saja, tapi sebaiknya sekaligus diberikan usulan yang kongkrit ditinjau dari berbagai aspek. Jika usulannya masuk akal dan dapat diaplikasikan tentu bisa direalisasikan. Membuat ID card sendiri2 (apa lagi dengan desain sesukanya) jelas tidak diperbolehkan.

09 Oktober 2006 23:23:56

0
0

Jangan deh...nanti disalahgunakan....

Buat apa sih kartu anggota FN ? Ini bukan organisasi yang punya kekuatan hukum, katakanlah untuk bisa membuat kita punya hak lebih saat akan memotrat sesuatu. Ini adalah paguyuban saja yang sangat menyenangkan. Apa kurang ?

Kalau mau dibuat analogi, dalam sebuah RT/RW, apa perlu kartu anggota RT/RW?

09 Oktober 2006 23:32:09

0
0

Memang saya memahami betul tentang FN ini, situs ini sdh termasuk perkumpulan para fotografer se-Indonesia dan saling memberikan ide2 tentang fotografer. Tetapi apabila ada seorang entah itu member ato bukan menggunakan kartu tanda pengenal ( bukan FN ) sebagai FOTOGRAFER bagaimana kak...? Apakah langkah seperti itu bisa membantu saat HUNTING ??

09 Oktober 2006 23:37:20

0
0

Kadang pendekatan personal & mengenal medan lebih efektif dari sebuah kartu.

Seorang Arbain Rambey mempunyai kartu pers yang membantu menjalankan tugasnya. Tapi seorang Deniek Sukarya atau Don Hasman tidak pernah punya kartu apapun untuk menciptakan foto-fotonya. Berani tarohan, kalau ke Baduy kartu persnya Bang Arbain gak laku happy

Oh iya... kalau mau sekedar identitas, anda bisa membeli merchandise FN

10 Oktober 2006 05:04:38

0
0

Dari sesama junior...
Menurut gw pandangan gw sih, ngapain pula buat-buat kartu nama fn. Pertama, rugi duit (daripada buat kartu nama mending dibeliin filter hehhehee....), kedua takut disalah pergunakan, jaman sekarang mah harus meminimalisir resiko ini. Tanpa kartu nama kita bisa tetep banyak kenalan kok disini hehehehehe..... misalnya :ke Yogya, tinggal kontak salah satu temen mereka insya Allah bersedia ngasih tahu tempat2 bagus buat moto, ke Balikpapan.... juga gitu.... Asal ngomong baik-baik... tentu di reply dengan baik... alhamdulillah... saya udah beberapa kali menemukan persaudaraan yang hangat tanpa kartu nama disini.

10 Oktober 2006 05:16:45

0
0

menurut daku jgn buat ID FN dah takutnya ada satu orang menyalah gunakan nama FN lainya jadi tercemar, lagi pula FN ka komunitas maya, kalo buat pelicin , mengecoh agar bisa memotret leluasa saya punya trik biadab bin culas [ mohon di pikirkan ulang kalo mau di tiru] sempat juga ngecoh polisi hehehhe, dan beebrapa tempat ^^ , tapi ga selalu berhasil big grin iseng buat ID Pers nama sebuah UKM kampus ku dulu tapi di buat bukan berasal dari kampus, ngebuat nama belakang saya Gani menjadi Tabloit Genie heehheh, culas kan ^^ dah aman foto gampang. nah coba kalo kita buat ID FN di gunakan oleh orang yang parahnya lebih dari saya gimana coba? big grin lah gwe kok polos2 amat yah ngaku dosa... >.<

10 Oktober 2006 06:57:02

0
0

Saya lumayan sering hunting bareng ARB. Sungguh, di lapangan saya belum pernah melihat dia menggunakan ID Card Pers nya. Anehnya, kok orang percaya saja bahwa dia dari Kompas. happy

ID Card FN? Tidak pernah ada.
Saya pun tidak punya.

Kalau kartu nama FN hanya ada 2.
Punya saya dan punya Kristupa.

Untuk yang lainnya, kami tidak mengijinkan pembuatan kartu nama dan ID Card FN dalam bentuk dan alasan apapun.

Kalau mau, yang seperti ini boleh dilakukan:

1. Anda membuat kartu nama pribadi (tidak boleh pakai logo FN)
2. Cantumkan alamat galeri Anda ... misalnya : http://nama_anda.fotografer.or.id
3. Bagi yang donasi, Anda bisa cantumkan alamat email Anda : nama_anda@fotografer.net, dan URL personal galeri Anda : http://nama_anda.fotografer.net

Saya pikir, ini sudah cukup.

10 Oktober 2006 07:48:39

0
0

Setuju sama bang Ucok, pendekatan personal lebih efektif ditambah sedikit senyum dengan kamera ditenteng dijamin dapat ijin. Dilokasi atau even tertentu memang suka bingung kalo di tanyain dari media mana, biasanya saya jawab sekenanya "dari media center" kalo ditanya fotonya buat apa, saya jawab saja "buat upload FN" gantian yang nanya yang bingung big grin

10 Oktober 2006 08:24:49

0
0

Dibalik keinginan Hangga, tersirat ada kebanggaan menjadi member FN. Artinya FN sudah harus unjuk gigi, "Nih lho availability FN,..Nih lho gue anggota FN.... Nih lho gue fotografer ....dsb. Dalam bahasa Marketing keinginan itu digambarkan dalam istilah brand awareness. Saya bisa memahami ada keinginan2 yang sama diantara para members, tetapi ujung-ujungnya dengan ID Card, objective-nya apa sih? FOR WHAT GITU LHO? Apa hanya untuk "pelicin" atau ada keinginan laen. Saya setuju dengan Bang Ucok dan Bang ARB, NGGA perlu lah ada ID Card s'gala, gimana coba klo sampe ilang atau disalahgunain? Tetapi mengenai masalah FN sbg dunia maya, mesti harus tetap menjadi dunia maya...Saya pikir kog engga gitu ya, saya justeru melihat ini sebagai OPPORTUNITY bagi masing-masing member. Kita sama-sama engga ngerti setahun atau sepuluh tahun ke depan. Siapa tahu ini FN bisa bermetamorfosis menjadi lembaga yang berbadan hukum dan disegani club-club fotografi dunia. Seperti YAHOO, contohnya! applause

10 Oktober 2006 08:41:23

0
0

boleh sumbang suara...

menurut saya juga tidak perlu ada kartu identitas FN karena dampaknya cukup luas.

mengenai "ijin memotret" bisa dibicarakan dan dibutuhkan komunikasi yang baik antara kita dan subjek... beberapa jurnalis biasanya jarang menunjukkan id card mereka, biasanya ketika diminta baru diperlihatkan.

lebih baik saran saya beli kaos FN dan pake kalo pas hunting, ketauan deh dari FN sekalian promosi biar komunitas maya ini makin sip... jaringan pertemanan dan anggota menurut saya juga sarana untuk bisa mendapat akses memotret...

tahukah teman-teman Sebastiao Salgado (documentary photographer) yg sudah kelas dunia itu masih dilarang satpam memotret di sebuah mal di Jakarta happy

10 Oktober 2006 08:53:49

0
0

Cuma mau komentar aja yang tidak ada hubungannya dengan setuju atau tidaknya ID card FN. Saya baca dari komentar awal sampai komentar akhir terutama dari para sesepuh kalimatnya semua lembut dan menyentuh. Saya pernah baca beberapa topik dari pemula dan ada komentar dari beberapa senior yang rasanya terlalu vulgar untuk diucapkan. Tetapi topik kali ini komentar dan alasan dari para sesepuh betul betul logis dan diungkapkan dengan ekspresi memberi tahu dan bukan ekspresi menggurui. Terimakasih, hati saya jadi senang. Ini hanya ungkapan perasaan saja.

10 Oktober 2006 08:55:32

0
0

wes...wes... orang kemarin sudah di bilangin kok masih aja gak ngeh..

kalo mau..ya betul seperti apa katanya om2 yang di atas.. buat aja kartu atas nama sendiri.. jangan bawa2 nama organisasi.

not talking

10 Oktober 2006 09:39:25

0
0

betuuuuuuuuullllllllllllllll..............
buat apa sih buat kartu ID gitu gitu...
nggak ada guna nya kok....
paling juga buat keren keren an doang.....
itu pun nggak perlu ah....
"NTAR BISA DISALAHGUNAKAN" euy...

10 Oktober 2006 10:47:40

0
0

You wrote: Mengapa saya membuat post ini...? Mungkin ada beberapa anggota FN di luar kota/pulau ingin sekali dengan sangat memiliki kartu tanda pengenal FN klo dirinya jg sebagai anggota ( Member )

ke mana-mana pakai kaos FN aja hee hee

10 Oktober 2006 11:11:35

0
0

alexander Luciano : "tahukah teman-teman Sebastiao Salgado (documentary photographer) yg sudah kelas dunia itu masih dilarang satpam memotret di sebuah mal di Jakarta"

kalo Ronaldinho yang motret di mall gimana om ???? rolling on the floorrolling on the floorrolling on the floor
becanda lho ya om Luciano....bercandaaaaa atuh...piss lah salam piss FN`ers....

10 Oktober 2006 22:25:42

0
0

Coba usulannya diarahkan ke "FN Discount Card" atau "Kartu Donasi FN" misalnya. Lebih realistis untuk didiskusikan.

10 Oktober 2006 23:07:01

0
0

sekalian aja usul "FN MasterCard" atau "FN Visa" ......potential demand ? happy

10 Oktober 2006 23:55:38

0
0

maaf yah buat para tetua................

sek.....sek......sopo arek iki seh...????happy

mas......sampeyan kok gae riwuk seh.....?!?!?!?!?!big grin
sampeyan arek suroboyo endi seh? arek etanan yooohhh??!?!?!?devil

ni kan sama aja pembajakan secara halus......................

hehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe......happy

oia, tadi diundang ngumpul bareng ama arek2 FN suroboyo kok gak dateng...?!?!?!?!? tanya kenapa?!?!?!?!? confused confused confused confused confused

yuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuukkkk...................

11 Oktober 2006 00:15:58

0
0

waiting ....

11 Oktober 2006 00:42:24

0
0

Ayo mas..
nanti rencana abis saur mau hunting ke kenjeran...
kl mau dateng aja skalian..
biar kita2 bisa diskusi skalian sharing langsung gitu lhoo... batting eyelashes

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!