Baca Dulu: Panduan Membuat Thread/Topik di Forum Merk Lain

Oleh:  R. B. Isworo (5768)    17 tahun yang lalu

  0 

Yang perlu diketahui sebelum membuat Topik baru
Sebuah thread akan memakan space di hard disk server. Space = cost. Sebuah thread akan memakan bandwidth orang-orang yang mengakses dan juga bandwidth server. Bandwidth = cost. Jadi pertimbangkan dengan matang apakah sebuah thread perlu di buat atau tidak. Pertimbangannya adalah sebagai berikut:

  • Informasi yang akan disampaikan perlu untuk pengguna
  • Informasi yang saya cari tidak dapat saya dapatkan di internet

Mencari informasi mengenai produk fotografi (terutama digital) di internet bisa didapatkan dari:
  • Dpreview Camera Page
  • Website masing-masing produk. Cara paling mudah mencari alamat website adalah dengan formula berikut: http://www.nama pembuat kamera.com/ Gantilah nama pembuat kamera dengan merk kamera yang anda cari informasinya (misalnya: sony, samsung, panasonic, dll). Gunakan fasilitas navigasi di masing-masing website
  • Cari di Google Sebagai starting point, gunakan merk dan model kamera yang anda cari informasinya sebagai kata kunci. Apabila hasil terlalu banyak dan membingungkan coba gunakan kata kunci sebagai berikut: +merk +model +review Ganti merk dan model menjadi merk dan model yang anda cari. Jangan lupa tanda plus. Apabila mencari spesifikasi ganti kata review dengan specification.
  • Cari di Fasilitas cari di FN
  • Kalau semua tidak mendatangkan hasil. Buatlah thread yang anda inginkan.

Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat thread? Bacalah:
Panduan Membuat Judul di Forum
Nettiket Forum Diskusi
Memformat Text pada Forum Diskusi
Membuat Emoticon/Smiley
Dan yang paling penting: Aturan dan Ketentuan Fotografer.Net yang sudah anda setujui untuk dipatuhi pada saat anda mendaftar.

Mengenai merk kamera
Memilih merk kamera adalah memilih sebuah system. Pemilihan sebuah system adalah hal yang sangat personal. Sangat tergantung dari pemikiran dan pertimbangan pribadi masing-masing pengguna. Yang paling penting adalah bahwa semua merk kamera dan semua model kamera mampu untuk membuat foto yang sangat bagus, atau yang sangat jelek. Semua tergantung dari kemampuan para pemakai.
Yang paling penting adalah kita bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan sistem yang kita punyai. Kita gunakan kelebihannya, dan kita cari cara mengatasi kelemahannya. Hal seperti ini bisa kita diskusikan di sini.

Merk apa saja yang boleh didiskusikan di sini?
Merk apa saja selain Canon, Nikon dan Olympus, karena tiga merk itu sudah mempunyai forum sendiri

Apakah terbatas pada Kamera saja?
Tidak. Bisa juga membahas lensa merk selain Canon, Nikon dan Olympus walaupun lensa tersebut untuk Canon, Nikon dan Olympus. Peralatan lainnya harap masukkan di diskusi masing-masing jenis peralatan.

Saya ingin tahu soal beberapa fitur dari kamera yang saya punyai

Pertama cobalah manual yang datang dengan kamera anda. Bacalah manual terlebih dahulu. Hampir semua fitur dideskripsikan di situ, berikut cara menggunakannya, dan batasan-batasan penggunaannya.
Apabila manual tidak membantu, cobalah mencari informasi di website masing-masing merk. Biasanya informasi bisa didapatkan di bawah menu Support.
Apabila masih tidak ada. Coba gunakan Google.
Apabila masih tidak ada juga, gunakan fasilitas cari di FN.
Masih tidak ketemu? Silakan bikin topik di forum ini.

Saya sudah membuat topik yang menurut saya valid. Apa yang kemudian harus saya lakukan?

Kawal diskusi di topik tersebut. Anda membuat thread, maka anda mencoba mengawal diskusi dalam thread tersebut. Caranya: gunakan kata-kata yang jelas dan padat. Apabila anda mempunyai pertanyaan, bertanyalah dengan jelas. Meminta positif dan negatif sebuah barang, tanpa secara spesifik menanyakan apa yang positif dan apa yang negatif, akan membuat pertanyaan anda tidak terjawab, atau jawaban meleset dari harapan. Apabila anda mempunyai satu kesulitan uraikan apa yang anda lakukan, dan di mana kesulitan tersebut muncul.
Jangan tinggalkan diskusi sebelum kesimpulan tercapai. Melempar sebuah topik, apalagi sebuah pertanyaan, akan membuat diskusi menjadi tidak terarah.

Saya sangat suka merk A, bolehkah saya membuat thread memuji-muji merk tersebut?
Memilih kamera adalah hal yang sangat personal. Semua kamera bisa menghasilkan foto yang bagus dan foto yang sama sekali buruk. Semua tergantung dari fotografernya. Tidak ada satu jaminan bahwa kamera berharga puluhan juta dan lensa yang juga berharga puluhan juta, bisa membuat foto yang juga berharga puluhan juta.
Respect the others. Silakan yakinkan diri anda sendiri bahwa merk yang anda pilih adalah merk yang paling bagus, tetapi hargai juga pilihan personal orang lain.
Semua kamera mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diskusikan kelebihannya secara obyektif dan santun. Diskusikan juga cara mengatasi kekurangannya. Tidak ada satupun kamera yang tidak mempunyai kekurangan.

Ada banyak pengumuman mengenai merk yang saya pakai, bolehkan saya posting semua?
Gunakan pertimbangan yang matang dalam membuat thread. Apakah informasinya memang berguna? Atau hanya berupa informasi yang mendukung ego saya dan brand yang saya pakai?

Saya sangat suka merk yang saya pakai, sehingga saya mau sekuat tenaga me"racuni" orang untuk ikut pakai merk saya?
Harap lakukan kegiatan tersebut pada saat hunting bersama. Jauh lebih efektif, daripada kata-kata di sebuah forum.

Saya sangat suka merk yang saya pakai, sehingga saya mau sekuat tenaga mengiklankan merk saya.
Sepertinya di manapun juga membuka lapak di halaman rumah orang itu tidak sopan. Terlepas dari pertimbangan apakah ada keuntungan material atau tidak, semua iklan di FN seharusnya dikoordinasikan dengan admin.

Saya kok merasa merk B sangat jelek. Noisy, mahal, soft, pokoknya jelek. Saya harus memberitahukan hal ini kepada pemakai merk B. Bolehkah?
Respect the others. Lihat di bagian atas tulisan mengenai merk kamera. Semata-mata memberitahukan kejelekan merk lain tidak akan membuat anda lebih disegani.

Saya ingin memberikan komentar: mantap, nice, ah kapan ya?, dll dll
Stay away from one-liner. Komentar seperti itu tidak berguna bagi member karena tidak memberikan informasi mengapa itu mantap, bagus, dan sebagainya. Lihat bagian atas tulisan ini.

Saya mau membuat thread foto blog. Bolehkah?
FN mempunyai fitur yang bernama Galeri. Gunakan itu. Karena disitulah tempat kita sharing dalam sebuah komunitas yang bernama Fotografer.net.

Tapi bagaimana saya bisa belajar tanpa sebuah foto blog?
Manfaatkan semua fitur FN secara penuh. Gunakan forum Pojok Pemula, Klinik Foto, Olah Digital, dan Minat Khusus untuk itu.

Saya mau share sebuah esai foto menggunakan salah satu merk lain, bolehkah?
Silakan, tetapi gunakan forum yang tepat. Forum-forum di bawah Minat Khusus, atau forum Konsep dan Tema bisa menampung sharing seperti ini.

Saya mau membuat pengumuman hunting yang didukung merk tertentu, di manakah saya buat threadnya?
Hunting, Seminar, Workshop dan Lomba walaupun itu khusus untuk satu merk sekalipun harus dibuat di forum yang tepat. Forum Merk Lain hanya digunakan untuk membahas alat saja.

Apa point dari semua peraturan ini?
Bahwa bagaimanapun juga kita adalah bagian dari satu komunitas besar bernama FN. Mengeksklusifkan diri dalam sebuah komunitas besar bukanlah tindakan yang benar.

Apa yang terjadi bila saya melanggar?
Moderator akan menghapus komentar atau topik yang anda buat.

Apa yang terjadi bila pelanggaran berkali-kali dilakukan? Apakah saya bisa disuspend/penalti?
Mungkin. Yang jelas perilaku ini akan kami monitor terus dan akan kami laporkan kepada admin beserta bukti-buktinya apabila dianggap mengganggu.

Trus gimana donk? Kan saya jadi takut nih.

Kenapa harus takut? Semua peraturan di atas dibuat untuk menjadikan tempat kita bertanya ini menjadi tempat yang nyaman bagi kita semua. Ikutilah petunjuk di atas. Anda pasti akan aman. Satu dua kesalahan masih bisa kita maklumi, bahkan 5 atau lebih kesalahan pun masih bisa kita maklumi apabila memang dilakukan tanpa kesengajaan.
Belum ada komentar