Forum

Rimba Mahardika | 25 April 2006 14:27:49 |

Warung Kopi Fotografer.net > Bincang Bebas

0
0
94

Sekitar tahun 2004-an saya pernah mendaftar sebagai anggota di fotografer.net, dengan user name yang berbeda dengan yang sekarang saya gunakan.

Selama menjadi anggota, tak banyak nilai yang diberikan oleh FNers ke foto-foto yang saya up-load. (maklum, dari dulu sampai sekarang fotografer amatir).

Suatu waktu, ketika liputan, saya berjumpa dengan seorang kawan fotografer di lapangan. Kami berbicara ngalor-ngidul, dan sampai akhirnya membahas tentang fotografer.net. Dia mengatakan, "elu ikutan fotografer.net percuma, jika elu nga ada yang kenal dengan fotografer-fotografer di website itu. Gue jamin, yang nilai sedikit meskipun foto-foto lu bagus. Mungkin, seandainya ada, hanya berupa kesadarannya saja sebagai anggota fotografer.net." Dalam hati saya, "apa benar ya!?".

Setelah mendapat informasi tersebut, saya tidak langsung percaya, saya terus meng-up load hasil-hasil bidikan saya ke fotografer.net. Dapat setengah tahun, kenyataan omongan kawan fotografer itu mulai saya rasakan. Dalam hati lagi, "begini banget ya website ini. Katanya tempat berkumpulnya fotografer-fotografer amatir dan profesional. Tapi kenyataannya ADA KOMUNITAS LAGI DI DALAM FOTOGRAFER.NET.

Selang beberapa hari, akhirnya saya memutuskan hengkang dari website ini. Dalam arti, sama sekali tidak meng-up load foto-foto lagi meskipun user name masih bisa dipakai namun belum terverifikasi di website ini.

Maret 2006 kemarin, saya kembali mendaftar dengan user name baru sekaligus mengirimkan indentitas diri saya ke admin fotografer.net, dan akhirnya terverifikasi juga.

Ternyata hampir tidak ada perbedaan dengan website ini. Masih saja seperti 2 tahun yang lalu, ketika saya pertamakali mendaftar. Ada dugaan DI DALAM FOTOGRAFER.NET MASIH ADA KOMUNITAS LAIN, yang cenderung memberikan '3 Jempol' ke foto-foto yang dinilai jauh dari foto-foto yang seharusnya mendapatkan nilai penuh (lima).

Menanggapi hal ini, saya menghimbau kepada FNers, website ini jangan dijadikan sebagai wadah untuk kepentingan organisasi sendiri. Fotografer.net adalah tempat ngumpulnya sesama pecinta fotografi, baik amatir ataupun profesional, sehingga yang tadinya tidak kenal jadi kenal, yang tadinya kualitas fotonya kurang baik menjadi lebih baik. Jika kawan baik anda menampilkan foto yang kurang baik, jangan ragu untuk mengkritiknya. Karena kritikan adalah emas ketimbang sanjungan, yang bagi saya akan saya buang ke tong sampah.

Sekian.

25 April 2006 14:42:30

0
0

Masak Sih begitu Mas Rimba ?
Perasaan saya kayaknya enggak deh....
Justru saya banyak kenal sama temen-temen baru di sini.

Kalo saya sih jika foto saya yang kurang di 'minati' maka akan saya review dimana salahnya ?? dimana kekurangannya ? terus saya coba cari lagi objek yang lebih menarik dan agak beda atau yang nyeleneh sekalian tapi bukan ngasal lho ya...seklaigus upgrade skill.

Saya adalah seorang Otodidak dalam menekuni fotografi.
Tapi saya banyak cari knowledge dari berbagai sumber.
Trus yang sulit itu sebenarnya adalah Menyamakan selera dengan orang lain...

Saya ingat kata-kata Om AHD (Kalo gak salah nih!) beliau bilang : Motret itu pertama pikirkan hasil akhirnya mau seperti apa !!! bukan motret dulu baru mau di pikirkan akan diapain....
Saya banyak belajar dari Wejangan singkat beliau...

Maaf nih kalo gak berkenan, semangat donk Bro happy
Jangan putus asa gitu akh...nikmati aja...okey ?

Jabat Erat

25 April 2006 14:49:58

0
0

Jangan arahnya ke NILAI ... big grin ... upload lah sesuai nurani .... pertemanan di FN adalah Nilai Plus lainnya big grin ...

25 April 2006 14:53:35

0
0

mungkin ada benarnya mas rimba... tapi semuanya kembali ke kita masing-masing.. apakah kita mau memberikan nilai berdasarkan "komunitas" kita sendiri atau berdasarkan penilaian yang benar-benar jujur... aku sendiri selalu mencoba konsisten menilai sebuah foto...

hal seperti yang mas rimba minta sudah berkali-kali dibuat di thread tetapi kita juga harus sadar bahwa FN adalah komunitas yang sangat besar, 70an ribu member, dan tidak semua membaca thread seperti ini ataupun thread yang sejenis dahulu...

intinya: kalo memang kita mau berkarya ya berkarya aja mas... aplot ya aplot aja... selera 20ribuan member, perkiraan yang aktip yah, kan beda satu dengan yang lain... yang pasti aku sendiri banyak belajar dari FN dan sepertinya belum terpikir untuk mundur dari FN hanya karena foto yang aku aplot yang aku anggap bagus tidak mendapatkan nilai yang "sesuai"...

25 April 2006 15:09:25

0
0

Tinggal tergantung visi dan tujuan mas Rimba join di sini...., apakah anda hanya butuh nilai.....?? Apakah itu visi dan tujuannya...??

Ilmu dan pengetahuan bisa didapat dgn berbagai cara..... nilai dan komentar mungkin adalah salah satu yg paling sederhana dan tidak akurat....... tapi efek multiplier dari itu yg bisa jadi lebih dahsyat dan bermanfaat buat pengembangan diri dan skill....

Cheeeeeeerrrrrrrs........

25 April 2006 15:16:58

0
0

Waduh, Mas Rimba...

Anda butuh kritik atau Nilai ?
Kalay butuhnya kritik, saya jamin akan bisa diberikan dengan adil oleh teman-teman di sini, namun dengan catatan bahwa foto anda menarik buat mereka.

Jika anda butuh nilai, saya ridho anda mengambil nilai saya sebagian atau seluruhnya.
Asal dimengerti ajah kalo nilai saya sebagian besar dari memberikan penilaian. big grin

Dulu pun saya berpikiran yang sama dengan Anda.
Tapi ketika saya sadar bahwa memang kualitas foto saya yang buruk, saya seketika berubah pikiran.
So, alih2 menutup account, saya hanya meneruskan saja hobby saya dalam membuat foto dan mengupload-nya di sini.

toh, seperti yang dikatakan kakak saya, Jeng Wiwin yang cantik jelita bahwa pertemanan yang saya dapatkan di sini merupakan daya tarik tersendiri, disamping saya tetap bisa menambah ilmu saya.
Paling tidak menambah ilmu untuk melihat foto lebih baik, belum sampai untuk menghasilkan foto lebih baik.

Salam.

25 April 2006 15:17:16

0
0

yang saya rasakan kok tidak seperti itu ya? happy saya belum pernah bertemu atau kenal dengan anggota FN sebelum bergabung. komentar yang saya terima memang pada awalnya sedikit. tapi setelah itu, foto-foto saya yang mungkin memang dianggap menarik oleh anggota, cukup dapat banyak komentar kok.

sekarang setelah sekitar 1 tahun jadi anggota dan kenal dengan beberapa orang, kalau foto yang saya upload memang dianggap kurang menarik oleh anggota lain, ya tetap saja tidak dapat banyak komentar.

catatan: foto yang saya anggap bagus, kadang-kadang dianggap angin lalu saja oleh kebanyakan anggota. sementara foto yang saya anggap biasa saja, kadang-kadang ternyata mendapat respons yang baik.

jadi, saya kira ini m asalah selera saja bung Rimba. ada fotografer yang suka still life, ada yang suka abstrak, ada yang suka landscape, ada yang suka foto-foto paha dan dada ... gitu loh.

so cool aja deh! peace, ok! happy

25 April 2006 15:18:05

0
0

wah.. kl tujuannya nilai ya begitulah jadinya mas..

upload aja jngn mikirin nilai.. mungkin saja yg online pada saat mas Rimba aplot foto rata2 tidak sealiran dengan anda..

misalkan saja.. orang yg suka dengan Human Interest ya mungkin saja tidak akan menanggapi foto pemandangan.. (ya sekedar asumsi saja)

pernah juga kan ada yg buat thread tentang "Foto anak kurang disukai"

foto2 saya juga jarang yg komen.. padahal saya anggap itu foto bagus.. tp ya gpp kan.. gak mesti foto bagus "harus" diberi komentar atau 3TU..

SALAM happy

25 April 2006 15:18:11

0
0

Sebagai tambahan, jujur, saya membutuhkan kritikan meskipun pedas sekalipun dari orang lain, baik itu yang gemar fotografi maupun tidak, supaya saya terpacu untuk membuat yang lebih baik lagi. Tidak munafik juga, nilai juga saya butuhkan namun yang sewajarnya. Jika foto saya memang jelek, tidak apa diberikan nilai rendah, bahkan jempol ke bawah sekalipun. Intinya, berikan nilai yang sewajarnya saja-lah. Jangan ada rasa tidak enakan, walaupun fotografer itu kawan baik anda.

25 April 2006 15:19:40

0
0

BTW, harus diakui pertemanan memang ada pengaruh. tapi, kualitas dan selera tetap sangat menentukan. IMHO loh.

25 April 2006 15:24:39

0
0

Sayah setuju dengan Bang Togar, Mungkin memang ada komunitas2 lain di FN, tapi tetap saja ada FNers yang selalu mencoba konsisten dalam menilai sebuah foto... Tapi juga bisa begini, Dari banyaknya anggota FN, tidak selamanya mereka online 24 jam, ada yang online pagi, siang, sore ataupun malam, tidak bisa disangkal kalo disitu bisa terbentuk komunitas lagi... Ditambah lagi kalau Hunting, dari perkenalan sesama FNers, bisa terbentuk komunitas lagi... Apalagi dari kategori foto spt, makro, landscape, model, dll, disitu pasti ada komunitas lagi... Tapi semuanya tergabung dalam komunitas FN, menampilkan karya mereka dan apresiasi masing2... Kalau soal nilai, itu hanya bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap suatu karya, jangan dijadikan hambatan kita untuk berkarya... Mas Rimba mungkin bisa upload karya yang "agak" sesuai selera pasar... big grin So, keep upload aja mas... Smoga berkenan, Cheerrsss... >salam<

25 April 2006 15:26:36

0
0

Dik Kebo bisa saja .... blushing

25 April 2006 15:29:27

0
0

Terkadang ilmu yang didapatkan itu tidak hanya ilmu untuk menghasilkan foto bagus, tapi juga menilai foto yang bermutu.

jadi kesimpulannya ?

Sekali lagi maaf, pendapat saya yang mungkin tidak berkenan.

*waduh, nggak kuku liat foto jeng wiwin....alusss....cantik nih...calon pengganti nia ramadhani sepertinya*

big grin

25 April 2006 15:33:05

0
0

Saya tidak deny atau agree atas claim Rimba. Kalau anda kecewa waktu dulu, kok balik lagi? Apa anda tidak terlalu cepat membuat suatu konklusi? Kesannya kalau punya komunitas (baca: teman2) pasti untung gitu yah, lalu apakah itu membantu di dalam skill anda, naif khan pikiran gitu. Sekarang gini aja deh, dengan join FN.net atau komunitas lain, kontribusi apa yang anda berikan? Jangan cuman komplain saja.

Bagi saya FN.net itu hanya sekedar tempat bagi orang yg mempunyai hobby sama. Lebih bagus bangun komunitas di dunia asli, dibanding di dunia maya. Akhir kata, komunitas itu pasti ada tanpa bisa kita hindari. Apa anda lebih suka individualistis, dimana-mana elu-elu gue-gue happy happy happy

25 April 2006 15:37:35

0
0

Mungkin ada kecenderungan seperti itu..tapi kan bukan nya "nilai" yang kita cari....emang sih seneng or gimana gt kalo punya nilai tinggi..tapi betul yang mas Togar mas Kebo bilang..uplot yah uplot ajah...saya sejak ikut hunting memang banyak kenal orang-orang, dan foto yang saya upload hasil hunting itu kebanyakan yang komen memang yg ikut hunting juga ( walaupun ada yg ga ikut ) tapi saya rasa tidak semua memberi saya nilai 3 TU kok..
Mungkin rasa segan yang ada mas....apalagi kalo kita ngasih nilai ke orang yang nilainya udah bejibun sedangkan nilai kita masih kecil, salah salah di omelin dan itu sudah pernah terjadi disinikan ..tapi kembali ke hati kita sendiri sih mas...
Intinya yah balik ke kita sendiri, apa yang kita pengen waktu kita ikut FN, nilai atau ilmu ? namanya juga selera toh nurut kita bagus belum tentu kata orang lain bagus juga....so keep UPLOAD YAH!!!!! happy

25 April 2006 15:38:45

0
0

Oomm Willy .... mantap kali bahh jawaban abang ... big grin

aku nggak pernah dikasih 3TU tuhh sama Bang Togar ... walopun bang togar masuk dalam "komunitas" preman Medan hee hee

25 April 2006 15:48:23

0
0

ikut hunting dong batting eyelashes
dari situ bisa deh dibangun..
nambah kawan, nambah ilmu... happy

25 April 2006 16:24:18

0
0

Mas Rimba, saya masuk Ke FN hanya mengenal satu orang saja secara pribadi karena satu klub dengan saya, tapi reaksi spontan itu datang dengan sendirinya bila foto yang kita upload memangnya bagus dan disukai mayoritas member, padahal saya belum pernah bertemu dengan member yang memberikan komentar itu,

Persepsi seperti yang anda utarakan rasanya kurang tepat kalo dipukul rata seperti itu, bahkan pengkotak-kotakan seperti komunitas dalam komunitas sampe hari inipun belum menjadi suatu gejala yang umum, coba saja lihat contohnya FN Bogor kan tidak hanya menggrup dengan FN Bogor dalam memberi komentar ataupun kritik, juga sama halnya dengan FN yang di tempat lainnya (Jakarta, Surabaya, Bali, Medan dll)

Satu hal lagi, anda kan tinggal di Jakarta, sudah pernahkah anda mencoba masuk dan bergabung lebih mendalam dengan FNers Jakarta yang jumlahnya berjibun .... ??? dari sana bila anda mau mengkutinya mungkin persepsi anda mengenai FN akan berubah, istilahnya mungkin sudah menjadi komunitas di dunia yang bukan maya dan pasti menariknya.

25 April 2006 16:26:08

0
0

Bang Rimba Mahardika,
Kalo saran saya, janganlah kita menunggu foto kita dikritik atau nilai.
Tetapi berikanlah kritik dan nilai kepada fotografer lain terhadap fotonya dengan jujur itu sudah modal untuk maju.

Kalo kita menunggu dikritik atau dinilai, tentunya akan menemukan jalan yg buntu. Karena tidak sesuai harapan bukan !?
Mungkin merubah harapan itu menjadi bentuk motivasi untuk memberikan kritik jujur agar kualitas foto di FN tidak hanya begitu saja dan melenyapkan pendapat bahwa banyak nilai karena adanya komunitas di dalam komunitas.

Meng-kritik foto milik orang lain juga bisa mengasah ketrampilan kita dalam memotret.

Bang Rimba sudah dapat mengkritik dengan baik koq, tinggal diteruskan...

Tetap semangat!!!

25 April 2006 16:27:22

0
0

"saya membutuhkan kritikan meskipun pedas sekalipun dari orang lain,"
Ini memanga susah..kecuali foto anda super bagus/super jelek/bikin kontroversi/sangat unik :-D ... kalo foto yg average... hehehe.. susah deh

25 April 2006 16:32:50

0
0

Kalau ingin mendapatkan feedback untuk meningkatkan kualitas dan teknik foto, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas foto yang lain. Ini beberapa di antaranya:
www.betterphoto.com
www.bytephoto.com
www.fotocommunity.com
www.potd.com.au
Beberapa anggota FN saya jumpai di forum2 tersebut dan karya2 beberapa anggota FN yang di up load di forum2 tersebut sangat dihargai. Bukan berarti saya menyarankan untuk meninggalkan FN, ini hanyalah salah satu alternatif untuk memperluas wawasan dan berinteraksi dengan fotografer2 lain dari seluruh dunia.

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

600x70

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!