Forum

Shinta Djiwatampu | 05 Mei 2018 23:49:01 |

Event/Acara > Hunting

0
0
2
Dilihat : 581
Bagikan :

Crossing Bridges 15 Sumatera Utara, Indonesia

 

Tanggal: 18 Agustus 2018 – 24 Agustus 2018

Lokasi: Sumatera Utara, Indonesia

 

Crossing Bridges adalah persahabatan forum-forum fotografi negara-negara Asia. Diinisiasi oleh Clubsnap Singapura dan Fotografer.net Indonesia, pertemuan pertama digelar di Indonesia pada tahun 2004. Sejak itu, pertemuan tahunan digelar bergilir oleh negara-negara anggota Crossing Bridges:  Vietnam, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan dan Tiongkok, total 9 negara. Setelah mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pada Crossing Bridges pertama di Yogyakarta, Jawa Tengah, pada tahun 2004 dan Crossing Bridges 6 di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2009, kali ini Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Crossing Bridges 15 yang akan diadakan di Sumatera Utara.

 

Perjalanan bersama Crossing Bridges dikelola oleh teman-teman sesama pegiat fotografi di negara tuan rumah dan bersifat nirlaba. Siapapun yang bergabung dengan hunting Crossing Bridges wajib bersikap positif dan proaktif berkontribusi sebagai peserta serta jauh dari sikap pasif.

 

Tujuan utama forum Crossing Bridges ada persahabatan dan membangun jembatan persaudaraan para fotografer di antara negara-negara anggota, yang berbeda budaya dan latar belakang.

 

Untuk ikut di pertemuan tahunan dan hunting foto, berikut syarat-syaratnya:

Menjadi anggota forum fotografi di tiap negara kewarganegaraan Anda Bersikap terbuka terhadap perbedaan dan bertujuan memiliki teman baru Bersedia melakukan perjalanan secara sederhana (bukan bermewah-mewah) Sanggup mengikuti acara meski minim jadwal istirahat Terbuka terhadap makanan di daerah setempat (aman untuk makanan halal, vegetarian dan non-sapi) Sanggup tinggal di akomodasi sederhana Sanggup tidur sekamar dengan rekan yang mengorok (hehehe...) Sanggup berkontribusi saat photo sharing dan/atau pameran foto Peserta dari Indonesia, diwajibkan menjadi tuan rumah yang baik, dan mampu mendampingi serta membimbing pada fotografer tamu dari negara lain, dengan sopan dan menyenangkan Mampu mengikuti arahan panitia dan Country Leader Indonesia

 

Pendaftaran

Kirim e-mail dengan subject "Daftar Crossing Bridges 15 Sumatera Utara” ke CrossingBridges15@gmail.com

Berisi:

Nama lengkap Alamat lengkap Nomor identitas (KTP/paspor) Kota domisili Foto diri ukuran 3 banding 4 Nomor ponsel dan PSTN URL ke halaman personal di FN dan/atau ke halaman personal Facebook Nama person next of kin Nomor ponsel/PSTN person next of kin Menyatakan akan memenuhi semua persyaratan peserta dan peraturan yang berlaku di lapangan

 

Meskipun tempat secara umum diprioritaskan berdasarkan antrian, tapi agara memperoleh kombinasi peserta yang baik maka akan ada seleksi sederhana yang dilaksanakan oleh pimpinan kontingan tiap negara,

Pendaftar yang telah mengirimkan email dengan data lengkap akan mendapatkan e-mail berupa biaya acara. Pendaftar harus merespons e-mail tersebut dalam 2 x 24 jam setelah email dikirimkan.

 

Pendaftaran dianggap sah jika sudah:

-       Lolos seleksi awal oleh Admin FN

-       Melakukan pembayaran penuh

-       Tiket pesawat menuju Medan sudah didapat untuk atau sebelum tanggal 18 Agustus 2018.

 

Email pendaftaran harus sudah diterima paling lambat tanggal 31 Mei 2018 jam 23:59 WIB.

Bagi peserta yang lolos seleksi akan diberikan pemberitahuan melalui email secara terpisah.

 

Kriteria seleksi kontingan FN berkaitan dengan aktivitas di forum dan FN galeri adalah:

-       Jumlah foto yang diupload ke Galeri Fotografer.net dan/atau group Facebook Fotografer.net selama 12 bulan terakhir

-       Peran positif dalam diskusi di forum baik di website Fotografer.net maupun group Facebook Fotografer.net

-       Peran serta dalam berbagai kegiatan fotografi offline sebagaimana disaksikan oleh para moderator dan anggota Fotografer.net

 

Gambaran Umum

Sumatera Utara merupakan lokasi dari Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba terbentuk dari ledakan gunung vulkanik maha dahsyat yang diperkirakan terjadi sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu, yang diketahui sebagai ledakan gunung terbesar di sepanjang sejarah Bumi pada 25 juta tahun terakhir. Ledakan gunung ini menyebabkan penurunan temperatur dunia yang mengakibatkan musim dingin vulkanis global yang berlangsung selama sepuluh tahun. Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir. Dengan luas 640 km persegi, merupakan pulau danau kelima terbesar di dunia.Sebidang tanah genting di bagian barat Pulau Samosir membentang menghubungkan pulau tersebut dengan daratan utama pulau Sumatera. Tele, daerah dimana tanah genting tersebut berada, dengan Menara Tele nya yang terkenal, menawarkan salah satu pemandangan terindah dari Danau Toba dan Pulau Samosir. Lokasi-lokasi dari Crossing Bridges 15 akan berkisar di Danau Toba, Pulau Samosir dan sekitarnya

 

Latar Belakang Budaya

Suku Batak adalah penduduk asli dari Sumatera Utara dan Pulau Samosir. Mereka diyakini telah mulai mendiami daerah tersebut sekitar 2.500 tahun yang lalu. Sebagai salah satu kebudayaan tertua di Indonesia, kebudayaan Batak juga merupakan salah satu kebudayaan yang paling kompleks. Silsilah nenek moyang mereka terdokumentasikan dengan baik melalui Marga, sistem keturunan keluarga dari garis keturunan ayah.Orang Batak dikenal menghasilkan kerajinan tangan berketerampilan tinggi, seperti kain tenun (dikenal sebagai Ulos) dan ukiran-ukiran kayu. Kita akan mendapat kesempatan untuk mengunjungi beberapa desa tradisional dan melihat para penduduk desa melakukan kegiatan kesehariannya, termasuk proses penenunan Ulos dengan menggunakan alat tenun tradisional. Tor-tor adalah tarian Batak traditional yang menekankan pada komunitas dan persahabatan. Akan ada kegiatan permainan dan perlombaan kelompok yang melibatkan tarian Tor-tor.

 

Makanan khas Batak yang kaya rasa bumbu dan memiliki karakter tersendiri menambah daftar panjang kekayaan masakan Indonesia. Andaliman adalah bumbu khas Batak (juga dikenal sebagai merica Batak) yang banyak digunakan pada masakan Batak seperti saksang, arsik, mie gomak, dan sebagainya. Sumatera utara terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Tanah vulkanis nya yang subur serta banyaknya dataran tinggi adalah tempat yang ideal untuk menanam kopi Arabica. Sidikalang, Lintong dan Mandailing adalah beberapa jenis kopi yang dihasilkan di Sumatera Utara yang banyak diekspor ke seluruh dunia.Warung-warung kopi tradisional yang menyajikan berbagai jenis kopi Sumatera Utara banyak dijumpai di berbagai penjuru wilayah.

 

Itinerary

Jadwal dapat berubah sesuai perkembangan

 

Hari 0 – 17 Agustus 2018

Kedatangan dan penjemputan

 

Hari 1 – 18 Agustus 2018

Kedatangan dan penjemputan

Acara pembukaan Crossing Bridges 15

Makan Malam

 

Hari 2 – 19 Agustus 2018

Gunung Sinabung

Pasar buah Berastagi

Air terjun Sipiso-piso

Desa Silalahi

 

Hari 3 – 20 Agustus 2018

Bukit Tele

Museum Huta Bolon

Tur Danau Toba dengan kapal

Lumban Suhi-suhi – Tenun tradisional ulos

Pantai Lumban Suhi-suhi

 

Hari 4 – 21 Agustus 2018

Bukit Beta

Danau di atas danau

Museum Siallagan
Museum Batak

Gereja HKBP

Pantai Batu Hoda

Pantai Gading

 

Hari 5 – 22 Agustus 2018

Pelabuhan Simanindo

Penyeberangan kapal Simanindo – Tigaras

Tigaras – Simarjarunjung

Bukit Simarjarunjung

Kebun Teh Sidamanik

 

Hari 6 – 23 Agustus 2018

Pasar tradisional Pajak Horas

Kilang ulos tradisional

Becak BSA

Pematang Siantar – Tebing Tinggi (lemang bakar) – Medan

Makan malam

Acara Penutupan

 

Hari 7 – 24 Agustus 2018

Sarapan

Check out

Pengantaran ke bandara / side trip Nias

 

Tersedia opsi agenda tambahan untuk side trip 3 hari 2 malam ke Pulau Nias, Rincian biaya dan itinerary akan diumumkan secara terpisah.

 

Kamar single occupancy tersedia dengan tambahan biaya, dengan perhitungan berlaku untuk selama kegiatan CB berlangsung, tidak hanya satu-dua malam saja. Namun, sehubung dengan terbatasnya ketersediaan kamar hotel di daerah Silalahi, maka satu malam di hotel tersebut harus dibagi antar 3 penghuni. Akan tetapi, pemandangan di sekeliling hotel tersebut sangat indah bisa jadi anda malah ingin bermalam di luar kamar.

 

17 Agustus merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Perayaan tahunan tersebut akan berlangsung di semua tempat di seluruh negeri. Untuk peserta yang hendak datang beberapa hari sebelum acara, hal ini merupakan kesempatan baik untuk menangkap momen perayaan yang diselenggarakan di seluruh Indonesia ini. Berbagai permainan tradisional, ritual dan pertunjukan umum diadakan sepanjang hari karena hari tersebut adalah hari libur nasional.

 

Titik penjemputan adalah di bandar udara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Layanan penjemputan akan tersedia mulai tanggal 17 – 18 Agustus sebelum acara pembukaan. Layanan pengantaran ke bandar udara Kualanamu akan tersedia pada tanggal 24 Agustus. Beberapa maskapai penerbangan melayani rute penerbangan langsung menuju Medan dari Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur dan Bali.

 

Jumlah Peserta

Saat ini jumlah peserta terbatas pada jumlah 14 orang per negara (selain Country Leader), sehingga tidak disarankan untuk membawa pasangan atau teman perjalanan selain sesama peserta. Negara dengan jumlah peserta kurang dari 14 orang memberikan kuotanya kepada negara dengan jumlah peminat lebih dari 14 orang dan membutuhkan tambahan kuota.

 

Biaya

Ongkos peserta Crossing Bridges 15 Sumatera Utara adalah Rp.8,7 juta per orang sekamar berdua. Tata cara pembayaran dan prosedur selanjutnya akan diberitahukan kepada pendaftar yang telah lolos seleksi.

 

Single occupancy upgrade

Peserta yang menghendaki tinggal sekamar sendiri membayar tambahan biaya sebesar Rp. 1,75 juta per orang untuk 5 malam selama penyelenggaraan penuh kegiatan CB 15, kecuali pada malam kedua di hotel Debang Silalahi. Nominal ini ditambahkan pada biaya peserta seperti tersebut di atas.

 

Biaya termasuk:

 

Akomodasi hotel  Seluruh transportasi darat ber-AC sesuai itinerary Seluruh transportasi air (kapal) Seluruh makan sesuai itinerary Seluruh karcis masuk di tempat yang dikunjungi sesuai itinerary Air mineral setiap hari

 

Biaya tidak termasuk:

 

Tiket ke dan dari Medan Asuransi pribadi dan asuransi perjalanan selama kegiatan Pengeluaran pribadi (minuman, alkohol, dll) Ongkos visa, jika ada

 

 

Penutupan Pendaftaran

Pendaftaran peserta CB 15 ditutup pada tanggal 31 Mei 2018.

Beri Komentar

Panduan mengenai tata cara pemberian komentar bisa dibaca di sini

Silahkan login atau daftar untuk dapat memberikan komentar.

05 Mei 2018 23:49:58

logo CB15

14 Mei 2018 08:41:46

Semoga sukseeeess acaranya.... happy

Kategori