Why Mirrorless for Medium Format? FujiFilm Reveals in #Fujikina2017

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    7 tahun yang lalu

  0 

General Manager Sales and Marketing FujiFilm Toshihisa Iida reveals important points of FujiFilm GFX50 in Fujikina 2017, Kyoto, Japan. Photo: Kristupa Saragih

 

Melanjutkan sambutan Chairman and CEO FujiFilm Inc di topik sebelumnya, General Manager Sales and Marketing FujiFilm Toshihisa Iida memaparkan sejumlah hal penting di balik keunggulan FujiFilm GXF 50s.

 

Sebenarnya, Hasselblad X1D sudah hadir sedikit lebih awal ke publik sebagai kamera mirrorless medium-format pertama di dunia. Meski demikian FujiFilm memiliki sejumlah keunggulan dibanding kompetitornya.

 

Iida memaparkan, sebagai contoh misalnya, sekeping sensor full-frame DSLR dan sekeping sensor medium-format sama-sama beresolusi 50MP, medium format unggul. Ukuran piksel individual di sensor medium format 5,3 mikron lebih besar daripada 4,1 mikron ukuran piksel di DSLR.

 

Artinya, medium format lebih unggul dalam kekayaan data.

 

Keunggulan ukuran sensor medium format FujiFilm. Foto: Kristupa Saragih 

 

Selain itu, GFX 50s ternyata memiliki desain khusus di teknologi sensor. “

antara lain, proses silikon yang dioptimalkan, lantas desain sensor dan desain micro lens yang dikustomisasi,” ungkap Iida.

 

“Semakin besar ukuran keping sensor, semakin banyak cahaya yang bisa direkam. Ukuran sensor full frame itu terlalu kecil,” imbuh Iida sembari tersenyum.

 

Dalam hal optika, sensor medium format FujiFilm GFX50s memiliki karakter unik, yakni hal yang disebut stereoscopic bokeh.

 

Sementara dalam hal data digital, kamera mirorrless medium format GFX50s memiliki kedalaman warna sebanyak 14-bit RAW. Angka ini memadai untuk kebutuhan fotografer komersial dan wedding.

 

Sifat unggul kamera mirrorless, yang alami, yang melekat pada GFX50 adalah bobot ringan. Tanpa lensa, bodi kamera medium format GFX50s hanya 930 gram saja, tak sampai 1 kg.

 

Keunggulan lain yang melekat pada FujiFilm GFX50s adalah nihil mirror shock, lantaran memang tak ada mirror, dan silent shutter, meski shutter GFX50 berjenis mechanical shutter.

 

Mengakhiri pemaparan tentang GFX50s, Iida mengungkapkan, motivasi kecintaan pelanggan pada FujiFIlm adalah pada warna.

 

Kamera mirrorless medium format FujiFilm GFX50s mulai bisa dijual di toko-toko kamera pada akhir 2017.

 

Harga resmi GFX50s diperkirakan pada kisaran angka USD 6,499.

 

Baca juga:

FujiFilm Officially Launched FujiFilm GFX 50S

FuiFilm Announces FujiFilm GFX 50S

FujiFilm GFX 50S Touch & Try Session in Photokina 2016

 

Belum ada komentar