Flash EF-X500, Jawaban FujiFilm untuk Fotografer Komersial, Wedding dan Strobist

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    8 tahun yang lalu

  0 

 

Lampu kilat FujiFilm EF-X500 dengan high-speed synchro 1/8000 detik dan komunikasi nirkabel. Foto: Kristupa Saragih

 

Sekian lama merilis X-Series dan sekian banyak produk bodi kamera kelas profesional diproduksi FujiFilm, baru pada Fujikina 2016 FujiFilm menjawab permintaan fotografer profesional atas kebutuahn flash. Secara resmi FujiFilm merilis flash EF-X500 di Tokyo, Jepang pada 15 Januari 2016 namun baru bisa dijumpai di pasaran mulai Mei 2016.

 

Flash EF-X500 berkekuatan Guide Number (GN) 50 pada skala meter dan GN 164 pada skala kaki (feet). Zoom pada lensa flash mampu menerangi cakupan lensa 24mm hingga 105mm, ekuivalen panjang focal format full frame. Sementara jika ekstensi lebar dikeluarkan, cakupan flash mampu menerangi jangkauan lensa 20mm.

 

EF-X500 diklaim FujiFilm memiliki sinkron kecepatan tinggi, alias high-speed synchronization (FP), pada kecepatan 1/8000 detik. Sementara ini, data FujiFilm menunjukkan, bahwa fitur high-speed synchronization  baru diterapkan jika EF-X500 dipasang pada FujiFilm X-Pro2.

 

Penggunaan EF-X500 bisa secara berganda, alias lebih dari satu flash, dengan komunikasi antar-flash secara optical pulse communication. Tiap unit EF-X500 bisa berfungsi sebagai master, alias transmitter, dan remote, alias receiver. Belum disebutkan perihal asesoris tambahan jika flash di-set secara penuh off-camera, menggunakan transmitter non-flash di hot shoe kamera.

 

Penggunaan secara berganda ini aman dari overlapping, karena FujiFilm menyediakan 3 grup komunikasi, dan masing-masing grup terbagi atas 4 saluran komunikasi.

 

Didesain kedap cuaca dan debu, FujiFilm menyebutkan level proteksi di EF-X500 menyamai proteksi di bodi X-Pro2 dan X-T1, yang sama-sama weather resistant dan dust resistant.

 

Pengukuran cahaya flash EF-X500 dilakukan secara TTL (Through The Lens) ke bodi kamera. Akurasi pengukuran cahaya pun terjamin. Apalagi tersedia pula fitur kompensasi eksposur di bodi flash hingga 5 stop, tambah dan kurang, dengan bertahap masing-masing ⅓ stop.

 

Kepala flash EF-X500 bisa berputar mendatar 135 derajat ke kiri dan 180 derajat ke kanan. Selain itu, bisa pula tengadah hingga 90 derajat, untuk teknik bounce flash, dan tunduk 10 derajat.

 

Bersumber tenaga pada 4 baterai kering ukuran AA, FujiFilm juga menyediakan opsi baterai tambahan alias external power source Battery Pack EF-BP1.

Belum ada komentar