Forum

Harlim | 15 Oktober 2013 12:49:33 |

Minat Khusus > Abstrak & Still Life

5
0
18
Dilihat : 7564
Bagikan :

Multi exposure on camera kini terdpt 4 variasi yg terdiri dari :

1.Additive , metoda klasik seperti on camera era film , dimana kita harus menghitung dg perhitungan sbb :

  •  2x (2 frame dg kompensasi 1 stop )
  •  4x (4 frame dg kompensasi 2 stop )
  •  8x (8 frame dg Kompensasi 3 stop )
  • Nilai Kompensasi bukanlah suatu hal yg sangat kaku , namun visualisasi akhir yg lebih penting 

 

2.Average ,Metoda baru ini , algoritma kamera melakukan perhitungan tone secara rata-rata pd area multi exposure . selain itu metoda dpt digunakan utk menghasilkan sebuah foto low noise . metoda ini banyak juga digunakan oleh pembuat kamera sebagai feature utk mengakali noise 

 

3.Bright , Metoda baru ini persamaan dg era film kita melakukan sandwich , area terang pd area gelap , feature ini utk sementara hanya ada pd kamera 5dmk3 dan 1dx 

 

4.Dark , Metoda baru ini persamaan dg era film kita melakukan sandwich , area gelap pd area terang , feature ini utk sementara hanya ada pd kamera 5dmk3 dan 1dx

 

 

Walaupun secara algoritma pd kamera canon , multi exposure dibatasi hanya 9 frame , namun kita dpt melakukannya hingga puluhan , ratusan , hingga ribuan , dg cara terus melakukan kumulatif hasil 9 frame sebelumnya .

 

 

 

 Additive 2 frame 

Frame tangan patung Buddha kompensasi 0 , agar patung yg gelap ini jadi Midtone 

Beri Komentar

Panduan mengenai tata cara pemberian komentar bisa dibaca di sini

Silahkan login atau daftar untuk dapat memberikan komentar.

15 Oktober 2013 12:58:08

 

2 frame , Additive

 

15 Oktober 2013 12:59:33

 

2 frame , average , malas hitung big grin

15 Oktober 2013 13:01:58

 

2 frame , Average 

15 Oktober 2013 13:07:56

Jika tidak ada filter ND utk sebuah lensa fish eye , kita dapat manfaatkan multi expsoure sebagai alat , alat kreasi motion effect dari water flow 

 

 

25 frame , Average 

 

9 frame pertama selesai lalu recall + 8 frame , selesai recall lagi + 8 frame 

 

 

 

15 Oktober 2013 13:14:50

Motiion and Freeze 

 

 

 

9 Frame utk hasilkan motion effect 

3 frame utk hasil freeze pd splash 

15 Oktober 2013 13:17:03

Motion and freeze , dg lensa tele 

 

15 Oktober 2013 13:21:38

Mari kita mewarnai

 

 

2 frame 

Bulan dg Tele 300mm

scenery dg tele 70mm

averege .

 

15 Oktober 2013 13:25:03

Percobaan multi exposure sebagai metoda mengurangi noise  

 

15 Oktober 2013 13:37:06

Agar tidak terlalu banyak thread sharing ini dilakukan pd forum abstract walaupun sharing seharusnya di fotografi umum 

 

 

Dulu saya harus hitung bulan baru pergi hunting dan dilapangan menunggu bulan terbit utk fill in

 

 

 

kini dg metoda mutl exposure pd kondisi sangat gelap

 

 

 

Sekian semoga bermanfaat , i'm an alien , i'm legal alien 

 

 

15 Oktober 2013 16:32:38

Gimana tips menggabungkan supaya rapi om harlim, thanks for sharing.

15 Oktober 2013 18:16:04

@Donny C herry

utk foto landscape kita cukup gunakan tripod yg kokoh , dan menyentuh kamera dg lembut agar tidak ada shake atau bisa gunakan wireless control . begitu juga utk metoda utk kurangi noise .

 

 

utk foto bersifat imaginatif bisa gunakan live view atau kita gunakan daya ingat kita, pilih yg sesuai rasa nyaman kita saja .  

 

Jika kamera tidak memiliki feature multu exposure juga tidak perlu paksa harus beli , hal sperti ini bisa kita pelajari dg layering pd photoshop , kunci terpenting adlaah pengetahuan kita dan kreatifitas kita .

 

15 Oktober 2013 19:24:34

Mau tanya Om Harlim..

1. Untuk foto2 malam hari, star trail tidak sampai terlihat, multi exposure seperti apa yang digunakan, berapa frame, apa ada interval time antar frame?

2. Bagaimana menentukan nilai exposure yang tepat mengingat metering dalam mode auto (P, Tv, Av) hampir pasti salah, kalkulasi pada mode M seperti apa, apa ada patokan?

3. Gimana caranya agar hasil clean, walau ISO 100 pada long exposure kan gak jamin noise gak keluar, malah pengalaman saya long exposure, noise pada ISO 100 lumayan terlihat pada resolusi penuh.

4. Stacking di PS...??

Terima kasih... 

15 Oktober 2013 20:19:42

567

Kalo bikin foto spt ini caranya gimana om ?

 

15 Oktober 2013 21:16:39

@Patar Ronnie 

saya anggap maksud pertanyaan anda no 1 adalah terlihat , Terlihat atau tidaknya bintang sangat tergantung jenis awan . 

1.Gunakan Multi expsoure : Additive ( tanpa kompensasi ) atau Bright , interval sesuaikan selera , efek star trail yg kita hendak buat , berapa frame utk ini lihat jenis kamera kita jika 5dmk3/1dx saya berani sarankan sesuka kita karena kita tetap bisa simpan file satuannya , jika 6d/70d saran saya 9 frame saja .

 

2. bagaimana cara hitung ? ada kondisi yg bisa dihitung namun ada kondisi yg tidak bisa dihitung

bisa dihitung jika kita tahu alam sekitarnya , matahari terbit jam berapa , bulan sudah tenggelam atau belum terbit . Penerangan suatu kota konstan .

  • Ketahui limitasi kamera , misal Nikon ada 2 type P/A/S mode exposure , type lama jika exposure telah lebih dari 1 detik sdh diaggap long , type baru akan tetap bisa mengukur seperti canon hingga 30 detik .
  • Ketahui limitasi metering range , jenis metering apapun yg kita gunakan batasannya lihat speksifikasi kamera .  Misal EV(100) 0 , artinya jika spot /partial kesuatu tempat gelap dg iso 100 , bukaan f4 , speed telah dibawah 15 detik , maka metering sdh bisa dianggap salah .
  • Solusinya gunakanlah iso tertinggi utk test , setelah dpt foreground yg kita kehendaki , lalu hitung kembali sesuai iso rendah yg kita kehendaki .

Tidak bisa dihitung :

  • menjelang pagi sekitar jam 4 bias sinar matahari telah ada pd langit , star trail kita mudah terhapus . 
  • hitungan akan meleset ketika bulan akan terbit , tergantung derajat bulan .
  • Karena tersebut ada feature Ramp exposure 
 

3.Ingin Clean lansung sebtulnya mudah , shot in jpeg , nyalakan saja long exposure noise reduction dan Hi iso Noise reduction , namun akan menyita waktu 2 kali lipat .

 saya lebih memilih bersihkan saat convert raw saja .

 

4.Stacking di ps atau multi exposure on camera , masalah pilihan sukses atas gangguan sekitar , jika hunting sendiri tentu lebih nyaman dg multi exposure dilapangan , tetapi jika dg teman yg belum bisa kerja dlm gelap dikit2 senter maka lebih aman lakukan off kamera saja , buang saja frame yg kena gangguan .

15 Oktober 2013 21:23:25

@ Totok Purwanto : contoh yg anda berikan , pd Canon gunakan Multi exposure dg Function : ContShtng alias Continuse shooting , canon menyediakan 2 fungsi , Control dan Continue shooting .

Control , kita ingin preview dan melihat setiap frame yg kita hasilkan

ContShtng , kita tidak bisa preview , karena uber momen suatu rangkaian peristiwa .

 

Metoda bisa gunakan addtive ataupun Bright

 

Jika amati titik putar badan pesenam tersebut maka foto tersebut menggunakan metoda addtive , titik putar sangat terang dibanding kaki dan kepala .

cara hitung spot/partial pd titik putar , ingin kulit pesenam ini seberapa cerah , misal ingin kompensasi plus 1 dan 4/5 frame maka gunakan faktor 4x ( 2 stop )

maka setiap frame kompensasi jadi minus 1 . hasil pusat putar akan hasilkan 1 stop lebih terang dari midtone , namun kaki2 nya akan gelap 1,1,3 

 

Jika sulit maka gunakan average , mudah tetapi tone sulit ditebak . pd frame ke 5 bisa2 kaki pd frame pertama jadi sangat gelap.

 

Paling mudah hitung adalah Bright , area gelap yg akan di multiply . 

16 Oktober 2013 01:51:15

16 Oktober 2013 01:55:12

Penjelasan yang begitu mendalam. Sebenarnya ada beberapa bagian yang saya masih kurang paham, tapi sudah ada gambaran untuk memulai & mungkin akan terjawab ketika saya sudah mencoba nanti...

Satu pertanyaan terakhir, untuk koreksi tone apa custom WB yang diambil sebelum pengambilan foto berlaku untuk malam hari, terlebih dalam kondisi gelap total...?? Perlu atau tidak?

Terima kasih... 

16 Oktober 2013 09:48:55

Satu pertanyaan terakhir, untuk koreksi tone apa custom WB yang diambil sebelum pengambilan foto berlaku untuk malam hari, terlebih dalam kondisi gelap total...?? Perlu atau tidak?

@Patar Ronnie .


Custom wb diperlukan jika anda hendak pelajari langit malam hari , dg custom wb formula warna akan konstan sehingga segala perubahan yg ada pada malam hari dpt kita ketahui dan analisa . 


 


Kategori