Forum

Hendra Dunggio | 12 Juli 2013 20:45:23 |

Minat Khusus > Infra Red

0
0
6
Dilihat : 3860
Bagikan :

buat admin, kalo dah double trhead, bisa koq di delete...

iseng surfing untuk cari ilmu oprek nikon D40 utuk foto IR ketemu link ini, mohon tanggapan FNers sekalian, terutama para bapak/om/kk yang sudah expert di IR photography..

http://photocamel.com/forum/nikon-forum/58248-nikon-d40-infrared-conversion-tutorial.html

yang jadi permasalahan adalah mencari material yang bisa digunakan untuk mengganti hot mirror, sudah banyak ulasan yg saya telusuri khususnya di FN, salah satunya solusi yang di kasih sama Bapak Danang yakni menggantinya dengan filter UV yg telah di potong sesuai ukuran hot mirror. kalo saya berpikiran mengganti dengan lembaran kaca terus di kasih film kaca mobil 60% untuk mencegah OE. mungkin postingan saya rad-rada jadul, melihat begitu banyak postingan yang membahas IR sejak tahun 2007, tapi seperti yang saya utarakan di atas tadi, hal ini timbul hanya karena ada rasa ingin tahu, dan setelah obok-obok postingan di FN gak pernah ketemu ulasan khusus tentang percobaan oprek ir untuk nikon D40. kalo udah tahu mungkin gak begini hehehe... piss.... kedepannya liputan proses percobaan akan saya update.. sambil menunggu masukan dari anda sekalian... to be continued

Beri Komentar

Panduan mengenai tata cara pemberian komentar bisa dibaca di sini

Silahkan login atau daftar untuk dapat memberikan komentar.

13 Juli 2013 08:40:03

seingat saya D40 punya masalah dengan preset custum white balance. Akibatnya utk oprek IR (khususnya dengan panjang gelombang yg tinggi) hasil jepretannya susah di dapat dengan warna yg di inginkan dan selalu merah/kemerahan.

LifePixel FAQ: Most cameras will set a custom white balance just fine after conversion with the exception of Nikon D40, D40x, D80, D200 and FujiFilm S3. With these cameras you will need to shoot RAW images and adjust the white balance to your liking in post production."



http://photo.net/nikon-camera-forum/00Pwc0



pada kenyataanya D40x preset WB sukses di lakukan om andi natawijaya (ada di forum IR threadnya)
saya sendiri tidak ada masalah dengan D80 dan D200 but pada kamera kamera baru saya juga menemui masalah saat pasang  R72 di kamera oprekan  mis di D5000, D300 dan D7000

but sejauh yg saya alami, yg terparah di D40 repot banget urusan preset custum WB nya
so kalau tujuannya mau dipake. saya pribadi akan hindari D40 dan saya akan ambil D60 minimal sebagai bahan oprek






13 Juli 2013 15:10:19

sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perkenan Bapak Danang untuk mampir dan memberikan komentar pada posting ini.khusus untuk oprekan ir pada nikon D40 yang menjadi inspirasi saya adalah pada postingan ini http://www.fotografer.net/forum/forum.view.php?id=562890&page=10.

sekedar informasin saja, nikon D40 ini adalah pemberian teman, tapi diserahkan dalam keadaan rusak, yakni shutter menutup keatas yang telah saya posting sebelumnya http://www.fotografer.net/forum/forum.view.php?id=3194589694&page=999 dan setelah oprak - oprek internet, saya menemukan tutorial untuk memperbaikinya dan alhamdulillah sekarang sudah bisa kembali digunakan.

Dan selanjutnya tadi siang saya sudah melakukan upaya bongkar hot mirror, namun terkendala pada pencabutan beberapa kabel pita yang menurut saya terlalu ringkih alias gampang retak, secara kamera D40 sudah uzur dan saya tidak mau ambil resiko, dan sesuai rencana saya akan membawa unit tersebut ke teman saya yang kebetulan kerja di nokia care ( untuk bantu melepaskan kabel-kabel serta mencabut solderan berwarna pink. dan akan melakukan upaya penghapusan filter ir di hot mirror berdasarkan penjelasan link ini http://www.instructables.com/id/IR-digital-camera-mod-keeps-autofocus-intact/

kembali ke topik, apakah tutorial yang saya dapatkan tersebut diragukan atau mungkin dapat dilakukan dengan berbagai catatan????

terima kasih...

13 Juli 2013 15:29:48

akibat susahnya mencari kaca pengganti hot mirror, serta upaya agar setinggan AF tidak meleset. rencana saya, dengan menggunakan compound, bagian ir filter pada hot mirror akan saya kikis, kemudian untuk mencegah OE, bagian pada filter ir tadi akan saya tempelkan kaca film mobil dengan kadar 20%. fungsinya sebagai filter spektrum cahaya yang masuk dari lensa menuju sensor.

13 Juli 2013 22:32:34

Mengerikan kalau sampai mengkikis hot mirror om..karena yang jual pst jarang.hehehe.mending ganti kaca filter ajah om..hehehhe.. big grin semoga sukses om..kalau sukses ditunggu kabarnya

27 September 2013 14:11:07

@Om Hendra, sdh pernahkan mencoba menganti kaca hot mirror dengan kaca preparat (slides glases) beli di toko peralatan kedokteran atau peralatan laboratorium 1 box isi 70 lembar cuma 12rb utk ketebalan 0.8 - 1,2 mm, anda tinggal potong sesuai ukuran.

08 Januari 2014 18:49:07

Imho ikut nimbrung sedikit ahh betul sekali tuch yang dikatakan oom Danang nikon D40 adalah kamera yang bermasalah untuk preset white balance dimana hasilnya adlh kemerahan jadi susah untuk dipakai untuk IR tapi klu untuk foto biasa sich gak masalah

Kategori