Forum

Taufik | 16 Februari 2013 15:49:23 |

Bahas Peralatan > Nikon

3
0
16
Dilihat : 5970

Awalnya sempat bingung dengan lensa yang berjamur, sangat mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. Dengan memberanikan diri saya coba membongkar perlahan lensa kit saya. Dalam hal ini saya membongkar elemen lensa bagian depan, karena di elemen lensa depan pertama dan kedua yang terdapat jamur

 

 

 

 

16 Februari 2013 16:08:10

0
0

Pertama kita buka terlebih dahulu palstik lapisan ring depan lensa dengan menggunakan sebuah jarum

Setelah terbuka maka terlihat dua buah lubang untuk memutar ring

 

 

16 Februari 2013 16:08:52

0
0

Untuk memutar ring kita bisa menggunakan ALAT KHUSUS atau alternatif lainnya saya menggunakan gunting kecil, Putar ring kearah kiri (berlawanan arah jarum jam) untuk membuka elemen lensa depan

 

 

16 Februari 2013 16:11:01

0
0

Setelah terbuka terlihatlah elemen lensa kedua, nah di lensa kedua inilah jamur meutupi seluruh bagian lensa saya

 

16 Februari 2013 16:15:43

1
0

Sama seperti membuka lensa depan tadi, kita terlebih dahulu melepas plastik lapisan ring untuk bisa memutar lubang ring lensa kedua ini. Gunakan kembali alat pemutar ring lensa dan putar kearah kiri hingga elemen lensa terlepas

Setelah terlepas, bersihkan bagian bagian yang terserang jamur dengan alat pembersih pada umumnya.

Setelah lensa benar-benar kembali bersih, pasang kembali elemen lensa dengan memutar ring kearah kanan (Searah jarum jam) hingga benar benar rapat.

Begitu juga lensa bagian depan putar kekanan hingga lensa benar-benar rapat.

Cling,,, lensa saya kembali kinclong. Selamat mencoba

17 Februari 2013 07:16:57

0
0

terima kasih tipsnya, sangat berguna untuk yg lensanya banyak jamurnya, dan masih ragu bongkar sendiri

18 Februari 2013 08:31:41

0
0

wuih, nais info nich, tapi seandainya kalo gak sengaja gunting bagian depan kena lensa kita gmana yaaahh.

 

waduh bisa mewek mode : on nich

tappi mantep mas ilmunya,, bongkar lensa pake gunting, hehehe

26 Februari 2013 10:50:01

0
0

Mas, saya sudah mengikuti tips dari anda. Tapi kok focusnya lari yah? bisanya hanya jarak di bawah 20cm.. jadi, kalau lebih jauh sudah mis focus.. Mohon acuannya.. 

26 Februari 2013 18:36:20

0
0

Dibalik elemen lensa depan ada beberapa ring logam. mungkin pada saat anda memasang kembali ring logam tersebut tidak tepat sehingga pada saat lensa dipasang (diputar) antara ring dan lensa depan tidak benar2 rapat terpasang.. seperti pengalaman yang juga pernah saya alami.. happy semoga berhasil

26 Februari 2013 18:55:19

0
0

Tips yang bagus..sebetulnya saya juga mau nyoba bersihkan lensa nikkor 18-70mm saya agak sedikit berjamur (meski belum parah), apakah perlakuannya hampir sama dengan  18-50.. BTW... Trims tipsnya..sukses...!!

 

26 Februari 2013 19:25:11

0
0

Wah,, untuk lensa selain yang dibahas ini saya belum bisa pastikan sama atau tidak om. karena beda lensa mungkin beda pula elemen2 didalamnya.. happy

26 Februari 2013 20:57:26

0
0

terimakasi tips nya mas.. sangat berguna. kebetulan lensa sayah masi kit 

11 Agustus 2013 13:07:24

1
0

mas.... lensa yg kedua emang keras atau emng gk bisa di buka nieh... masalah nya..... saya udh coba.... keras kali...... mintak solusi nya mas....

11 Agustus 2013 17:11:34

0
0

Lensa kedua memang agak keras mas. tapi klo diputar udah sekali bunyi klik, gampang dah. putar kekiri, usahakan alat pembukanya juga yang berbahan keras/tidak lentur..

22 Agustus 2013 23:57:15

0
0

mas.... mintak bantuan nya..!!!! siap di bongkar..!! AF-S nya gk fungsi lagi.!!!!  trus pas zoom 35.. ada bunyi klak gitu mas......

01 September 2013 04:54:06

0
0

Af nya gak berfungsi setelah mas bongkar ya? atau sebelum mas dibongkar AF nya udah gak berfungsi? kalo dinamo AF masih jalan saat pencet fokus shuter, berarti ada kesalahan pemasangan lensa depan.. kalo dinamo AF mati total berarti bermasalah dari lensa belakang mas.. perbaikinya agak susah, karna kemungkinan kerusakan pada kabel fleksibel yang putus / sobek..

16 Mei 2014 09:47:03

0
0

Bagaimana cara membersihkan bagian dalam elemen lensa kedua?? Soalnya aq sdh lepas lensanya.. ternyata jamur terdpt di bagian dalam.. sad