Forum

Adi Nugroho Habibie | 25 Januari 2013 16:32:13 |

Minat Khusus > Infra Red

0
0
5
Dilihat : 5341
Bagikan :

salam jepret teman-teman fotografer, ceritanya saya beli filter IR720 nih, waktu saya pasang di nikon d3000 saya dan coba take gambar, hasilnya kayak ketumpahan darah, merah semua, akhirnya saya coba cari solusinya di forum", ternyata musti setting WB-nya, nah yang saya tanyakan disini waktu saya ikuti panduannya untuk mendapatkan setting WB-nya, hasilnya nggak pernah dapet, selalu failure gitu, padahal sudah mengikuti setting ISO, apperture, sama shutter speednya seperti di forum, ada yang tahu solusinya nggak ?? mohon bantuannya ya..

Beri Komentar

Panduan mengenai tata cara pemberian komentar bisa dibaca di sini

Silahkan login atau daftar untuk dapat memberikan komentar.

26 Januari 2013 20:31:47

memang seperti itu om klo setahu saya menggunakan IR..hasilnya pasti merah ketumpahan darah...setelah jepret editing lg om...WB di set kemudian chanel mixer...

saya ada contoh sedikit nih om..semoga berkenan..

 

Gambar asli dari kamera (merah merona).

 

Saya menggunakan photoscape untuk mengedit IR, meskipun tidak powerfull tp setidaknya lebih gampang di aplikasikan..

 

Langkah-Langkah:

1. Buka photo hasil jepretan dengan photoscape.

2. Pilih "Bright,Color"

3. Setelah di klik akan muncul banyak pilihan, pilih "White Balance"

4. Setelah di klik akan muncul kursor. klik pada daun untuk White balance..dan gambar akan berubah.

 

Hasil gambar setelah di settting white balance..Selanjutnya???? Terserah anda berkreasi..salam.

 

Settingan kamera:

- shutter speed : 15 second.

- f number        : 16

- ISO                : 320

- WB kamera     : cloudy

 

Semoga membantu dan semoga berkenan

26 Januari 2013 23:58:20

kalo settingan WB di kameranya gak perlu brarti om ?? soalnya kalo di forum" bilangnya kalo nikon musti setting WB yang preset manual-->measure dulu om sebelum take gambar pake filter IR720..

tapi btw thanks ya buat infonya om..

27 Januari 2013 07:36:14

Kalau saya settingan WB nya lumayan gampang..saya pilih menu => WB => preset WB => measure => tahan tombol WB di kamera, tekan stengah tombol shutter. saat mengukur WB saya arahkan ke langit dengan filter IR terpasang..kalau measure ke kertas putih sering muncul no good. tp klo metering ke langit good. kamera saya nikon d70..semoga membantu..salam

10 Februari 2013 07:42:24

D3000 sensornya pakai CMOS kan? sepertinya akan sulit untuk mendapatkan hasil seperti yang dicontohkan oleh I Wayan Marlon Managi. Sama kasusnya dengan teman2 Canon yang berusaha pakai filter Hoya R72 (motret slow speed). Kalau bicara Nikon D70/D70s ya tentunya nggak masalah, sama halnya dgn D50, biasanya tdk sampai 1 detik (cuaca cerah).

 

10 Februari 2013 07:48:04

@ mas Adi : preset WB sepanjang pengetahuan saya itu wajib hukumnya, selama ini saya pakai D50 dgn filter R72, preset WB sangat mudah, bisa ke warna biru, misal langit atau kalau ada becak warna biru lewat ya sikat aja... mau preset ke hijau ya ambil gampangnya ke pepohonan, preset ke merah ya cari sesuatu yg berwarna merah, dst. Editing dgn photoshop cukup mudah, dgn channnel mixer dan auto level aja sudah jadi kok.

Kategori